PENTINGNYA MOTIVASI GURU GUNA MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

  • Dwi Dipta Dalilah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Encep Andriana PGSD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Rokmanah PGSD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Kata Kunci: Motivasi Belajar, Semangat belajar, Guru & Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui betapa pentingnya motivasI yang diberikakn guru guna meningkatkan semangat belajar siswa. Dengan menggunakan metode penelitian dekskriptif kualitatif, dengan cara wawancara dan observasi untuk mendapatkan data yang dibutuhkan sesuai dengan yang diteliti. Penelitiana ini dilakukan di kelas III SDN Ciodeng  2  yang berada di Pandeglang-Banten. dengan subjek yang diteliti adalah 1 orang guru wali kelas  III dan beberapa subjek perwakilan siswa. Dalam motivasi belajar terdapat dua sumber, ada yang faktor intrinsik dan ektrinsik, pada faktor intrinsik dan ektrinsik mengalami perbedaan peningkatan semangat dan hasil belajar siswa dari sebelum diberikannya motivasi belajar dan sesudah diberikannya motivasi belajar. Dari hasil penelitian ini juga ditemukan ada (6) indicator yang harus ada dalam motivasi belajar dan beberapa diantaranya sudah terpenuhi dengam diadakan motivasi belajar yang dilakukan guru untuk mendorong motivasi semangat belajar siswa.

 

 

Metrics

Metrics Loading ...

References

Asriani, Ode Wa. (2020). Keterampilan Guru Dalam Membuka dan Menutup Kegiatan Pembelajaran Di TK Harun Ar-Rasyid Kota Kendari. FKIP, Universitas Muhamadiyyah Kendaro.
Fauzi, Ahmad, dkk. ( 2022). Metodolodi Penelitian. Pena Persada : Jawa Tengah.
Faradila, Shafira Puspa dan Siti Aimah, (2018) Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA N 15 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus , Semarang, Indonesia, h 508-512, 2018.
Hamalik, Oemar. (2020).Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta :Bumi Aksara.
Hardiningrum, R Setyati. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Edisi 24 Tahun ke-7 2018.
Magdalena, Ina, dkk. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. Jurnal Edukasi dan Sains, Volume 3, Nomor 2, Agustus 2021; 312-325.
Nurfadhillah, Septy, dkk. (2021). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III”, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, Volume 3, Nomor 2, Agustus 2021; 243-255.
Priansa, Donni Juni. (2017). Pengembangan Strategi & Model Penbelajara. Bandung : Pustaka Setia.
Santosa, Riyadi, Metodologi Penelitian Linguistik/Pragmatik. SEMINAR NASIONAL PRASASTI (Pragmatik: Sastra dan Linguistik).
Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Garafindo Persada.
Supriana, Eka dan Muhammad A Wahyupurnomo. (2015). Keterampilan Guru dalam Membuka dan Menutup Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMAN Se-Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 11, Nomor 1, April 2015.
Sumantri, M Syarif. (2015). Strategi Pembelajaran, Jakarta : RajaGrafindo Persada.
Suryono dan Hariyanto. (2015). Implementasi Belajar dan Pembelajaran, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Trinoval, Zulvia. (2018). Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Bidang Studi Quran Hadis di MAN Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, Volume 8 No 1. Januari –Juni 2018.
Wahab, Gusnarib dan Rosnawati. (2019). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jawa Barat : Penerbit Adab.
Published
2023-11-06
How to Cite
Dwi Dipta Dalilah, Encep Andriana, & Siti Rokmanah. (2023). PENTINGNYA MOTIVASI GURU GUNA MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 119 - 135. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.1898

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>