MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR: PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVIS

  • Yusrani Fitri UNIVERSITAS NEGERI PADANG
  • Desyandri Pendidikan Dasar Universitas Negeri Padang
  • Yeni Erita Universitas Negeri Padang
Keywords: : Constructivist Learning Approach, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini berawal tanggapan siswa terhadap pembelajaran dikelas masih terlalu rendah. Siswa yang bertanya, menanggapi dan mengemukakan gagasan dalam proses pengajaran pelajaran IPA masih terbilang rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan Constructivist Learning Approach dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 11 Gadut Kec Tilatang Kamang dengan menerapkan Constructivist Learning Approach. Metode Penelitian ini merupakan penelitian action research classroom atau PTK yang dilaksanakan dua siklus. nformasi penelitian dikumpulkan melalui tanggapan siswa terhadap pertanyaan kelas dan kinerja mereka pada penilaian terkait .Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat sebesar 10,25% antara siklus I dan II.Kesimpulan: Hasil belajar siswa dapat meningkat dengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran Konstruktivis

Metrics

Metrics Loading ...

References

Anastasha, D. A., & Movitaria, M. A. (2020). Constructivist Learning Approach to Improve Student Response and Outcomes Learning. PROCEEDING IAIN Batusangkar, 1(3), 73–78.
Arikunto, S. (2011). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Bumi Aksara.
Cooperstein, Susan;Kocevar-Weidinger, E. (2004). Beyond active learning: a constructivist approach to learning. Reference Services Review, 32(2), 141–148. https://doi.org/10.1108/00907320410537658
Dole, S., Bloom, L., & Doss, K. K. (2017). Engaged learning: Impact of PBL and PjBL with elementary and middle grade students. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 11(2), 9.
Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan). https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02
Gusfayati, R. (2014). Penggunaan Pendekatan Konstruktivis Dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal FKIP. Universitas Negeri Padang.
Julia, E. R. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Konstruktivisme untuk materi grafik fungsi pada kelas VIII SMP N 2 Batang Anai. Skrpsi STKIP PGRI Sumatera Barat.
Lindaswari, T. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Inkuiri Pada Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Lirik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 369–379.
Lunenburg, F. C. (2011). Critical Thinking and Constructivism Techniques for Improving Student Achievement. National Forum of Teacher Education, 21(3), 1–9.
Maimunah. (2009). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SDN 03 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Padang, IX(1), 29–47.
Mettetal, gwynn. (1993). Improving teaching through action research. Indiana University.
Patimah, F., & Adah, N. (2014). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN SIKAP SISWA PADA PELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Jurnal Formatif. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, 4(2), 112–123.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.
Widiasih, N. P. A. (2020). Pengaruh model discovery learning berorientasi konstruktivisme sosiokultural terhadap curiosity dan hasil belajar ipa siswa kelas iv sd negeri gugus ra kartini denpasar barat. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 34–41.
Published
2023-01-18
How to Cite
Fitri, Y., Desyandri, & Erita, Y. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR: PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVIS. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2982 - 2992. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.573

Most read articles by the same author(s)