KONSTRUKSI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS ISLAM DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY: KAJIAN HERMENEUTIKA

  • Gusni Gusni Universitas Islam As'adiyah Sengkang
  • Muhsyanur Universitas Islam As'adiyah Sengkang
  • Nurul Hudayanti Mahas Universitas Islam As'adiyah Sengkang
Keywords: pendidikan karakter, hermeneutika, sastra Islam, Habiburrahman El Shirazy

Abstract

Penelitian ini mengkaji konstruksi pendidikan karakter berbasis Islam dalam novel "Ayat-Ayat Cinta" karya Habiburrahman El Shirazy melalui pendekatan hermeneutika. Novel sebagai produk budaya memiliki potensi sebagai media pendidikan karakter yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis konten dan pendekatan hermeneutika Gadamer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel "Ayat-Ayat Cinta" terdapat empat dimensi utama konstruksi pendidikan karakter berbasis Islam: (1) nilai-nilai tauhid yang terintegrasi dalam perilaku tokoh, (2) representasi akhlak mulia dalam interaksi sosial, (3) nilai-nilai moderasi beragama (wasathiyah) dalam konteks multikultural, dan (4) konsep cinta yang dilandasi spiritualitas Islam. Konstruksi karakter dalam novel menampilkan dialektika antara teks Al-Qur'an dan Hadits dengan realitas sosial kontemporer, membentuk model pendidikan karakter yang komprehensif. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan pendekatan alternatif dalam pendidikan karakter melalui karya sastra yang memuat nilai-nilai keislaman.

References

Al-Attas, S. M. N. (2011). The concept of education in Islam. International Institute of Islamic Thought and Civilization.
Al-Ghazali, I. (2014). Ihya ulumuddin. Dar al-Kutub al-Ilmiyah.
Al-Qaradhawi, Y. (2018). Fiqh al-wasathiyah al-Islamiyah wa al-tajdid. Dar al-Syuruq.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Damono, S. D. (2019). Sosiologi sastra: Pengantar ringkas. Editum.
El Shirazy, H. (2004). Ayat-ayat cinta. Republika.
Farid, A. (2016). Tazkiyatun nafs: Penyucian jiwa dalam Islam. Ummul Qura.
Firmansyah, D. (2020). Representasi feminisme Islam dalam novel Ayat-Ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra, 6(1), 42-57.
Gadamer, H. G. (2013). Truth and method (J. Weinsheimer & D. G. Marshall, Trans.). Bloomsbury Academic.
Hasan, M. T. (2017). Islam dalam perspektif sosio-kultural. Lantabora Press.
Herfanda, A. Y. (2008). Sastra sebagai agen perubahan budaya. Seminar Sastra Nasional, Universitas Negeri Yogyakarta, 28-30.
Kamali, M. H. (2015). The middle path of moderation in Islam: The Qur'anic principle of wasatiyyah. Oxford University Press.
Krippendorff, K. (2018). Content analysis: An introduction to its methodology (4th ed.). SAGE Publications.
Lickona, T. (2013). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.
Muhsyanur, M. 2021. “Ekspresi Idealis Pemeran Utama Dalam Novel Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur Karya Muhidin M. Dahlan.” Jurnal Ilmiah Bina Bahasa 14(01):22–33.
Muhsyanur,. 2019. “Analysis of Postmodernism in Orang-Orang Bloomington Novel by Budi Darma.” Magistra Andalusia: Jurnal Ilmu Sastra. doi: 10.25077/majis.1.2.13.2019.
Muhsyanur, Muhsyanur, Sri Suharti, and Setya Yuwana Sudikan. 2022. “Physical Representation of Female Character in Children’s Novels by Children.” Diksi 30(1):66–73. doi: 10.21831/diksi.v30i1.45663.
Nurgiyantoro, B. (2018). Teori pengkajian fiksi. Gadjah Mada University Press.
Palmer, R. E. (2016). Hermeneutics: Interpretation theory in Schleiermacher, Dilthey, Heidegger, and Gadamer. Northwestern University Press.
Quraish Shihab, M. (2016). Tafsir al-Mishbah: Pesan, kesan, dan keserasian al-Qur'an. Lentera Hati.
Siswantoro. (2016). Metode penelitian sastra: Analisis struktur puisi. Pustaka Pelajar.
Suwito. (2015). Filsafat pendidikan akhlak Ibn Miskawaih. Belukar.
Syaikh Nadwi, A. H. A. (2010). Pendidikan Islam yang mandiri. Pustaka Firdaus.
Wulandari, R. (2018). Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Ayat-Ayat Cinta: Analisis semiotika. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 133-152.
Published
2025-05-08