PENINGKATAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPRATIVE, INTEGRATED,READING,AND COMPOSITION) DI KELAS II SEKOLAH DASAR

  • Aryanti Fazriah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Encep Andriana Pendidikan Guru Sekalah Dasar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Rokmanah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Keterampilan Membaca, Keterampilan Menulis, CIRC, Siswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca dan keterampilan
menulis siswa, dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif, peneliti
menentukan sasaran respondenya ialah guru dan siswa, adapun teknik pengumpulan data yang
digunakan oleh peneliti ialah menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi.
Hasilnya, masih banyak siswa yang belum dapat memahami isi bacaan dan kurangnya keterampilan
menulis saat guru mendikte suatu barisan kata untuk menuliskannya kembali di masing-masing
buku tulisnya. Peneliti memberikan solusi dengan cara memberikan model pembelajaran CIRC
serta menggunakan media pembelajaran Pohon Ajaib sebagai alternatif dan penunjang untuk
keefektifan siswa dalam kegiatan pembelajaran siswa berlangsung.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ratnasari, D. Adiwijaya, N,S. 2023.
Peningkatan Keterampilan
Menulis Siswa Kelas II Sekolah
Dasar Melalui Model
Pembelajaran Cooprative
Integrated Reading And
Composition. Journal of
Integrated Elementary
Education.
Kusno. Dkk. 2020. Analisis Kesulitan
Membaca Permulaan Pada Siswa
Sekolah Dasar.

Magdalena, Ina, Dkk. 2021 Analisis
Pentingnya Keterampilan
Berbahasa Pada Siswa.
Niliawati, liani. Dkk. 2018. Penerapan
Metode CIRC (Cooperative,
Integrated, Reading, and
Composition) Untuk
Meningkatkan Kemampuan
Membaca Pemahaman Siswa.
Widiyantara, Dkk. 2020, Pembelajaran
Media YouTube Sebelum Dan
Saat Pandemi COVID-19 Dalam
Pembelajaran Keterampilan
Berbahasa Peserta Didik.
Yanti, nafri. Dkk. 2018. Penguasaan
Materi Pembelajaran
Keterampilan Berbahasa
Indonesia.
Menggunakan Metode Pembelajaran
E-Learning. Business
Management Journal, 10(1).
Published
2023-12-23
How to Cite
Aryanti Fazriah, Encep Andriana, & Siti Rokmanah. (2023). PENINGKATAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPRATIVE, INTEGRATED,READING,AND COMPOSITION) DI KELAS II SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2428 - 2433. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2240