PERAN FILSAFAT ILMU DALAM PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

  • Diana Gusti Alfiyanti Universitas Negeri Padang
  • Desyandri Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Padang
  • Yeni Erita Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Padang
Keywords: filsafat ilmu, IPTEK, Revolusi Industri 4.0

Abstract

Saat ini kita telah memasuki era industri generasi ke empat. Ciri khas revolusi generasi ini adalah berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi canggih untuk mengatasi masalah dalam hidup. Dunia pendidikan tentunya mempunyai tantangan tersendiri dalam menyikapi perubahan ini karena ilmu pengetahuan dan teknologi tidak mampu menanamkan budaya Indonesia yang mana memiliki nilai-nilai luhur, adab, serta sopan santun. Kalau perkembangan tersebut tidak diselaraskan dengan filsafat ilmu maka tidak akan tercermin budaya indonesia tersebut pada generasi muda di zaman sekarang. Filsafat ilmu berusaha menempatkan dan mengembalikan tujuan mulia dari ilmu sehingga ilmu yang diciptakan pada masyarakat  modern, tidak menjadi bomerang membawa kehancuran umat manusia. Tujuan penelitian ini adalah melihat peran filsafat ilmu dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi industri 4.0 menggunakan metode penelitian studi literatur. Salah satu jenis penelitian yang disebut penelitian perpustakaan dan melibatkan berbagai bahan referensi teks untuk melihat mana yang masih relevan dengan masalah ini. Kesimpulan penelitian ini adalah mengklarifikasi peran filsafat ilmu dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi industri 4.0.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Achmad Charris Zubair, Kuliah Etika, Rajawali Press. Ed..Januari 1995
Awwaabiin, S. (2021). Studi Literatur: Pengertian, Ciri-Ciri, Dan Teknik Pengumpulan Datanya. In Https://Penerbitdeepublish.Com/Studi-Literatur
Bahri, S. (2018). Pengembangan Kurikulum Berbasis Multikulturalisme Di Indonesia (Landasan Filosofis Dan Psikologis Pengembangan Kurikulum Berbasis Multikulturalisme). Jurnal Ilmiah Didaktika.
Gie, The Liang, 1996, Pengantar Filsafat Teknologi, Andi Yogyakarta, Yogyakarta.
Industri, R., Tantangan, D. A. N., & Sosial, P. (2018). Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Perubahan Sosial. Iptek Journal Of Proceedings Series, 0(5). Https://Doi.Org/10.12962/J23546026.Y2018i5.4417
Jacob, T., 1988, Manusia, Ilmu dan Teknologi Pergumulan abadi Dalam Perang dan Damai, PT. Tiara Wacana Yogya, Yogyakarta.
M.Pd.I, N. A. (2018). Filsafat Pendidikan Islam: Konteks Kajian Kekinian.
Ngongo, E. (2020). Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Sosiologi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2)
Purnomo, S. (2020). Reformulasi Kepemimpinan Pendidikan Islam Di Era Revolusi Industri 4.0. Insania : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1). Https://Doi.Org/10.24090/Insania.V25i1.3751
Reflianto, & Syamsuar. (2018). Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).
Rizal, A. S. (2014). Filsafat Pendidikan Islam Sebagai Landasan Membangun Sistem Pendidikan Islami. In Jurnal Pendidikan Agama Islam - Ta’lim (Vol. 12, Issue 1).
Rizal, A. S. (2014). Filsafat Pendidikan Islam Sebagai Landasan Membangun Sistem Pendidikan Islami. In Jurnal Pendidikan Agama Islam - Ta’lim (Vol. 12, Issue 1).
Surajiyo, 2008, Filsafat Ilmu &Perkembangannya di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta.
Wahyuningsih, D., & Purnomo, E. P. (2020). Studi Komparasi: Penerapan E-Government Di Korea Selatan Dan Indonesia. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial,5(2). https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jn/article/view/822
Yolandha, W., & Dewi, D. A. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Konsilidasi Identitas Nasional Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1).
Published
2023-01-06
How to Cite
Alfiyanti, D. G., Desyandri, & Erita, Y. (2023). PERAN FILSAFAT ILMU DALAM PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2343 - 2352. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.554