EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN E-BOOK EKOSISTEM TERHADAP KEMAMPUAN ECOLITERACY DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan dari pembelajaran dengan model project-based learning (PjBL) berbantuan e-book ekosistem terhadap kemampuan ecoliteracy dan kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar pada mata pelajaran IPA materi ekosistem. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas lima SD Negeri Tanjungsari dan siswa kelas lima SD Negeri Salit. Penelitian ini menggunakan metode total sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas lima SD Negeri Tanjungsari sebagai kelas eksperimen dan kelas lima SD Negeri Salit sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri dari lembar tes evaluasi hasil belajar, lembar angket kemampuan ecoliteracy, dan lembar observasi kemampuan pemecahan masalah. Analisis data menggunakan: (1) uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas, (2) uji hipotesis yang terdiri dari uji statistik one sample t-test, uji statistik multivariate analisis varian (Manova), dan uji statistik independent t-test. Pada uji statistik one sample t-test diperoleh signifikansi dari nilai postest kedua kelas sampel adalah 0,001 < 0,05, berarti terdapat perbedaan ketuntasan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Pada uji Manova nilai F = 20,832 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh signifikan terhadap kemampuan ecoliteracy dan kemampuan pemecahan masalah. Pada uji independent t-test diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka terdapat perbedaan prestasi belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran project-based learning berbantuan e-book ekosistem efektif terhadap kemampuan ecoliteracy dan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Kata Kunci: ecoliteracy, Pemecahan Masalah, PjBL
Metrics
References
Azwar, S. (2011). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar.
International Association for the Evaluation of Educational Achievement, I. (2015). TIMSS 2015 Assessment Frameworks. TIMSS & PIRLS International Study Center.
Kusnia, Y., & others. (2018). Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dan Preview Question Read Reflect Recite Review dengan Pendekatan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Kelas VIII Materi Relasi dan Fungsi. Universitas Muhammadiyah Semarang.
Muyasaroh, S. (2019). Pengelolaan Kelas dalam Melaksanakan Pembelajaran Aktif. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 4.
Nata, A. (2011). Prespektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Kencana.
Priyatno, D. (2010). 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 19. Andi.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21 dalam Pembelajaran Kimia.
Rusmawan. (2017). Ecoliteracy dalam Konteks Pendidikan IPS. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4(2).
Setya Yasida, K. (2020). Eco-Pedagogy Eco-Pedagogi (Vol. 23, Issue 1).
Yonanda, D. A., Supriatna, N., Hakam, K. A., & Sopandi, W. (2022). Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Indramayu Untuk Menumbuhkan Ecoliteracy Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1).
Yunansah, H., & Herlambang, Y. T. (2017). Pendidikan Berbasis Ekopedagogik Dalam Menumbuhkan Kesadaran Ekologis dan Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. In Januari (Vol. 9, Issue 1). Agustin, M, & Syaodih. (2008).Bimbingan konseling untuk anak usia dini. Jakarta: Universitas Terbuka.