ANALISIS KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS I SD DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Abstract
Permasalahan yang ditemukan pada penelitian ini adalah siswa tidak berkonsentrasi mendengarkan penjelasan guru selama proses pembelajaran. Ketika guru menginstruksikan siswa untuk membuat kalimat dengan kata-kata yang diberikan, siswa yang tidak dapat membentuk kalimat yang berbeda dengan teman sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan membaca siswa dalam implementasi kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kulitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Hasil penelitian ditemukan bahwa pemahaman membaca siswa kelas 1 terfokus pada pemahaman siswa yang tidak mampu mengenal dan membedakan huruf abjad, seperti yang ditunjukkan dalam temuan penelitian, menyebabkan kebingungan di kalangan siswa dan mengarah pada pemahaman bacaan yang buruk..
Metrics
References
Alfianiawati, T., Desyandri, D., & Nasrul, N. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Di Kelas V SD. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(3), 1–10.
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44.
Ananda, R. (2018). Pembelajaran Terpadu (Karakteristik, Landasan, Fungsi, Prinsip Dan Model) (N. S. Chaniago & M. Fadhli (eds.); Issue c). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI), Medan. https://doi.org/10.15713/ins.mmj.3
Dodi, N. (2016). Pentingnya Guru Untuk Mempelajari Psikologi Pendidikan. Nusantara ( Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial ) Volume 1 Desember 2016.
Hura, F., S, N., & Taufik, T. (2018). Implementation of Character Education and Improvement of Skill Writing Descriptive in Class 4 SDN 075043 Oladano. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia. https://doi.org/10.24036/4.32139
Irfan, I., Dharsono, D., SP. Gustami, S. G., & Guntur, G. (2019). Keramik Takalar 1981-2010: Ragam Bentuk dan Perubahan. Panggung. https://doi.org/10.26742/panggung.v29i1.815
Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Kata Pena.
Mardika, T. (2019). Analisis Faktor-faktor Kesulitan Membaca Menulis dan Berhitung Siswa Kelas 1 SD. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1).
Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Permendikbud No 22 Tahun 2016. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 tahun 2016. In Kemendikbud RI.
Ratte, M. (2021). diagnostik kesulitan belajar. Ois.f Journal.
Rohman, S. (2017). Membangun budaya membaca pada anak melalui program gerakan literasi sekolah. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 151–174.
Samsiyah, N., Sari, A. K., & Sulistyaningrum, Y. (2016). Pembelajaran Membaca Permulaan Melalui Permainan Bahasa Siswa Kelas I Sdn Bulakrejo Madiun. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(02).
Sufairoh. (2017). Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran K-13. Journal Pendidikan Profesional. Malang, 37(1), 89. https://doi.org/10.26555/bahastra.v37i1.5641
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Suwandi, S., & Wahyudi, R. (2020). Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fai Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman, 1(1), 21. https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i1.1760
Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(2), 189–199.
Zainal Arifin. (2017). Konsep Dan Pengembangan Kurikulum (Vol. 15, Issue 2). Deepublish.