UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPLANASI ILMIAH MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI SISWA KELAS VI SDN TANGKIL

  • Indah Nurahayu Ikip Siliwangi
  • Asep Samsudin Institut Keguruan dan ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi Cimahi
Keywords: reading comprehension ability; scientific approach ; explanatory text

Abstract

ABSTRACT

This research was conducted in order to improve the ability to read and understand scientific explanatory texts through a scientific approach. This research was conducted at Tangkil Public Elementary School for the 2022-2023 school year. The subject of this research is class VI which consists of 24 students. The method used in this study is the class action research method (CAR). The data collection methods used are written tests, observational methods and data analysis by calculating the results of the students' learning ability test. Based on the analysis of the initial test results, the researcher found that 8 students (33.33%) of the 24 students were able to achieve the KKM that had been determined, namely 70, while the average score in the initial test was 60. The results of the first cycle test showed that the percentage of students who completed only 13 people (54.6%) and as many as 11 students (45.83%) did not get a complete score. In cycle II, the students who completed it increased significantly by 21 people (87.5%), and only 3 students who had not completed it (12.5%). After the final test was carried out, 23 students (95.83%) passed and only 1 person (4.16%) did not complete. From the increase in classical mastery obtained by students, it can be concluded that the scientific approach can improve the ability to read comprehension of class VI scientific explanation texts.

ABSTRAK

Peneliti melakukan penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi ilmiah melalui pendekatan saintifik. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Tangkil tahun ajaran 2022-2023. Subyek penelitian ini adalah kelas VI dengan jumlah siswa 24 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik untuk mengumpulkan data yang digunakan yaitu tes tertulis,  observasi dan hasil analisis data dengan menghitung kemampuan belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis pertama penelitian, peneliti menemukan bahwa 8 siswa (33,33%) dari 24 siswa dapat memperoleh KKM yang telah ditetapkan yaitu dengan nilai angka 70, sedangkan rata-rata kelas satu adalah 60. Hasil tes siklus pertama menunjukkan hanya 13 siswa (54,6%) yang lulus dan 11 siswa (45,83%) tidak mendapat nilai tuntas. Pada siklus kedua jumlah siswa yang tuntas secara signifikan sebanyak 21 orang (87,5%) dan hanya 3 siswa yang tidak tuntas (12,5%). Setelah ujian akhir, 23 siswa (95,83%) lulus dan hanya 1 orang (4,16%) yang tidak lulus. Dari peningkatan ketuntasan secara klasikal yang diperoleh siswa dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi ilmiah kelas VI.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Alpian, Viny Sarah, and Ika Yatri. 2022. “Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4 (4): 5573–81. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3298.
Azhar. 2013. “Penggunaan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” Penggunaan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar 01 (01): 1689–99.
Azizah, Anisatul. 2021. “Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran.” Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 3 (1): 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475.
Budiarti, Wahyu Nuning, and Haryanto Haryanto. 2016. “Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv.” Jurnal Prima Edukasia 4 (2): 233. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6295.
Elvina. 2018. “Peningkatan Aktivitas Dan Proses Keterampilan Membaca Intensif Dengan Strategi Preview, Question, Read, Self-Recitation, Test (Pqrst).” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 3 (1).
Ghozali, Imam. 2017. “Pendekatan Scientific Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Pedagogik 04 (01): 1–13.
Khasanah, Aan, and Isah Cahyani. 2016. “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Strategi Question Answer Relationships (QAR) Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar 4 (4): 161–75. https://ejournal.upi.edu/index.php/ppd/article/download/6468/4411%0A.
Krismanto, Wawan, Abdul Halik, and Sayidiman Sayidiman. 2015. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (Sq3R) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 46 Parepare.” Publikasi Pendidikan 5 (3). https://doi.org/10.26858/publikan.v5i3.1616.
Maliasih, Hartono, and P Nurani. 2017. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments Dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA.” Jurnal Profesi Keguruan 3 (2): 222–26.
Muhafidin, Muhafidin. 2016. “Pembelajaran Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Cidempet Kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu.” Profesi Pendidikan Dasar 3 (1): 66–70. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i1.2030.
Nurati. 2013. “Implementasi Teknik Skrambel Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sd.” Univerisitas Pendidikan Indonesia.
Pittariawati. 2020. “PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI TEKS PROSEDUR.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4: 74.
Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2 (1): 1–8.
Rahmat, Rahmat, Umiyati Muhammadiyah Jabri, and Firdayanti Firdayanti. 2021. “Pengaruh Penerapan Metode Pair Check Terhadap Kemampuan Pemahaman Membaca Peserta Didik Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri 37 Tungka Kabupaten Enrekang.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 5 (2): 791–95. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1168.
Saputri, Meylin Anggraeni, and Dian Indihadi. 2021. “Hasil Tulisan Teks Prosedur Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar.” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8 (3): 742–51. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/39244.
Sufairoh. 2016. “Pendekatan Saintifik Dan Model Pembelajaran K-13.” Jurnal Pendidikan Profesional 5 (3): 116–25.
Sumargo, Yohanes. 2022. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dalam Menyajikan Informasi Penting Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Kata Tanya Dalam Bentuk Diagram Di Kelas Vib Sdn 1 Batuah Melalui Media Kartu Kalimatmeningkatkan Hasil Belajar Si.” Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 10 (1): 113–22. https://doi.org/10.33659/cip.v10i1.224.
Suprianto, Edy. 2020. “Implementasi Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi.” Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar 1 (02): 22. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.810.
Wicaksono, Panji Nur, Indra Jati Kusuma, Rifqi Festiawan, Neva Widanita, and Dewi Anggraeni. 2020. “Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Teknik Dasar Passing Sepak Bola.” Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia 16 (1): 41–54. https://doi.org/10.21831/jpji.v16i1.29774.
Widasari. 2017. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Metode PQ4R Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV MI Islamiyah Sumberrejo Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/2017.” IAIN Metro.
Published
2023-01-16
How to Cite
Nurahayu, I., & Samsudin, A. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPLANASI ILMIAH MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI SISWA KELAS VI SDN TANGKIL. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2750 - 2761. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.574

Most read articles by the same author(s)