ANALISIS PENERAPAN METODE DRILL PADA MATERI PERKALIAN DASAR PADA SISWA KELAS IV DI SDN LONTAR BARU

  • Destiyani Safitri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ahmad Syachruroji Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Rokmanah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Metode Drill, Perkalian, Sekolah Dasar

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang membantu manusia memecahkan masalah sehari-hari. Namun kenyataannya, masih minimnya prestasi dan motivasi siswa dalam pelajaran matematika. Hal tersebut juga dialami oleh siswa kelas IV di SDN Lontar Baru. Dimana terdapat banyak siswa di kelas IV yang belum mahir dalam menghitung perkalian. Hanya ada beberapa siswa yang sudah mahir berhitung perkalian 1 sampai 10 tanpa melihat buku perkalian pintar. Hal tersebut juga disebabkan karena beberapa faktor, yaitu : adanya pembelajaran daring selama pandemi, minimnya motivasi siswa dalam belajar perkalian, kurangnya pemahaman siswa dalam menghitung perkalian dan pada saat mengajar, guru lebih menekankan pada penggunaan metode ceramah dan sesekali melakukan tanya jawab. Tujuan dari penelitian ini, yaitu : untuk mengetahui kendala siswa kelas IV SDN Lontar Baru pada materi perkalian dasar, untuk mengetahui keefektifan dari penerapan metode drill pada materi perkalian dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan pada minggu pertama bulan September sampai minggu ketiga bulan Oktober tahun 2022. Hasil kegiatan pengerjaan pre-test dan post-test yang pertama, terjadi peningkatan sebanyak 8 siswa, yang semula hanya 9 siswa yang mahir dalam menghitung perkalian, kemudian bertambah menjadi 17 siswa. Hasil kegiatan pengerjaan pre-test dan post-test yang ke dua juga mengalami peningkatan sebanyak 5 siswa, pada kegiatan sebelumnya terdapat 17 siswa yang mahir dalam menghitung perkalian, kemudian bertambah menjadi 22 siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode drill merupakan metode yang efektif untuk memperkenalkan materi perkalian kepada siswa sekolah dasar.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003 (UU RI Nomor 20 Tahun 2003), Jakarta: Sinar Grafika, 2003, 2
Ruqoyyah, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa MA melalui Contextual Teaching and Learning. P2M STKIP Siliwangi, 5(2), 85–99.
Sondi, D.A., Rizal,M., & Linawati. (2018). Penerapan Metode Drill Dalam Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian dan Pembagian Bentuk Aljabar di Kelas VII A SMP Labschool Untad Palu. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 87.
Juniati, E. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Drill dan Diskusi Kelompok pada Siswa Kelas VI SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 283–291.
Ningsih, S.C. (2017). Belajar Perkalian dengan Jarimatika Bersama Anak-Anak dan Orang Tuanya di RT 05 RW 02 Kelurahan Bener Yogyakarta. Prodi Matematika UPY
Wahyuni, N. (2016). Penggunaan Metode Drill Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding, 2(1), 399-406.
Restu, N. K., Ruqoyyah, S., & Viani, U. (2020). Penerapan Metode Drill dalam Upaya Meningkatkan Hasil belajar Matematika Pada Materi Perkalian Siswa Kelas II SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(5), 593-599.
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal) Yogyakarta : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN ”Veteran” Yogyakarta Press, 19.
Djamarah, S. B. dan Zain, A. (2010) Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta, 95.
Lufri, dkk. (2020). Metodologi Pembelajaran : Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Purwokerto : Penerbit CV IRDH, 60-61.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 186-189.
Haryono, A. D., dkk. (2014). Matematika Dasar untuk PGSD. Malang : Aditya Media Publishing, 4.
Published
2022-12-09
How to Cite
Safitri, D., Syachruroji, A., & Rokmanah, S. (2022). ANALISIS PENERAPAN METODE DRILL PADA MATERI PERKALIAN DASAR PADA SISWA KELAS IV DI SDN LONTAR BARU. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 936 - 945. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.422

Most read articles by the same author(s)