ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

  • Ummul Khaira Universitas Negeri Padang
  • Firman Pendidikan Dasar Universitas Negeri Padang
  • Desyandri Pendidikan Dasar Universitas Negeri Padang
Keywords: Model Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Proyek, Motivasi Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 6 di UPT SDN 02 Silaut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data digunakan melalui beberapa tahapan diantaranya pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam proses pembelajaran siswa cenderung bosan dan kurang tertarik dengan proses pembelajaran yang berlangsung lama karena metode yang digunakan hanya ceramah dan monoton sehingga siswa kurang motivasi dalam belajar. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan agar motivasi belajar siswa lebih meningkat yang ditandai dengan keaktifan siswa dalam proses tersebut. Model pembelajaran berbasis proyek merupakan pendekatan saintifik dan terdiri dari beberapa tahapan, antara lain mengamati, mengajukan pertanyaan, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Melalui berbagai tahapan tersebut dapat meningkatkan keikutsertaan dalam proses pembelajaran.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Afandi, M., Evi, M., Oktarina, P, W. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.
Afriana, J. (2015). Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL). Makalah. Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.
Anisa, SN. (2017). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Proyek Matematika untuk Melatihkan Kreativitas Ilmiah Siswa pada Materi Statistika Kelas VIII di SMP 4 Sidoarjo. Skripsi. Surabaya: Sarjana Pendidikan UIN Sunan Ampel Surabaya.
Arikunto. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arisanti, W.O.L., Wahyu, S., Ari, W.. (2016). Analisis Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Dasar. 8 (1), 84.
Elisabet, E., Relmasira, S.C., & Hardini, A.T.A. (2019). Tingkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jurnal Penelitian Aksi Pendidikan, 3(3), 285–291. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19448
Franky, L. (2018). Pembelajaran Berpusat pada Pembelajar. AKADEMIKIA Jurmal Pendidikan.
Hapsari, D.I., Airlanda, G.S., & Susiani, S. (2019). Pengaplikasian pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan motivasi belajar matematika. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 2(1), 102-112.
Hardiansyah, H. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.
Kemdikbud. Materi pelatihan guru kurikulum implementasi 2013 tahun ajaran 2014/2015: Mata pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014.
Natty, Richard Adony., Firosalia, K., Indri, A. (2019). Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 3 (4), 1084.
Nurdiyansyah & Eni, F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Prastowo, Andi. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Rawamangun: Kencana.
Rani, H. (2021). Pengaplikasian Metode Project Based Learning pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Refleksi, 10(2), 95-102.
Saputri, D., Sony, I., Tri, Y. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKPD) Materi Jaring-Jaring Kubus dan Balok Berbasis Project Based Learning (PjBL). Jurnal Elementaria Edukasia. 2 (2), 101.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.
Sulaeman, M.. (2020). Aplikasi Pembelajaran Berbasis Proyek. Depok: Bioma Publishing.
Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran (Cetakan I). Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Triwahyudi, A. (2016). Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning Guna Melihat Kreativitas Peserta Didik pada Materi Mengoperasikan Software Proteus Kelas X Teknik Audio Video di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Sarjana Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Zakiyah, I. (2019). Implementasi Model PjBL Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kemandirian Siswa Pada Keterampilan Menulis Puisi. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 51-58.
Published
2023-01-17
How to Cite
Khaira, U., Firman, & Desyandri. (2023). ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2884 - 2898. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.610

Most read articles by the same author(s)