PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD INPRES 3/77 ARASOE KECAMATAN CINA KABUPATEN BONE Abd. Hafid 1, Sitti Rahmi2, Arnida3
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis pre-eksperimental yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Scramble (variabel bebas) dan motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa (variabel terikat). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 15 orang siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan NonProbability Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan peningkatan motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa sebelum dan sesuda penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble, dengan nilai rata-rata pre-nontest 76,87 dan post-nontest 97,87. Sedangkan berdasarkan hasil analisis data pada uji Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scrambe. Kesimpulan penelitian bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Inpres 3/77 Arasoe Kecamatan Cina Kabupaten Bone.
Metrics
References
Fauziah, A.,Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas Vi SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 47.
Feryantini, N. L., Sanjaya, P., &Dewi, N. P. C. P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. jurnal Mahasiswa Prodi PGSD STAHN Mpu Kuturan Singaraja, 2, 60-67.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2024). Permendikbudristek Nomor 8 tahun 2024 tentang Standar Isi pada Pendidikan anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kharisna, F., Alwi, N. A., Perdana, A. S., & Sya'idah, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Scramble terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Kelas III Pembelajaran Bahasa Indonesia. jurnal Cerdas Proklamator, 9(2), 20-27.
Ningsih, S. S. N., & Imam Machali. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika di SD Negeri Nanggulan Maguwoharjo. Jurnal Pendidikan Madrasah, 7(2), 215-228.
Nugraheni, R., & Rahmi, L. (2023). Research Article Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantu Media Gambar terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Sdn 112 Pekanbaru. Jurnal Indo Green, 1(4), 130–138.
Sardiman. (2018). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. In Sardiman, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulastri, E. (2024). Kajian Peranan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Pendidikan Politik, Hukum dan Kewarganegaraan), 14(1), 1–11.
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.
Susanti, S., Aminah, F., Assa'idah, I. M. W., & Angelika, T. (2024). Dampak Negatif Metode Pengajaran Monoton Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Riset, 2(2), 86-93.
Warsinah, W. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 2 SD Negeri 1 Kualasimpang. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 2(2).
Zainudin, N. A. (2018). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Scramble. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 1(1), 81-90.