PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS V SDN 13 PADANG GELANGGANG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan konsep pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas V SDN 13 Padang Gelanggang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah 19 siswa kelas V SDN 13 Padang Gelanggang yang terdiri dari 11 laki-laki dan 8 perempuan. Hasil belajar siswa meningkat dari 52,63 pada siklus I menjadi 84,21 siklus II dengan kategori baik, menunjukkan hasil penelitian ini sudah tercapai. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 13 Padang Gelanggang.
Metrics
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kemendiknas.
Desmita. (2007). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dirman, J. C. (2014). Pengembangan Kurikulum dalam Rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Siswa. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Ischak. 1997. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Depdikbud.
Kemendiknas. (2010). Petunjuk Teknis Pengembangan Bahan Ajar SMA. Jakarta: Dirjendikdas Kemendiknas.
Kurinasih, Imas. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena
Majid, A. (2006). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nana Supriatna. dkk. 2008. Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press.
Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik.Yogyakarta: Diva Press
Semiawan, C. R. (2008). Catatan Kecil tentang Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Setyosari, P. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Surapranata, S. (2006). Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta:
Prestasi Pustaka.
Wina Sanjaya. 2014. Pembelajaran daLam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yusuf, L. S., & Nani, M. S. (2011). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.