MODELPEMBELAJARAN TERPADU FRAGMENTED DALAM PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR

  • Fadhilah Universitas Negeri Padang
  • Yeni Erita Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Padang
  • Yanti Fitria Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Padang
  • Diana Gusti Alfiyanti Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Padang
  • Yusrani Fitri Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Padang
Keywords: Pembelajaran Terpadu, Fragmented, Sekolah Dasar

Abstract

Pendidikan merupakan elemen dasar dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan dengan  menggunakan sejumlah strategi, yang utamanya adalah model pengajaran. Untuk memfasilitasi pembelajaran, guru harus menggunakan model dan media pembelajaran yang tepat.  Penelitian ini bertujuan untuk membahas Model Fragmented. Model pembelajaran fragmented yang ditampilkan di sini adalah yang pertama dari jenisnya yang hanya berfokus pada satu bidang studi, memungkinkan materi pembelajaran disajikan secara bertahap. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran fragmented dapat digunakan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. Penggunaan model pembelajaran Fragmented sangat dianjurkan karena mempertimbangkan media dan perkiraan waktu untuk memastikan tujuan pembelajaran tercapai seefektif mungkin.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Buku :
Ananda, R. &. (2018). Pembelajaran Terpadu Karakteristik Landasan, Fungsi, Prinsip dan Model. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPI).
Fogarty, R. (1991). Ho to Integrate the Curricula. Amerika: IRI/Skylight Publishing, Inc.
Hernawan, d. (2016). Pembelajaran Terpadu di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Hidayah, R. &. (2021). Modul Belajar Pengembangan Kurikulum Tematik, Model Pembelajaran Terpadu Fragmented & Nested. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Kurniawan, D. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.
Margunayasa, G. d. (2014). Pembelajaran Terpadu; Konsep dan Penerapannya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jurnal :
Eryani, E. M. (2015). Simulasi Pembelajaran Terpadu Model Fragmented. Paper Knowledge Toward a Media History of Documents. E journal Alfaribi, 49-58.
Fitriani, A. E. (2018). Komparasi Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Connect dan Webbed Melalui LSLC terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa di SMP Negeri 11 Semarang. Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 5 (2) Hal. 91-99.
Fransyaigu, R. M. (2016). Konsep Pembelajaran Terpadu Dalam Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Asnawi. Jurnal Unsam, 3 (2).
Geminiawati, W. H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Fragmented dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Sisa terhadap Kemampuan Berbicara (Speaking). Renjana Pendidikan 1: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2 (1) 574-585.
Halida. (2016). Group Investigation Model (Pembelajaran Terpadu Anak Usia Dini). 1(2) 1-8.
Laksitarini, N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi. Jurnal Pendidikan Dasar, 7 (2) 283.
Ananda, R. &. (2018). Pembelajaran Terpadu Karakteristik Landasan, Fungsi, Prinsip dan Model. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPI).
Eryani, E. M. (2015). Simulasi Pembelajaran Terpadu Model Fragmented. Paper Knowledge Toward a Media History of Documents. E journal Alfaribi, 49-58.
Fitriani, A. E. (2018). Komparasi Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Connect dan Webbed Melalui LSLC terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa di SMP Negeri 11 Semarang. Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 5 (2) Hal. 91-99.
Fogarty, R. (1991). Ho to Integrate the Curricula. Amerika: IRI/Skylight Publishing, Inc.
Fransyaigu, R. M. (2016). Konsep Pembelajaran Terpadu Dalam Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Asnawi. Jurnal Unsam, 3 (2).
Geminiawati, W. H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Fragmented dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Sisa terhadap Kemampuan Berbicara (Speaking). Renjana Pendidikan 1: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2 (1) 574-585.
Halida. (2016). Group Investigation Model (Pembelajaran Terpadu Anak Usia Dini). 1(2) 1-8.
Hernawan, d. (2016). Pembelajaran Terpadu di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Hidayah, R. &. (2021). Modul Belajar Pengembangan Kurikulum Tematik, Model Pembelajaran Terpadu Fragmented & Nested. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Kurniawan, D. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.
Laksitarini, N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi. Jurnal Pendidikan Dasar, 7 (2) 283.
Margunayasa, G. d. (2014). Pembelajaran Terpadu; Konsep dan Penerapannya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Murfiah, U. (2017). Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar, Vol. 1 No. 5 Hal. 57-69.
Suryaningsih, Y. (2016). Implementasi Pembelajaran Terpadu Tipe Shared untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa. Jurnal Bio Educatio, Vol. 1 No. 1 Hal. 64-71.
Wahyuni, S. (2017). Keaktifan Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Gambar. E-Journal Mitra Pendidikan, Volume 1, No. 2, (hlm 83-94)
Published
2023-05-19
How to Cite
Fadhilah, Erita, Y., Fitria, Y., Gusti Alfiyanti, D., & Fitri, Y. (2023). MODELPEMBELAJARAN TERPADU FRAGMENTED DALAM PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 902 - 914. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.752