PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Kemampuan peserta didik siswa dalam memahami materi IPA yang masih rendah, hal ini sangat berpengaruh terhadap hasil belajar IPA peserta didik yang tidak memuaskan. Kondisi ini disebabkan karena guru belum memahami karakteristik setiap siswa sehingga guru belum bisa mengembangkan model pembelajaran yang dapat menumbuhkan minat siswa, memberikan pengalaman secara langsung, menciptakan pembelajaran bermakna, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendemontarsikan dan membetikan pengakuan atas partisipasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model quantum teaching terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 11 GADUT. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek Penelitian ini adalah peserta didiik di kelas V SDN 11 Gadut, sedangkan objek penelitian ini adalah Hasil Belajar IPA, data hasil belajar siswa dikumpulkan dalam bentuk tes tulis pada akhir setiap siklus. Data di analisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Data yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil ketuntasan belajar siswa dari siklus I sejumlah 60 % dan siklus II sejumlah 100%. Rata-rata nilai pada siklus I memperoleh nilai 71,84 dan naik menjadi 92,60 di siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPA secara optimal sehingga siswa lebih antusias, termotivasi, dan pemahaman materi lebih baik.
Metrics
References
Chalidazia Ananda Nasution, Pintor Simamora. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Menggunakan Real Laboratory Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Pengukuran Di Kelas X SMA Negeri 3 Medan T.A 2018/2019.” Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI) 9(2):8–13.
DePorter, B., & dkk. (2014). Quantum Teaching (Mempraktikkan Quantum Learning di ruang-ruang kelas). Penerbit Kaifa.
Fauzi, A. M., & Noviartati, K. (2018). Pengaruh model pembelajaran quantum teaching tipe tandur ditinjau dari motivasi belajar siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(3), 240–248.
Harnoto, Basuki Tri, Rahyu Setiani, B. Widuroyekti, and Dwi Sambada. 2021. “The Implementation of the Quantum Teaching Strategy with Multiple Intelligence Approach at State Senior High School.” IJORER : International Journal of Recent Educational Research 2(1):73–85.
Hartati, Hery. 2021. “Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbasis Media Visual.” Journal of Education Action Research 5(1):102–8.
Hildegardis Missa, Anselmus Boy Baunsele. 2021. “Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Katolik Sint Aloysius Niki-Niki Kabupaten Timor Tengah Selatan.” EduMatSains Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains 5(2):93–104.
Hildegardis Missa, Anselmus Boy Baunsele. 2021. “Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Katolik Sint Aloysius Niki-Niki Kabupaten Timor Tengah Selatan.” EduMatSains Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains 5(2):93–104.
I Ketut Trimawan, Ign. I Wayan Suwatra, I. Gede Margunayasa. 2014. “Penerapan Model DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik P-ISSN: 2581-1843 Volume 5 Nomor 2 Tahun 2021 E-ISSN: 2581-1835 192 Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA.” Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
Kadir, Abdul. 2016. “Perbandingan Pengetahuan Lingkungan Dan Sikap Peserta Didik Dalam Penerapan Model Pembelajaran Sets Dan Konvensional.” Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian 11(2):1–18
Murnawan, I. Ketut. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.” Journal of Education Action Research 5(2):254–62.
Nanda Safarati, Fatma Zuhra. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA.” Jurnal Edukasi Matematika Dan SAINS 1(1):33–37.
Nurdyansyah, Nurdyansyah. 2016. “Developing ICT-Based Learning Model to Improve Learning Outcomes IPA of SD Fish Market in Sidoarjo.” Jurnal Tekpen 1(2).
Nurhaty Purnama Sari, Destarian Sudirman. 2021. “Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Melalui Strategi Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Penggunaan Media Lingkungan.” EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA 6(1):62–68
Padmara, Thomas Yuli, Agnes Herlina, Dwi Hadiyanti, and Albertus Saptoro. 2021. “JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Implementasi Model Pembelajaran Kuantum Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Dan Hasil Belajar Siswa.” JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan (1):332–43.
Ramadhan, Taufik, M. Arifuddin, Program Studi, Pendidikan Fisika, and Fakultas Keguruan. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar Model Quantum Teaching Pada Materi Fluida Statis Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa How to Cite : Ramadhan , T ., Arifuddin , M ., & Mastuang , M . Statis Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa . Jurnal Ilmiah Pen.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 4(3):99– 110.
Rohimah, D. F., Suprapta, Bl., & Agung, D. A. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Tipe TANDUR terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan, 4(9), 1229–1236.
Sukaesih, O. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada, 3(2), 46–59. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i1.1321.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. “Metode Penelitian Pendidikan.” Bandung: Remaja Rosda Karya 169–70.
Sulistyorini, S. 2007. Model Pembelajaran IPA SD Dan Penerapannya Dalam KTSP. Yogyakarta: Tiara Wacana
Suryanti, W., & Yunianta, T. N. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Getasan. JMP Online, 2(1), 148–159.
Vivi Mairina, Risda Amini. 2021. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kuantum Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(2):784–88.
Wahyuning, Dwi Aisyah, Muhana Gipayana, and Ery Tri Djatmika. 2017. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Bercirikan Quantum Teaching Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Efektif Dan Produktif.” Jurnal Pendidikan 2. Nomer
Wena, M. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Bumi Aksara.
Widiyono, Aan. 2020. “Penggunaan Aplikasi Whatsapp Group Terhadap Hasil Belajar IPA SD Di Masa Pandemi Covid-19.” P. Vol.5, No.1 in Seminar Nasional Pendidikan Dasar. UPI.
Yahya, H. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar biologi siswa sms islam terpadu al-fityan gowa. Jurnal Biotek, 5(1), 155–166.