IMPLEMENTASI FILSAFAT PENDIDIKAN PADA SEKOLAH DASAR

  • Nofia Henita Universitas Negeri Padang
  • Desyandri Universitas Negeri Padang
  • Yeni Erita
  • Elfi Indriani
Keywords: implementasi, Filsafat Pendidikan, Pada Sekolah Dasar

Abstract

Filsafat pendidikan merupakan hasil pemikiran dan renungan yang mendalam atas pendidikan. Filsafat adalah jalan keluar dan pendidikan mengikutinya dan masalah pendidikan dapat dijawab dengan menggunakan filsafat. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pengetahuan mazhab dsara dengan filosofi pendidikan. Penulis menyusun data tersebut menjadi sebuah artikel jurnal. mulai dari 2018 hingga 2022. Hasil home schooling dari database elektronik sekolah Google. Dapat mengakibatkan pentingnya penanaman falsafah pendidikan sekolah dasar yang menjadi pendidikan sekolah formal yang menjadikan seorang anak sebagai anak penuntun dalam tahapan kehidupannya.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Buku

Basri, H. (2019). Landasan Pendidikan.Bandung: CV. Pustaka Setia

Fauzan, A., Isnandar, & Afianto, M. (2022). Gugusan Aksara Edukasi (Kajian Pemikiran, Evaluasi, dan Teknologi Pendidikan).Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Lavinel, t. (2003). Plato.Yogyakarta: Jendela.
Mubin, A. (2019). Refleksi Pendidikan Filsafat Idealisme. Rausyan Fikr, 25-26.

Murtaufiq, S. (2014). Telaah Kritis Aliran-Aliran Filsafat Pendidikan

Shafira, F. A. (2022). Filsafat Ilmu dalam Pendidikan. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa, 36-46.

Yanuarti, E. (2016). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat Idealisme. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 87.
Jurnal

Andriani, Novi, Dkk. “Implementasi Nilai-nilai Ketuhanan dan Kemanusiaan Dalam Upaya Meningkatkan Karakter Toleransi Bagi Peserta Didik Di Sekolah Dasar 1 Rimo” Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga: 27-33

Apriani, An-nisa, Dkk. (2022). “Implementasi Pendidikan Pancasila di SD Negeri Bakulan” Indonesian Journal of Elementary Education 1 (2): 33-42

A, Gafar, Tati. (2020). “Implementasi Pembinaan Karakter Religius berbasis kearifan local moja labo dahu pada peserta didik sekolah dsar di kabupaten Bima: jurnal Eductaion: Volumen4 no 3

Muslim, A. (2022). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH : Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 34-40.

Nuzulah, F., A, M. U., & Fitria, L. (2017). Aksiologi Pendidikan Menurut Macam-Macam Filsafat Dunia (Idealisme, Realisme, Pragmatisme, Eksistensialisme). Repository Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1-15.

Purwati, I., & Fauziati, E. (2022). Pendidikan Karakter Religius Sekolah Dasar dalam Perspektif Filsafat Idealisme . Elementa : Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 1-8.

Riyadi, A. (2021). Esensialisme dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, 131-138.
Published
2022-12-31
How to Cite
Nofia Henita, Desyandri, Yeni Erita, & Elfi Indriani. (2022). IMPLEMENTASI FILSAFAT PENDIDIKAN PADA SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2285 - 2295. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.541

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>