PENGEMBANGAN ELECTRONIC BOOK BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
ABSTRAK
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong pendidikan pada siswa untuk peduli dan tanggap terhadap isu-isu yang berkembang dalam masyarakat untuk, memiliki pengetahuan dan pemahaman yang mendalam untuk diaplikasikan dalam pemecahan masalah melalui literasi sains. Sementara kemampuan literasi sains yang dimiliki siswa masih rendah. Sehingga pemanfaatan teknologi pada bahan ajar yang berupa e-book pembelajaran IPA dengan pengintegrasian pendekatan STEM mampu menjadi solusi untuk melatih kemampuan literasi sains siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui validitas hasil pengembangan e-book berbasis STEM, 2) untuk mengetahui kepraktisan penggunaan e-book berbasis STEM, 3) untuk mengetahui efektifitas e-book berbasis STEM dalam meningkatkan literasi membaca siswa. Jenis penelitian yang gunakan yaitu penelitian pengembangan (development research) dengan menggunakan rancangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Lebo 01 sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara, kuesioner, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif melalui uji persyaratan dan uji hipotesis menggunakan Uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-book pembelajaran IPA berbasis STEM dinyatakan valid oleh ahli media dengan kriteria sangat baik (94%) dan ahli materi pelajaran dengan kriteria sangat baik (86%). Kepraktisan e-book pembelajaran IPA berbasis STEM diperoleh dari skor rata-rata respon guru sebesar 42 dengan kategori sangat tinggi dan skor rata -rata dari respon siswa sebesar 42,8 dengan kategori sangat tinggi. Hasil uji efektivitas menunjukkan nilai rata-rata pretest 67,83 < hasil rata-rata posttest 86,27 dan dapat dikatakan bahwa e-book berbasis STEM pada pembelajaran IPA efektif meningkatkan literasi sains siswa.
Kata Kunci: Electronic Book, STEM, Literasi Sains
Metrics
References
Adha, P. (2021). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran STEM Berbantu Model Pembelajaran Creative Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Repository UIN Raden Intan Lampung. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwieiO3alqn8AhXO8zgGHb_IAsYQFnoECA8QAQ&url=http%3A%2F%2Frepository.radenintan.ac.id%2F17536%2F&usg=AOvVaw35tklF5W8TaNIqR5r9e_dx
Adnyana, K. S., & Yudaparmita, G. N. A. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61. https://doi.org/10.55115/edukasi.v4i1.3023
Agustin, E. (2023). PEMBELAJARAN PAI DENGAN BLENDED LEARNING DALAM PANDANGAN WALI PESERTA DIDIK DI SDN MOJOLANGU 1 KOTA MALANG. April.
Alam, M. I., & Febriati, F. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK PEMBUATAN MINYAK MANDAR PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI SMK. 3(2).
Adha, P. (2021). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran STEM Berbantu Model Pembelajaran Creative Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Repository UIN Raden Intan Lampung. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwieiO3alqn8AhXO8zgGHb_IAsYQFnoECA8QAQ&url=http%3A%2F%2Frepository.radenintan.ac.id%2F17536%2F&usg=AOvVaw35tklF5W8TaNIqR5r9e_dx
Adnyana, K. S., & Yudaparmita, G. N. A. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61. https://doi.org/10.55115/edukasi.v4i1.3023
Agustin, E. (2023). PEMBELAJARAN PAI DENGAN BLENDED LEARNING DALAM PANDANGAN WALI PESERTA DIDIK DI SDN MOJOLANGU 1 KOTA MALANG. April.
Alam, M. I., & Febriati, F. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK PEMBUATAN MINYAK MANDAR PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI SMK. 3(2).
Andaresta, N., & Rachmadiarti, F. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis STEM Pada Materi Ekosistem untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 635–646. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p635-646
Anggraini, N., Nazip, K., Amizera, S., & Destiansari, E. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis STEM Menggunakan Bahan Ajar Realitas Lokal terhadap Literasi Lingkungan Mahasiswa. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 5(1), 121–129. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v5i1.3589
Arief Yanto Rukmana, Rony Sandra Yofa Zebua, Sepriano, Didik Aryanto, Indah Nur’Aini, Welly Ardiansyah, Iwan Adhicandra, Hartatik, Z. S. (2023). DUNIA MULTIMEDIA : Pengenalan dan Penerapannya - Google Books (Issue June). https://www.google.co.id/books/edition/DUNIA_MULTIMEDIA_Pengenalan_dan_Penerapa/rOXAEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=dunia+game+untuk+anak+usia+dini&pg=PA86&printsec=frontcover
Arviani Sari, Ngatmini Ngatmini, J. S. (2023). Pengembangan Papan Make and Match sebagai Media Penguasaan. 17(1), 124–131.
Asi, N., & Fauzi, I. (2023). Pengembangan E-Book Bergambar Ceritarakyat Teks Naratif Berbasis Kearifan Lokal. 12(1), 61–81. https://doi.org/10.31571/bahasa.v12i1.5487
Astuti, M. A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Memberdayakan Literasi Sains. http://repository.radenintan.ac.id/6050/1/SKRIPSI_FULL.pdf
Atika Putri. (2023). PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS STEM MODEL MULTI REPRESENTASI PADA MATERI SISTEM PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN DAN HEWAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK SMP. Aleph, 87(1,2), 149–200. https://repositorio.ufsc.br/xmlui/bitstream/handle/123456789/167638/341506.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://repositorio.ufsm.br/bitstream/handle/1/8314/LOEBLEIN%2C LUCINEIA CARLA.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://antigo.mdr.gov.br/saneamento/proees
Azzahra, D. B., Studi, P., Kimia, P., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., & Syarif, N. (2023). PENGEMBANGAN BOT TELEGRAM BERBASIS SCIENCE , TECHNOLOGY , ENGINEERING , DAN MATHEMATICS PADA.
Bawa Saputra, I. G. N. W. (2023). Peran Guru Sebagai Pemimpin Dengan Menggunakan E-Learning Untuk Melahirkan Generasi Digital. Lampuhyang, 14(2), 121–135. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v14i2.340
Budiarti, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran … Pengembangan Media Pembelajaran …. AL-Ahya, 01(01), 219–232.
Cahya, T. R. T. W., Prasasti, P. A. T., & Kusumawati, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis STEM dalam Peningkatan Kemampuan Literasi Sains di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3469–3474. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.870
Cahyati, F. A. (2023). PENGEMBANGAN E-BOOK CERITA BERGAMBAR PROSES TERJADINYA HUJAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR Febi Ayu Cahyati Maryam Isnaini Damayanti , S . Pd ., M . Pd Abstrak. 2017, 1855–1865.
Candramila, W., Yeni, L. F., Studi, P., Biologi, P., Laut, B., Tenggara, K. P., & Barat, K. (2022). Bioedusiana. 7(1), 144–158.
Delli, C. (2023). Evaluasi Koleksi Dengan Menggunakan Standar Nasional Perpustakaan Pada Perpustakaan Daerah Kepahiang.
Dzulhidayat. (2022). PENGEMBANGAN e-MODUL INTERAKTIF BERBASIS MICROSOFT SWAY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KEBENCANAAN SISWA SMP. 8.5.2017, 2003–2005.
Eni. (2023a). PENGARUH PENDEKATAN STEM BERBANTU POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN KAWASAN HUTAN LINDUNG BATUTEGI. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Mi, 5–24.
Eni. (2023b). PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI STOIKIOMETR. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Mi, 5–24.
Fathanudien, A., & Maharani, V. (2023). Perlindungan Hukum Hak Cipta terhadap Buku Elektronik (E-Book) di Era Globalisasi. Jurnal Penelitian Universitas Kuningan, 14(1), 52–63.
Febriana,Ayu;Ngatmini;Nugroho, A. A. (2016). Pengembangan Digital Book Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik. 08, 416.
Fitriani, N. N., & Fitrihidajati, H. (2022). Pengembangan E-Booklet Sub Materi Daur Ulang Limbah Untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik Kelas X SMA. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 12(2).
Hamidah, F. S., & Ardiansyah, A. S. (2023). Telaah Bahan Ajar Berbasis Challenge Based Learning Bernuansa STEM terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 52–59.
Hanifah, M. (2021). Pengembangan Electronic Book Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Materi Gelombang Bunyi SMA Kelas XI. 231. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/54869
Harissuddin, M. (2022). Metaanalisis : Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Literasi Sains.
Haza Kurnia Dinantika. (2021). PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROYEK TERINTEGRASI STEM UNTUK MENGAKOMODASI GAYA BELAJAR SERTA MELATIHKAN PENALARAN ILMIAH DAN PERFORMANCE ARGUMENTASI (Vol. 3, Issue 2).
Hidayanti, U., Rosilawati, I., & Suyono. (2018). Pengembangan E-book Interaktif Berbasis Representasi Kimia pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 7(1), 1–12.
Imam, S. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA TAMANSISWA TELUK BETUNG. Aleph, 87(1,2), 149–200. https://repositorio.ufsc.br/xmlui/bitstream/handle/123456789/167638/341506.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://repositorio.ufsm.br/bitstream/handle/1/8314/LOEBLEIN%2C LUCINEIA CARLA.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://antigo.mdr.gov.br/saneamento/proees
Iman, B. N. (2022). Budaya literasi dalam dunia pendidikan. Conference of Elementary Studies, 23–41. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/14908
Informatika, S. (2023). LABORATORIUM MULTIMEDIA DI SMK MUHAMMADIYAH. 13(1), 54–68.
Isyanti, D., Winata, W., & Suryadi, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Pengenalan Lingkungan Budaya Jakarta Dengan Tema Permainan Tradisional Betawi. Jurnal Instruksional, 3(2), 131–141.
Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Ramdani, A., & Azizah, A. (2019). Profil Literasi Sains Dan Keterampilan Berpikir Kritis Pendidik Ipa Smp. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.185
Kaniyah, Y., Purnamasari, I., & Siswanto, J. (2022). Pengembangan E-Modul Pembelajaran IPA berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(2), 2774–2156.
Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p1--13
Kurnia, D., Lidia Aprilia, R. A., Farozi, M., Studi, P., Informasi, S., Komputer, I., Teknologi, I., Sains, D., Sriwijaya, N. U., & Selatan, S. (2023). Perencanaan Green Computing Melalui Digitalisasi Dokumen Akademik Pada Its Nus Sumatera Selatan. 596–603.
Levianti, S., Biologi, P., & Muhammadiyah, U. (2023). SISWA PADA MATERI VIRUS PANDEMI COVID-19 DI SMAN 3. 10(1), 18–26.
Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Maulida, K., Hidayah, N. U. R., Studi, P., Biologi, P., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., & Syarif, N. (2019). Pengembangan Media Komik Digital Menggunakan Pixton Disertai Quiz ( KAHOOT ) Pada Konsep Sistem Gerak.
Metros, P. (2022). Literasi Dalam Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Muhammadiyah Toyareka Purbalingga. Mi. http://repository.uinsaizu.ac.id/13661/%0Ahttp://repository.uinsaizu.ac.id/13661/1/Metros Prihatin_Literasi dalam Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah %28MI%29 Muhammadiyah Toyareka Purbalingga.pdf
Miftahuzzakiyah. (2018). Pengaruh pendekatan pembelajaran science, technology, engineering, mathematics (stem) terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada konsep jamur.
Mohammed, M. A. E., & Rahman, S. A. A. (2015). The effect of interactive E-Book on students’ achievement at Najran University in computer in education course. Journal of Education and Practice, 6(19), 71–83.
Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., غسان, د., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2016). KETERAMPILAN MENGAJAR GURU ABAD 21. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 6, Issue August).
Nabillah, S. F. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Beorientasi Brain Based Learning. Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61698%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/61698/1/11160170000037_Salma Farah Nabillah %28watermark%29.pdf
Nadilla, D. L. (2023). PENGEMBANGAN E-BOOK BERBENTUK EDUCATION GAMES BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN BAGI SISWA KELAS 1 MI/SD. 8.5.2017, 2003–2005.
Nahriyah, A. S., & Rachmadiarti, F. (2023). PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA Development of PBL Based E-Books in Environmental Change Topic to Train Critical Thinking Skills of 10th Grad. 12(2), 321–342.
Nihaya, A. F. (2022). ANALISIS BAHAN AJAR IPA PADA TOPIK KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA KELAS VII SMP / MTs KURIKULUM 2013 DARI ASPEK KOMPONEN SCIENCE , TECHNOLOGY , ENGINEERING AND MATHEMATICS ( STEM ) Diajukan kepada Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jemb.
Nurrahamah, N. A., & Sukarmin. (2023). Pengembangan E-flipbook Interaktif dengan Strategi Conceptual Change sebagai Media Reduksi Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi. PENDIPA Journal of Science Education, 7(2), 185–194.
Ogara, D. O. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar. 06(01), 5625–5643.
Permatia, I. A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Powerpoint Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas Iii Min 12 Bandar. In Uin Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/24970/%0Ahttp://repository.radenintan.ac.id/24970/1/PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf
Pertiwi, G. R., & Jailani, M. S. (2023). Jenis Jenis Penelitian Ilmiah Kependidikan. 1, 41–52.
Pratiwi, R. S., & Rachmadiarti, F. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (Stem) Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 165–178. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p165-178
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9, 34–42.
Prayogo, A. H. (2023). PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK RADEN INTAN LAMPUNG 1444 H / 2023 M i PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK 1444 H / 2023 M ii.
Qur’aini, A. (2023). (1967). ANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS EKSPLANASI DEMONSTRASI MASSA DALAM MEDIA MASSA TIRTO.ID SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS XI (Penelitian Deskriptif Terhadap Struktur dan Kebahasaan Teks Eksplanasi Demonstrasi Massa dala. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Mi, 5–24.
Rachmadiarti, F. (2021). The Development of E-book Based on STEM Material Bacteria to Train Science Literation Abilities Evi Putri Ma ’ rifatus Salafiyah. BIOEDU Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(3), 683–693.
Rahadiputra, R. (2023). PENGGUNAAN BAHAN AJAR GEOGRAFI BERBASIS E-BOOK DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA (Studi di Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tasikmalaya Pada Sub Materi Potensi dan Sebaran Sumberdaya Alam). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Mi, 5–24.
Rahayu, F. (2023). Pengembangan bahan ajar akidah akhlak berbasis mind mapping berbantu aplikasi desain canva untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Rahayu, S. (2017). Mengoptimalkan Aspek Literasi Pembelajaran Kimia Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY, 21(February), 1–4.
Rahman, A. F. (2021). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengembangan Desa Wisata. Media Wisata, 6(1), 35–46. https://doi.org/10.36276/mws.v6i1.125
Restiani, R., Tisnasari, S., & Hilaliyah, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-book Berbasis Multimedia untuk Melatih Kemampuan Membaca Pada Peserta Didik Kelas IV di Sekolah Dasar. Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 274–288.
Reza, V., Snapp, P., Dalam, E., Di, I. M. A., Socialization, A., Cadger, O. F., To, M., Cadger, S., Programpadang, R., Hukum, F., Hatta, U. B. U. B., Sipil, F. T., Hatta, U. B. U. B., Danilo Gomes de Arruda, Bustamam, N., Suryani, S., Nasution, M. S., Prayitno, B., Rois, I., … Rezekiana, L. (2020). PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF PRODUKTIF KREATIF KEWIRAUSAHAAN BERBASIS LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 KALIGONDANG PURBALINGGA.pdf. Bussiness Law Binus, 7(2), 33–48. http://repository.radenintan.ac.id/11375/1/PERPUS PUSAT.pdf%0Ahttp://business-law.binus.ac.id/2015/10/08/pariwisata-syariah/%0Ahttps://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results%0Ahttps://journal.uir.ac.id/index.php/kiat/article/view/8839
Rina, A. (2021). Skripsi Kementerian Agama Republik Indonesia Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Darussalam - Banda Aceh 2021 M / 1442 H.
Rini Wahyuni. (2019). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS SCIENCE TECHOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATIC (STEM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK. In Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi (Vol. 2, Issue 1). http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-84865607390&partnerID=tZOtx3y1%0Ahttp://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2LIMMD9FVXkC&oi=fnd&pg=PR5&dq=Principles+of+Digital+Image+Processing+fundamental+techniques&ots=HjrHeuS_
Riza, V. A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Materi Teks Puisi Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pembelajaran Siswa Kelas X Sma Pab 8 Saentis. lim(20), 51.
Saidah, E. N. (2023). PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI SAINS BERBASIS ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP/MTs SKRIPSI.
Sakti, I., Nirwana, N., & Defianti, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Stem Pada Mata Kuliah Kajian Ipa-1 Materi Suhu Dan Kalor Untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa. Jurnal Kumparan Fisika, 5(2), 131–140. https://doi.org/10.33369/jkf.5.2.131-140
Sari, L. (2023). Analisis Unsur STEAM dan Literasi Sains dalam Buku Tematik Siswa Kelas IV pada Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Muatan Pelajaran IPA SD. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 6(1), 60–67.
Sasmita, D. H., Utami, W. S., & Budiyanto, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Pembelajaran Geografi SMA KELAS X DI SURABAYA. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 4(2), 621–631.
Savila, D. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran STEM Berbantuan Flipbook Maker Terhadap Literasi Sains dan Minat Belajar Siswa Kelas XI SMA. 2–5.
Schwarz, P., Body, J. J., Cáp, J., Hofbauer, L. C., Farouk, M., Gessl, A., Kuhn, J. M., Marcocci, C., Mattin, C., Muñoz Torres, M., Payer, J., Van De Ven, A., Yavropoulou, M., Selby, P., & فاطمی, ح. (2014). PENGARUH BAHAN AJAR BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN V-LAB PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN MOTIVASI SISWA. European Journal of Endocrinology, 171(6), 727–735. https://eje.bioscientifica.com/view/journals/eje/171/6/727.xml
Setyawan, A., & Faqih, F. I. (2023). Pengembangan e-book interaktif materi kesastraan berkearifan lokal pulau mandangin berbasis aplikasi Flip PDF Professional. Didaktis : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 23(1), 114–127.
Sheila Maria Belgis Putri Affiza. (2022a). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERINTEGRASI TEKNOLOGI PADA MUATAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. 8.5.2017, 2003–2005.
Sheila Maria Belgis Putri Affiza. (2022b). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN ALAT PERAGA AUDIO VISUAL TERHADAP LITERASI SAINS KELAS IV SEKOLAH DASAR. 8.5.2017, 2003–2005.
Sheila Maria Belgis Putri Affiza. (2022c). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD/MI. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005.
Siti Anisatun. (2014). PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERBASIS KOOPERATIF TIPE STAD MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 054883 NAMO MBELIN KECAMATAN KUALA KABUPATEN LANGKAT TAHUN AJARAN 2022/2023. Convention Center Di Kota Tegal, 9.
Siti Muyaroah, & Mega Fajartia. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Cs 6 Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 8(1), 27–38. https://doi.org/10.35438/e.v8i1.221
Sitohang, R. (2014). Mengembangkan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di SD. Jurnal Kewarganegaraan, 23(2), 13–24.
Studi, P., Biologi, T., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., & Syarif, N. (2023). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS STEAM ( Science , Technology , Engineering , Art , and Mathematics ) pada KONSEP SISTEM GERAK MAKHLUK HIDUP di SMP / MTs.
Suparya, I. K., I Wayan Suastra, & Putu Arnyana, I. B. (2022). Rendahnya Literasi Sains: Faktor Penyebab Dan Alternatif Solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 153–166. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.580
Supriadi, Y., Sulaiman, S., & Sumini, S. (2023). Pengaruh Persepsi Siswa, Minat Belajar dan Lingkungan Belajar di Sekolah terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Sosial Sains, 3(4), 357–374. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i4.724
Susanti, M. (2023). PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS SSI TERINTEGRASI STEAM SESUAI TAKSONOMI BLOOM REVISI PADA MATERI ELEKTROKIMIA. Aleph, 87(1,2), 149–200. https://repositorio.ufsc.br/xmlui/bitstream/handle/123456789/167638/341506.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://repositorio.ufsm.br/bitstream/handle/1/8314/LOEBLEIN%2C LUCINEIA CARLA.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://antigo.mdr.gov.br/saneamento/proees
Suyitno, M., Sari, F., Mesra, R., Nugroho, R. S., Vita, D., Soehardi, L., Rahayu, I., & Arribathi, A. H. (n.d.). ISU-ISU KONTEMPORER.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018a). 7PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASISNILAI KARAKTER MANDIRI MATERI PENGUKURAN SUDUT PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018b). PENGARUH METODE EKSPERIMEN BERBANTUAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MIS AL HIKMAH KEDATON BANDAR LAMPUNG. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018c). PENGARUH MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA KELAS IV SD/MI. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018d). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA PUISI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 068008 KECAMATAN MEDAN TUNTUNGAN TAHUN PELAJARAN 20222023. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Widayoko, A., Latifah, E., & Yuliati, L. (2018). Peningkatan kompetensi literasi saintifik siswa SMA dengan bahan ajar terintegrasi STEM pada materi impuls dan momentum. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(11), 1463–1467.
Wijayanto, A., Siahaan, J., Tantri, A., Juditya, S., Bangun, S. Y., Ardha, M. A. Al, Kodrat, H., Dewi, R., Miskalena, Rozy, F., Akhmad, I., Fitriady, G., Widyaningsih, H., Ningsih, Y. F., Sinulingga, A., Kamal, M., Zainuddin, M. S., Nurkadri, Sucipto, A., … Artanty, A. (2022). Teknologi Metaverse dalam Ilmu Keolahragaan.
Yolla Riski Utami. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS FLIPBOOK DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Aleph, 87(1,2), 149–200. https://repositorio.ufsc.br/xmlui/bitstream/handle/123456789/167638/341506.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://repositorio.ufsm.br/bitstream/handle/1/8314/LOEBLEIN%2C LUCINEIA CARLA.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://antigo.mdr.gov.br/saneamento/proees