PENGGUNAAN METODE PQ4R UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN HARAPAN MULYA

  • Tutin Suhartini IKIP Siliwangi
  • Asep Samsudin Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi Cimahi
Keywords: Kemampuan Membaca Pemahaman, Metode PQ4R

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa masih banyak siswa yang rendah dalam membaca pemahaman sehingga kesulitan dalam memahami makna sebuah isi bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V menggunakan metode PQ4R. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SDN Harapan Mulya berjumlah 26 siswa. Metode yang digunakan adalah metode campuran atau Mixed Methode dengan desain Sequential ekplanatory. Kegiatan pertama menggunakan metode kuantitatif dalam bentuk tes pretest dan posttest untuk memperoleh nilai kefektifitasan belajar menggunakan metode PQ4R serta peningkatan kemampuan membaca pemahaman. Metode kualitatif sebagai penguat penjelasan pada data kuantitatif. Nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan metode PQ4R adalah 69, sedangkan setelah menggunakan meningkat menjadi 84. Untuk ketuntasan klasikal pretest siswa memiliki persentase 62% artinya hasil belajar masih rendah. Sedangkan pada posttest persentase ketuntasan siswa mencapai 81% artinya hasil belajar meningkat. Hasil uji N-gain ternormaliasi metode PQ4R diperoleh g=56,86, sedangkan hasil uji N-gain ternormaliasi untuk membaca pemahaman diperoleh g=0,57. Hasil ini menunjukan bahwa untuk keefektivitasan penggunaan metode PQ4R masuk dalam rentang kategori cukup efektif sedangkan untuk hasil meningkatkan membaca pemahaman sudah masuk dalam kategori sedang, sesuai dengan g= 0,3 < g < 0,7. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode PQ4R untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Harapan Mulya sudah cukup efektif untuk digunakan.

 

Metrics

Metrics Loading ...

References

Alpian, Viny Sarah, and Ika Yatri. 2022. “Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Dan Kesulitan Yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4(4):5573–81. doi: https://edukatif.org/index.php/edukatif/index Analisis.
Apriyani1, Lilis, La Rabani1, and Mansyur M. 2020. “PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS NARASI MELALUI STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) SISWA KELAS VB SDN 4 RANOMEETO.” Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar 2(1):19.
Biman. 2020. “MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R DI KELAS V SD.” Guru Kita 4(2):58–62.
Dihan, Wardah, Marzul Hidayat, and Ugi Nugraha. 2022. “PENERAPAN METODE PQ4R UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SD.” 7(1):88–100.
Fatmasari, Ria Kristia, and Husniyatul Fitriyah. 2018. “Ketrampilan Membaca.” P. 151 in. Bangkalan: STKIP PGRI Bangkalan.
Hermawan, iwan. 2019. METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN MIXED METHODE. Pertama. Kuningan.
Irpan, Moh, and Yulia Utami; Zulfadli Hamdi; Muhammad Sururuddin. 2022. “2022197PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SQ3R(SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW)BERBANTUAN TEKS CERITA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN.” Jurnal PGMI 14(2):197–217.
Komalasari, Ai, Tatang Syarifudin, and Dwi Heryanto. 2020. “Penerapan Model Sq4R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas Iv Sd.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5(3):12–20.
Maufur, Syibli, and Abdul Sholeh. 2015. “Penerapan Metode Pqr4 Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Pada Siswa Kelas Iv Sdn Pengampon Ii Kec. Lemahwungkuk Kota Cirebon.” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 2(2). doi: 10.24235/al.ibtida.snj.v2i2.122.
Putri, K. dkk. 2019. “Penerapan Strategi PQ4R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Untuk Siswa Kelas III SD.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4(1):5.
Putri, N. K. A. D., I. Kt. Adnyana Putra, and DB. Kt. Ngr. Semara Putra. 2018. “Pengaruh Model Survey, Question, Reading, Reflect, Recite, Review Terhadap Keterampilan Membaca.” International Journal of Elementary Education 2(3):255. doi: 10.23887/ijee.v2i3.15965.
Risalahwati, Desy Sukma, Makrina Tindangen, and Sukartiningsih Sukartiningsih. 2020. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PQ4R Media Concept Mapping Terhadap Hasil Belajar Biologi.” Biodik 6(1):76–93. doi: 10.22437/bio.v6i1.8466.
Saepudin, Anwar, Tatang Syaripudin, and Dwi Heryanto. 2021. “Metode Pq4r Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III Sekolah Dasar JPGSD.” JPGSD 6(2):44.
Samsu. 2017. Metode Penelitian : Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantittif, Dan Mix Method Serta Research and Development.
Samsudin, Asep (IKIP SIliwangi). 2012. “Peningkatan Kemampuan Menulis Eksposisi Berita Dan Menulis Eksposisi Ilustrasi Siswa Kelas V Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Terpadu Membaca Dan Menulis.” Penelitian Pendidikan UPI 13(2):1–11.
Sartika, Wila, and M. Syahrun Effendi. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) Terhadap Kemampuan Menganalisis Unsur Naskah Drama Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Lubuklinggau.” Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 5(2):86–93. doi: 10.33369/diksa.v5i2.9987.
Selfianti, Dona, and Rina Sartika. 2022. “( Preview , Question , Read , Reflect , Recite , Review ) Terhadap Keterampilan Membaca Cerpen Pengaruh Penggunaan Metode Pq4R.” 2(2):203–10.
Setiyawan, Yudik. 2017. “PERBANDINGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DAN AKTIVITAS SISWA PADA POKOK BAHASAN ZAT DAN WUJUDNYA DI MTs ISLAMIYAH PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2016/2017.” 1–14.
Susandari, Yessy Feriana. 2016. “Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui the Improvement of Reading Comprehension Skill Through the Use Of.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(2.890):217–28.
Syarifudin, Furqon. 2020. “Pengaruh Minat Baca Dan Membaca Pemahaman Terhadap Kemampuan Cerita Pendek Pada Siswa Kleas VII SMPN 2 Margaasih Kbupaten Bandung.” Wistara III(2):132–45.
Published
2023-01-13
How to Cite
Tutin Suhartini, & Samsudin, A. (2023). PENGGUNAAN METODE PQ4R UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN HARAPAN MULYA. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2638 - 2649. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.565

Most read articles by the same author(s)