PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZWHIZZER BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD INPRES 6/75 TA KABUPATEN BONE

  • Muliadi Universitas Negeri Makassar
  • Abd. Hafid Universitas Negeri Makassar
  • Yusniar Universitas Negeri Makassar
Keywords: Media Pembelajaran QuizWhizzer, Hasil Belajar, IPAS

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran QuizWhizzer dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Inpres 6/75 TA Kabupaten Bone. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 22 siswa dan guru wali kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, mendeskripsikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase aktivitas guru pada siklus I mencapai 86,66% (Baik), sedangkan persentase pada siklus II mencapai 93,33% (Baik). Persentase aktivitas siswa pada siklus I 86,66% (Baik), sedangkan persentase pada siklus II mencapai 93,33% (Baik). Perolehan hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 15 dari 22 siswa tuntas dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 68,18% (Cukup), sedangkan pada siklus II terdapat 18 dari 22 siswa mencapai nilai tuntas dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 81,81% (Baik). Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran QuizWhizzer berbasis teknologi dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Inpres 6/75 TA.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Fatimah, S., Prasetyowati, D., & Sartika, D. (2024). Analisis Keaktifan dan Hasil Belajar IPAS dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Quizwhizzer pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 5(3), 1280–1288.
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Fazriyah, A., Febriyano, A., & Rosyada, A. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran QuizWhizzer dan Kinemaster untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 3339–3345. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.991
Kemendikbud. (2022). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) SD-SMA. Merdeka Mengajar. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/ilmu-pengetahuan-alam-dan-sosial-ipas/
Maharani, I. A. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizwhizzer terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPAS Kelas V SD Negeri 6 Sungai Raya Pembelajaran. 6(1), 1410–1417.
Maliasih, Hartono, & Nurani, P. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 222–226.
Muliadi, Sudirman, & Fuadi, N. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Lumer untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 167 Seberang. Global Journal Basic Education, 3(3), 370-271.
Rahmawati, B. F., Badarudin, B., & Hadi, M. S. (2020). Penggunaan Media Interaktif Power Point dalam Pembelajaran Daring. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan, 4(2), 60–67.
https://doi.org/10.29408/fhs.v4i2.3135
Sembiring, tamaulina B., Irmawati, Sabir, M., & Tjahyadi, I. (2023). Buku Ajar Metodologi Penelitian (Teori dan Praktil). Karawang: CV Saba Jaya Publisher
Published
2025-03-30
How to Cite
Muliadi, Abd. Hafid, & Yusniar. (2025). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZWHIZZER BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD INPRES 6/75 TA KABUPATEN BONE. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(01), 121 - 127. https://doi.org/10.36989/didaktik.v11i01.5715