A KORELASI HAKEKAT MANUSIA SEBAGAI PENERIMA DAN PENGEMBANG ILMU TERHADAP KONSEP MERDEKA BELAJAR
Abstract
Penelitian ini berisikan tentang hakikat manusia sebagai penerima dan pengembang ilmu terhadap konsep “Merdeka Belajar”. Manusia hakikatnya adalah sebagai makhluk yang mampu berpikir, memiliki akal budi, mampu berbahasa, dan membuat perangkat peralatan untuk memenuhi kebutuhan dan mempertahankan kehidupannya. Program merdeka Belajar yang sedang diterapkan dalam kurikulum saat ini relevan dengan hakikat manusia. Sebagaimana filosofis Ki Hadjar Dewantara dalam penerapan konsep merdeka belajar peran pendidik adalah fasilitator yang mengarahkan seluruh fitrah yang ada pada diri anak agar dapat mencapai tingkat keamanan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Pendidik hanya menuntun pertumbuhan atau kehidupan daya kodrat pada anak agar dapat memperbaiki tingkah lakunya (bukan dasar) bagi pertumbuhan kehidupan dan daya kodrat anak . Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kualitatif dengan metode studi literatur. Subjek dalam penelitian ini adalah informan kunci atau bisa dikatakan orang yang memiliki informasi terkait topik penelitian, objek penelitian ini adalah artikel yang membahas tentang hakikat manusia sebagai penerima dan pengembang ilmu terhadap konsep Merdeka Belajar. Pengumpulan data yaitu dengan cara mencari sumber-sumber dari berbagai literature maupun jurnal yang relevan dengan judul penelitian. Analisa data yang digunakan adalah teori dari Miles dan Huberman yang meliputi tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan
Metrics
References
Bagus, Lorens. 1996. Kamus Filsafat. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Depdikbud,1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Bakhtiar, Amsal. (2012). Filsafat Ilmu. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Barrett, P., Gaskins, J., & Haug, J. (2019). Higher education under fire: implementing and assessing a culture change for sustainment. Journal of Organizational Change Management, 32(1), 164–180. https://doi.org/10.1108/JOCM-04-2018-0098
Daga, Agustinus Tanggu. 2021. “Makna Merdeka Belajar Dan Penguatan Peran Guru Di Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 7(3): 1075–90.
Desyandri, Desyandri 1 , Muhammadi Muhammadi2 , Mansurdin Mansurdin3 , Rijal Fahmi. (2019). Development of integrated thematic teaching material used discovery learning model in grade V elementary school Pengembangan bahan ajar tematik terpadu menggunakan model Discovery Learning di kelas V sekolah dasar : Jurnal Jurnal Konseling dan Pendidikan. Vol. 7, No. 1, 2019, pp. 16-22 DOI: https://doi.org/10.29210/129400
Desyandri; Vernanda, D. (2017). Pengembangan bahan ajar tematik terpadu di kelas v sekolah dasar menggunakan identifikasi masalah Desyandri. In Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah 4 (pp. 163– 174).
Jalaluddin.(2011). Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sejarah dan Pemikirannya. Jakarta: Kalam Mulia.
Masitoh, S., & Cahyani, F. (2020). “Penerapan Sistem Among Dalam Proses Pendidikan Suatu Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru.” Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 122. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p122--141.
Mustagfiroh, Siti. 2020. “Konsep ‘ Merdeka Belajar ’ Perspektif Aliran Progresivisme Di Perguruan Tinggi.” Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran 3(1): 141–47. Nasution, A G J. 2020. “Diskursus Merdeka Belajar Perspektif Pendidikan Humanisme.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra UIN Sumatera Utara Medan AL ARABIYAH 6: 1. RI, MENTERI KESEHATAN. 2019. “No TitleΕΛΕΝΗ.” Αγαη 8(5): 55.
Sherly, Edy Dharma, and Betty Humiras Sihombing. 2020. “Merdeka Belajar Di Era Pendidikan 4.0.” Merdeka Belajar: Kajian Literatur: 184–87.
Ramayulis, Samsul Nizar. 2011. Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran para Tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia.
Ramayulis. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia
Sidi Gazalba, (1992). Sistimatika Filsafa Jilid 1- 2. Jakarta: Bulan Bintang.
Suhar. 2010. Filsafat Umum (Konsepsi, sejarah, dan aliran). Jakarta: Gaung Persada Press
Suria sumantri, Jujun S. (2005). Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sianar Harapan.
Tarigan Mardinal, Feby Annisa Yasmin, Akrizal Rifai, yusriani, Khairul Azmi (2022). Filsafat Ilmu sebagai Landasan Pengembangan Ilmu Pendidikan : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 3 No. 1 Year (2022) page 175-182
Uhar Suharsaputra. (2004). Filsafat Umum Jilid I. Jakarta: Universitas Kuningan