IMPLEMENTASI GURU DALAM MENYUSUN PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI KELAS VI SDN NEGLASARI SERANG

  • Aliyah Marlinata Saputri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Encep Andriana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Rokmanah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Kata Kunci: Guru, Perencanaan Pembelajaran, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran di SDN Neglasari. Penelitian ini merupakan penelitian yang munggunakan metode kualitatif atau studi kasus terhadap wali kelas VI di SDN Neglasari. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah peran guru dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Kendala yang guru hadapi dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan Solusi guru dalam memperbaiki permasalahan penyusunan pembelajaran. Guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran mempunyai beberapa kesulitan salah satunya yakni menyusun komponen indikator pencapaian kompetensi. Selain adanya kesulitan dalam menyusun perencanaan pembelajaran, terdapat beberapa solusi diantaranya yaitu dengan mengikuti berbagai pelatihan dan workshop sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menyusun RPP.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Amirudin, A., & Widiati, U. 2017. Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik untuk Mencapai Pembelajaran Bermakna bagi Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.
Hakim, L., Safruddin, S., & Husniati, H. 2023. Analisis Kesulitan Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar (SD) Yayasan Hadi Sakti. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 142-153.
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. 2020. Analisis pengembangan bahan ajar. Nusantara, 2(2), 180-187.
Nasution, M. K. 2017. Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9-16.
Qasim, M., & Maskiah, M. 2016. Perencanaan pengajaran dalam kegiatan pembelajaan. Jurnal Diskursus Islam, 4(3), 484-492.
Rozaq, M. I., & Kocimaheni, A. A. 2020. Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dengan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Jepang Di Kelas X SMA. Unesa, 21(1), 1-9.
Seprianty, S. 2018. Penggunaan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 06 Karang Tinggi. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 128-134.
Sesrita, A., & Nurahma, S. S. 2023. Kesulitan Guru Kelas Rendah Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(2), 134-142.
Wahyuni, A. P., Purba, A. R. A., & Rangkuti, H. F. 2022. Peran Guru Dalam Merencanakan Dan Melaksanakan Pembelajaran Di MI Yayasan Perguruan Islam Al-Hasanah. Ibtida'iy: Jurnal Prodi PGMI, 7(1), 13-17.
Yuliani, S., Aliyyah, R.R., & Muhdiyati, I. 2022. Peran Guru Sebagai Fasilitator Pembelajaran Daring Pada Pandemi COVID. Khazanah Pendidikan-Jurnal Ilmiah Kependidikan (JIK), 16 (1), 117-123.
Published
2023-12-19
How to Cite
Saputri, A. M., Encep Andriana, & Siti Rokmanah. (2023). IMPLEMENTASI GURU DALAM MENYUSUN PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI KELAS VI SDN NEGLASARI SERANG . Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2194 - 2205. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2150