FASE DAN TUGAS PERKEMBANGAN ANAK SEKOLAH DASAR SERTA PEMANFAATAN TUGAS PERKEMBANGAN DALAM PEMBELAJARAN

  • Diana Gusti Alfiyanti Universitas Negeri Padang
Keywords: Fase, Tugas, Pemnfaatan, Perkembangan, Anak SD

Abstract

Artikel ini membahas fase dan tugas perkembangan siswa sekolah dasar serta pemanfaatan tugas perkembangan dalam pembelajaran. Seperti yang telah kita ketahui fase dan tugas perkembangan anak bervariasi tergantung pada keadaan perkembangan anak. Berdasarkan tinjauan literatur, ditentukan bahwa siswa sekolah dasar berada di masa kanak-kanak akhir. Oleh karena itu, seorang guru atau calon guru harus memikirkan fase perkembangan sekolah dasar dan siswanya. Manfaat dari penelitian ini adalah hendaknya guru dapat meningkatkan pemahaman tentang peran dalam mencapai tujuan perkembangan siswa dan secara efektif meningkatkan guru-orang tua dalam mencapai tujuan perkembangan siswa. Sekolah merupakan bagian dari pendidikan yang di dalamnya terdapat peserta didik yang memerlukan bimbingan dan perhatian untuk mengembangkan dan menumbuhkembangkan potensi dirinya dengan sebaik-baiknya. Sekolah membuat banyak rencana untuk mencapai tujuan yang dicapai pendidik bagi anak didiknya. 

Metrics

Metrics Loading ...

References

Crow, Lester D., et al. Terbitan: (1984); Human development and learning / Lester D. Crow dan Alice Crow oleh: Crow, Lester D., et al.
Harahap, N. 2014. Penelitiann Kepustakaan. Jurnal Iqra’. Vol 8. No.1
Havighurst, R.J. 1984. Perkembangan Manusiaa dan Pendidikan. Bandung: Jemmers
JANNAH, Miftahul. Tugas-tugas perkembangan pada usia kanak-kanak. Gender Equality: Internationall Journal of Child and Gender Studies, 2015, 1.2: 87-98.
Murni. 2017. Perkembangan Fisik, Kognitif, Dan Psikososiall Pada Masa Kanak-Kanak Awal 2-6 Tahun. Jurnal Ar raniry. Vol 3. No.1.
Prayitno, Elida. (2006). Buku Ajar Perkembangan Anak Usia Dini dan SD. Padang: Angkasa Raya
Published
2023-05-20
How to Cite
Alfiyanti, D. G. (2023). FASE DAN TUGAS PERKEMBANGAN ANAK SEKOLAH DASAR SERTA PEMANFAATAN TUGAS PERKEMBANGAN DALAM PEMBELAJARAN. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 992 - 1000. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.795