PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS II SD MAKEDONIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks bacaan pada siswa kelas II SD Makedonia dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) yang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini menggunakan Mixed Methode dengan desain Sequential Explanatory. Sumber data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan Pretest, Postest sedangkan data kualitatif diperoleh dengan menggunakan angket respon siswa dan lembar observasi. Sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC. Hasil nilai rata–rata siswa (pretest) adalah 61,1. Selanjutnya hasil rata–rata test (post test) kemampuan membaca pemahaman siswa pada teks bacaan setelah menggunakan model CIRC adalah 83,2. Berdasarkan hasil uji N-gain diperoleh score 0,67 dengan kategori sedang. Dilihat dari presentase efektivitas N-gain diperoleh score 66,69% dengan tafsiran cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran CIRC untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks bacaan pada siswa kelas II SD Makedonia cukup efektif untuk digunakan.
Metrics
References
Daud, A. F. B. C. (2015). Aplikasi tatabahasa dalam membaca teks Arab dalam kalangan pelajar ipta. Universiti Putra Malaysia, 1–30.
Famelia, M., Supriyono, & Angraini, N. (2022). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN TEKNIK SKIMMING DAN SCANNING PADA SISWA KELAS VII SMP TAMAN SISWA TELUK BETUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022 Mayang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Bandar Lampung, 10(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026
Guntara, Y. (2021). Normalized Gain Ukuran Keefektifan Treatment. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, March, 1–3. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.27603.40482
Hajar, S. (2019). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada TK PGRI Jatisela. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(2), 91. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i2.74
Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 1–8. https://jurnaldidaktika.org/
Marwatoen, F. (2015). Pengaruh Media Presentasi dan Komik dalam Pembelajaran Biologi terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Motivasi Siswa. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 3(2), 71. https://doi.org/10.33394/j-ps.v3i2.976
Nurhidayah, I., Mulyasari, E., & Robandi, B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 42–51.
Oktafiani, W., Irdamurni, & Damri. (2018). Effectivieness Of Cooperative Integrated Reading And Composition ( CIRC ) Learning Model To Increase Ability Reading Understanding of Disleksia Children. Journal of Education Scienties, 2(1), 17–22. http://lppm.ojs.unespadang.ac.id/index.php/UJES
Puspita, R. D., & ` R. (2018). a Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Berbantuan Pembelajaran Tematik Terpadu Bernuansa Model Interactive-Compensatory. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 198. https://doi.org/10.23969/jp.v2i2.557