PEMBELAJARAN TERPADU MODEL SEQUENCED DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Dalam usaha meningkatkan prestasi belajar siswa dalam proses belajar mengajar, guru seharusnya menggunakan berbagai model pembelajaran dalam kelas sehingga dapat terciptanya pembalajaran bermakna. Model Sequenced atau model berurutan, adalah salah satu dari sepuluh model pembelajaran terpadu. Pembelajaran terpadu mempunyai sifat realistis dengan menyajikan secara menyeluruh suatu topik atau tema pada kegiatan - kegiatan pembelajaran yang berghubungan satu dengan yang lainnya. Model Sequenced adalah model terpadu yang menenkankan pada urutan karena adanya persamaan –persamaan konsep walaupun mata pelajarannya berbeda. Dalam hal ini model Sequenced membelajarkan beberapa konsep yang hampir sama diajarkan secara bersamaan (konsepnya) sementara salah satu konsep tersebut tetap diajarakan secara terpisah. Hal itu dilakukan dengan cara mengatur ulang beberapa topik dan diurutkan agar dapat serupa satu sama lain. Metode Penelitian ini adalah metode penelitian studi literatur dengan tujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang model Sequenced serta cara penerapannya.
Metrics
References
Fogarty, R. 1991. How to Integrate the Curricula. Illinios: Skylight Publishing Inc.
Hernawan, A. H., & Resmini, N. (2009). Konsep dasar dan model-model pembelajaran terpadu. Jakarta: Universitas Terbuka.
http://repository.ut.ac.id/4039/1/PDGK4205-M1.pdf
Hernawan, dkk. 2016. Pembelajaran Terpadu di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Hidayah, R., & Evasufi Widi Fajari, L. (2021). Modul Belajar Model Pembelajaran Terpadu Connected & Sequence. 5.
Juanda, Anda.(2019). Pembelajaran Kurikulum Tematik Terpadu. Cirebon:CV Confident
Kurniawan, Deni, 2014, Pembelajaran Terpadu Tematik, Alfabeta, Bandung
Ovavia., Marlin., & Desyandri. 2022. PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERSASIS MODEL SEQUENCED DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. PRIMARY: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, VOLUME 11 NOMOR 1. DOI : http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8303
Prima Candra, Y., Djamas, D., & Pengajar Jurusan Fisika, S. (2016). PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE SEQUENCED TERHADAP KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 PARIAMAN Mahasiswa Pendidikan Fisika, FMIPA Universitas Negeri Padang 2). Pillar of Physics Education, 8, 137–144. http://dx.doi.org/10.24036/2474171074
Resmini, N. (2010). Model-model pembelajaran terpadu. Universitas Pendidikan Indonesia, 1-10.
http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BHS._DAN_SASTRA_INDONESIA/196711031993032-NOVI_RESMINI/MODEL_PEMBELAJARAN_TERPADU.pdf
Rusydi, A., & Abdillah. 2018. Pembelajaran Terpadu (Karakteristik, Landasan, Fungsi, Prinsip & Model). Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
Trianto, T. (2010). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara. https://scholar.google.com/scholar?cites=425545282354777317&as_sdt=2005&sciodt=0,5&hl=id&scioq=trianto+model+pembelajaran+terpadu
Terpadu, P. (2020). 223-411-1-Sm. 4(1), 1042–1052.
Wahyudiati, D. (2012). Urgensi Pembelajaran Terpadu dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. El-Hikam, 5(1), 163–181.
http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/elhikam/article/view/1438