ANALISIS PEMAHAMAN PENJUMLAHAN NILAI UANG DENGAN MODEL KOOPERATIF TALKING STICK PADA SISWA KELAS 2 SDN LONTAR BARU

  • Esra Yohana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ahmad Syachruroji Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Rokmanah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Siswa, model kooperatif talking stick, penjumlahan nilai uang

Abstract

Pembelajaran di kelas pada siswa sekolah dasar memerlukan suasana belajar yang senang dan menarik minat belajar siswa. Sebagai pendidik diharuskan untuk
mengelola kelas dengan kreatif, salah satunya yaitu dapat menggunakan model pembelajaran dan media pembelajaran yang sesuai materi pelajaran agar siswa
aktif di kelas. Pada saat pembelajaran terlihat beberapa siswa kurang memahami materi pelajaran dengan baik. Hal tersebut yang menjadikan Penelitian dillakukan dengan melihat masalah yang terdapat yaitu pemahaman siswa terhadap materi penjumlahan nilai uang pada siswa kelas 2 sekolah dasar. Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap penjumlahan pada nilai uang dan mengetahui perkembangan pemahaman siswa setelah menggunakan model kooperatif talking stick pada materi penjumlahan nilai uang. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif, metode deskriptif. Pengambilan data menggunakan triangulasi teknik yaitu berupa wawancara, observasi. Tempat penelitian yaitu di SDN Lontar Baru di kota Serang. Melalui penelitian yang dilakukan diperoleh hasil mengenai pemahaman siswa pada materi penjumlahan nilai uang dan menggunakan model kooperatif talking stick pada materi penjumlahan nilai uang. Pada pemahaman awal siswa mengenai materi penjumlahan nilai uang, terlihat siswa terkendala dalam memahami cara menghitung uang yang jumlah angka sudah ratusan dan ribuan. Kemudian setelah peneliti melakukan pengajaran dengan memberikan penjelasan dan contoh cara menghitung uang, maka siswa cukup memahami materinya. Kemudian peneliti mengajar dengan bantuan model pembelajaran kooperatif talking stick, maka siswa senang belajar dan memahami materi penjumlahan nilai uang. Terlihat juga dari hasil soal evaluasi mandiri yang dikerjakan oleh siswa. Terdapat 14 siswa mendapat nilai terbaik, dan 6 siswa mendapat nilai cukup.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Amir, A. (2016). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Kooperatif tipe Talking Stick. Logaritma, IV(01), 1–16.
Aris, S. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Bala, F. B., Winarko, W., & Pranyata, Y. I. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick. Seminar Nasional FST, 1(1), 580–588.
Mulyasa. (2017). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Rosdakarya.
Sidik, G. S., Maftuh, A., & Salimi, M. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2179–2190.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyono, & Hariyanto. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wahyudi, & Budiono. (2012). Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Widya Sari Press.
Ziliwu, S. (2022). EJoES. Educational Journal of Elementary School, 3(1), 8–12.
Published
2022-12-09
How to Cite
Yohana, E., Syachruroji, A., & Rokmanah, S. (2022). ANALISIS PEMAHAMAN PENJUMLAHAN NILAI UANG DENGAN MODEL KOOPERATIF TALKING STICK PADA SISWA KELAS 2 SDN LONTAR BARU. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 956 - 966. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.418

Most read articles by the same author(s)