PENGGUNAAN MODEL STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

  • Sinta Santika IKIP SILIWANGI
  • Asep Samsudin Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi Cimahi
Keywords: SAS Model,Reading Comprehension,Grade II

Abstract

Students' comprehension in reading is said to be still low, as well as what happened to the fifth grade elementary school students. This low understanding is due to the lack of interest in reading and the assumption that reading is boring and meaningless. Therefore, the teacher should choose the right technique to overcome this problem. By using the SAS model with discussion techniques it is hoped that it can overcome the problems encountered. The subject of this research is reading comprehension ability. Data collection using pre test and post test techniques. From the results of the study, it showed that there was an average increase in students' understanding of reading ability from 68.4 during cycle 2 to 78.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Aisa, S., Baso, A., & Barasandji, S. (2008). Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode SAS di Kelas II SDN Pinotu. Jurnal Kreatif Tadaluko Online, 2(1), 28–51.
Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573–5581. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/3298
Dewi, W. K. (2016). Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dengan minat baca siswa kelas v sd negeri gugus ganesha kecamatan batealit kabupaten jepara. i–190. https://lib.unnes.ac.id/29139/1/1401412091.pdf
Erika, E., Agrina, A., Novita, S., & Komariah, M. (2021). Tantangan Orang Tua Mendampingi Anak Usia 6-7 tahun Belajar di Rumah selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 252–260. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1225
Fabiana Meijon Fadul. (2019). 済無No Title No Title No Title. 14–46.
Fauzi, F. (2018). Karakteristik Kesulitan Belajar Membaca Pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(2), 95–105. https://doi.org/10.21009/pip.322.2
Handayani, D. P. P., Ervina, L., & Aristya, F. (2020). Analisis Penyebab Dan Strategi Guru Kelas Mengatasi Kesulitan Membaca Pemulaan Siswa Kelas Ii Sd Negeri Kendal. 1–5. http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/267
Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis kemampuan membaca permulaan dan kesulitan yang dihadapi siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3297–3307. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/526/pdf
Indrianty, D., Kurniawan, O., & Witri, G. (2017). Penerapan Metode SAS ( Struktural Analitik Sintetik ) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas I SDN 88 Pekanbaru. Garuda.Ristekbrin.Go.Id, 72, 1–13. https://media.neliti.com/media/publications/205362-penerapan-metode-sas-struktural-analitik.pdf
Irdawati, Y., & Darmawan. (2014). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4), 1–14.
Kaunang, G., Rawis, J. A. M., Pangkey, R. D. H., & Mangangantung, J. M. (2022). Kesiapan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5109–5115. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3087
Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). 149 Metode Membaca SAS, Keterampilan Membaca Permulaan Otang Kurniaman, Eddy Noviana. 5, 149–157.
Madinatul Munawaroh, & Anggrayni, N. T. (2016). Mengenali Tanda-Tanda Disleksia. Proseding Seminar Nasional PGSD UPY Dengan Tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar Ketika Murid Anda Seorang Disleksia., 167–171. http://repository.upy.ac.id/409/1/artikel madinatul.pdf
Maimana, Nurhaswinda, & Syahrul Rizal M. (2021). Penerapan Metode Sas Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Edusmaspul, 5(2), 166–172. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/download/2016/632
Mustaqim. (2016). Metode Penelitian Gabungan Kuantitatif Kualitatif / Mixed Methods Suatu Pendekatan Alternatif. Jurnal Intelegensia, 04(1), 1–9. https://ejournal.unisnu.ac.id/JI/article/view/1351
Pendidikan, P., Madrasah, G., Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., Ar-raniry, U. I. N., & Aceh, B. (2018). Efektivitas Metode Struktur Analitik Sintetik ( SAS ) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Bagi SiswaKelas II MIN 22 Aceh Besar.
PUSTAKA Kajian Teori, K. A. (n.d.). BAB II.
Suparlan, S. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Fondatia, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1088
Udhiyanasari, K. Y. (2019). Berdasarkan peraturan yang tercantum pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 5 ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyebutkan bahwa “ Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu ”. Hal ini juga sep. 3(1), 39–50.
Zulham, M. (2014). Aplikasi Teori Ilmu Bahasa terhadap Pandangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo. Jurnal Pendidikan, Pengajaran Bahasa Dan Sastra ONOMA, 1–128.
Published
2022-12-31
How to Cite
Santika, S., & Samsudin, A. (2022). PENGGUNAAN MODEL STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR . Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2228 - 2240. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.521

Most read articles by the same author(s)