KESULITAN GURU DALAM MENERAPKAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan guru dalam menerapkan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif terhadap wali kelas II di SDN Batok Bali dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan juga wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru masih mengalami beberapa kesulitan dalam menerapkan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), antara lain yaitu guru kesulitan dalam merancang kegiatan P5, kurangnya fasilitas sarana dan prasana serta alokasi waktu untuk melaksanakan kegiatan P5 di sekolah. Faktor penyebab kesulitan yang dialami oleh guru ini ialah kurangnya pemahaman dan kesiapan guru dalam melaksanakan kegiatan P5, keterbatasan sumber daya, sarana prasarana, dan waktu, serta kurangnya pelatihan yang dapat diikuti oleh guru dalam penerapan dan penyusunan P5. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan ini adalah dengan mengadakan pelatihan terhadap program P5.
Metrics
References
Miharjo, G. (2020). Penerapan Metode Laba Kotor untuk Menyusun Laporan Kinerja pada Pedagang Mikro di Kecamatan Menteng. Skripsi Thesis : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, 6-17.
Nahdiyah, U & dkk. (2022). Pendidikan Profil Pelajar Pancasila Ditinjau dari Konsep Kurikulum Merdeka. Semnas Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila pada PAUD dan Pendidikan Dasar 1 (1), 1-8.
Rizal, M & dkk. (2022). Kompetensi Guru PAUD dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (6), 6924-6939.
Rusnaini, ddk. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional 27 (2), 230-249.
Wilson, S. (2020). Strategi Integrated Marketing Communication (IMC) dalam Mengukuhkan Brand Sweetescape (Studi Kasus pada PT SweetEscape Kenangan Indonesia). Bachelor Thesis : Universitas Multimedia Nusantara, 20-32.
Yansah, O & dkk. (2023). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar : Tantangan dan Peluang. Journal of Information Systems and Management (JISMA) 2 (5), 48-52.