PERAN GURU TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui mengenai peran guru dalam perkembangan moral peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan melakukan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan juga observasi sehingga peneliti mendapatkan data yang dibutuhkan secara tepat. Peneliti melakukan wawancara dan observasi di SDN Secang yang terletak di Serang, Banten. Adapun narasumber yang diteliti adalah seorang wali kelas IV dan beberapa peserta didik dan observasi pada kelas IV yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian ini adalah peran guru dalam mengembangkan moral peserta didik terutama di kelas IV SDN Secang adalah melalui pembelajaran yang dikaitkan dengan contoh moral yang baik, aturan-aturan yang berlakukan di kelas, dan adanya budaya 5S yang harus diterapkan peserta didik di sekolah.
Metrics
References
Hasanah, Aswatun. (2020). Perbedaan Perkembangan Moral Anak Laki-Laki dan Anak Perempuan Pada Usia Sekolah Dasar (Alanilis Psikologis Perkembangan). Jurnal Studi Islam, Gender, dan Anak, 15(1), 41-57. https://doi.org/10.24090/yinyang.v15i1.3442.
M. Aisyah., & M. Ali. (2018). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Kencana.
Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Jawa Timur: Zifatama Jawara.
Noviyanto, Tri Suwarno Handoko, dkk. (2022). Perkembangan Peserta Didik. Sukoharjo: Pradina Pustaka.
Putra, dkk. (2020). Membangun Moral Dan Etika Siswa Sekolah Dasar. Madiun: CV. Bayfa Cendekia Indonesia.
Putri, Agi Maehesa, dkk. (2023). Manajemen Peserta Didik. Banten: Sada Kurnia Pustaka.
Safitri. (2019). Menjadi Guru Profesional. Riau: Indragiri Dot Com.
Salmiyanti., Neviyarni., & Desyandri. (2023). Peran Guru Dalam Perkembangan Moral dan Kepribadian Siswa Sekolah Dasar. Dharmas Education Journal, 4(1), 127-132. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.924.
Setiawan, M. Andi. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Uwais Inspirasi Indonesia.
Uno, Hamzah B., & Nina Lamatenggo. (2016). Tugas Guru Dalam Pembelajaran Aspek Yang Mempengaruhi. Jakarta: Bumi Aksara.