UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BACAAN KELAS II MENGGUNAKAN MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) PADA SISWA SDN TANGKIL

  • Siti kodariah IKIP SILIWANGI
  • Asep Samsudin Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi Cimahi
Keywords: Kata Kunci: Model CIRC, Keterampilan, membaca pemahaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks bacaan siswa kelas II Sekolah Dasar  melalui model CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition). Sebagian siswa kurang terampil dalam membaca pemahaman teks bacaan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini kelas II Sekolah Dasar yang terdiri dari siswa perempuan 8 orang, siswa laki-laki 12 orang jadi total siswa keseluruhanya dua puluh siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Tes ,respon siswa dan lembar observasi. Penelitian ini di laksanakan dalam dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Hasil rata-rata nilai test siswa pada siklus 1 62.35. Sedangkan nilai rata-rata test siklus 2 82.06. Berdasarkan hasil N-gain memperoleh hasil Score g= 0.56 dengan kategori sedang. Pada siklus 2 ini mengalami peningkatan Berdasarkan hasil penelitian  bahwa penggunaan model CIRC untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks bacaan pada siswa kelas II SDN Tangkil cukup efektif untuk di gunakan.

 

 

 

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ahmad, A. (2017). Penerapan Permainan Bahasa (Katarsis) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Iva Sd Negeri 01 Metro Pusat. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 75. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7024
Ariawan, V. A. N., Utami, N. T., & Rahman, R. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Model CIRC Berbantuan Media Cetak. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 95–104. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3529
Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230
Dewi, S. M., Prawiyogi, A. G., Anwar, A. S., & Wahyuni, C. S. (2021). Efektivitas Strategi Direct Reading Thingking Activities terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 453–455. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.786
Fitriani, L., & Nurjamaludin, M. (2020). Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi. Bale Aksara, 1(1), 31–42. https://doi.org/10.31980/ba.v1i1.737
Guntara, Y. (2021). Normalized Gain Ukuran Keefektifan Treatment. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, March, 1–3. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.27603.40482
Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 1–8. https://jurnaldidaktika.org/
Hilda Hadian, L., Mochamad Hadad, S., & Marlina, I. (2018). Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 212–242. https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.73
Jacub, T. A., Marto, H., Darwis, A., & Negeri, S. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 2 Tolitoli). Tolis Ilmiah Jurnal Penelitian, 2(2), 140–148.
Karim, M. F., & Fathoni, A. (2022). Pembelajaran CIRC dalam Menumbuhkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5910–5917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3164
Muchlison, A. (2022). Implementasi Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) Pada Guru Bidang Studi SD Negeri 1 Pucanglaban Tulungagung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Jurnal
Published
2023-01-23
How to Cite
kodariah, S., & Samsudin, A. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BACAAN KELAS II MENGGUNAKAN MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) PADA SISWA SDN TANGKIL. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 3032 - 3039. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.555

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>