PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DALAM PERSPEKIF FILSAFAT IDEALISME
Abstract
Pendidikan karakter harus diterapkan di semua jenjang pendidikan, terutama di sekolah dasar. Mengenai siswa sekolah dasar masih memiliki pemikiran yang sederhana, sehingga besar kemungkinan mereka bias belajar menjadi karakter yang baik. Cita-cita idealisme sama dengan cita-cita Negara Republik Indonesia, yaitu menjadikan manusia yang berakhlak dan berkarakter spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendidikan religius dapat ditingkatkan dari sudut pandang idealis. Dengan menggunakan beberapa sumber literatur, menghasilkan literatur berjumlah 15 artikel. Penelitian ini menggunakan teknik slr (systematic literatur review), sumber literatur didapati dari database google scholar pada tahun 2018-2022. Penelitian ini memiliki hasil akhir bahwasanya filsafat idealisme dan karakter yang religius sangat berkaitan dengan moral atau akhlak baik seseorang.
Metrics
References
Basri, H. (2019). Landasan Pendidikan.Bandung: CV. Pustaka Setia
Fauzan, A., Isnandar, & Afianto, M. (2022). Gugusan Aksara Edukasi (Kajian Pemikiran, Evaluasi, dan Teknologi Pendidikan).Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Lavinel, t. (2003). Plato.Yogyakarta: Jendela.
Mubin, A. (2019). Refleksi Pendidikan Filsafat Idealisme. Rausyan Fikr, 25-26.
Murtaufiq, S. (2014). Telaah Kritis Aliran-Aliran Filsafat Pendidikan
Shafira, F. A. (2022). Filsafat Ilmu dalam Pendidikan. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa, 36-46.
Yanuarti, E. (2016). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat Idealisme. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 87.
Journal
Andriani, Novi, Dkk. “Implementasi Nilai-nilai Ketuhanan dan Kemanusiaan Dalam Upaya Meningkatkan Karakter Toleransi Bagi Peserta Didik Di Sekolah Dasar 1 Rimo” Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga: 27-33
Apriani, An-nisa, Dkk. (2022). “Implementasi Pendidikan Pancasila di SD Negeri Bakulan” Indonesian Journal of Elementary Education 1 (2): 33-42
A, Gafar, Tati. (2020). “Implementasi Pembinaan Karakter Religius berbasis kearifan local moja labo dahu pada peserta didik sekolah dsar di kabupaten Bima: jurnal Eductaion: Volumen4 no 3
Muslim, A. (2022). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH : Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 34-40.
Nuzulah, F., A, M. U., & Fitria, L. (2017). Aksiologi Pendidikan Menurut Macam-Macam Filsafat Dunia (Idealisme, Realisme, Pragmatisme, Eksistensialisme). Repository Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1-15.
Purwati, I., & Fauziati, E. (2022). Pendidikan Karakter Religius Sekolah Dasar dalam Perspektif Filsafat Idealisme . Elementa : Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 1-8.
Riyadi, A. (2021). Esensialisme dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, 131-138.