UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS IV MATERI GAYA DENGAN RANCANGAN UNDERSTANDING BY DESIGN (UbD) MELALUI PENERAPAN MODEL RADEC
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model RADEC terhadap peningkatan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif pre-eksprimen dengan desain one-grup pretest-posttest dalam rancangan Understanding by Design (UbD). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV di SDN 037 Sabang yang berjumlah 28 orang, yaitu 15 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik sampel menggunakan simple random sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen tes soal kemampuan pemahaman pretest-posttest dan lembar observasi. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest siklus 1 dan 2 sebesar 38, posttest siklus 1 sebesar 72 dan siklus 2 sebesar 81. Pengolahan data dianalisis menggunakan Ms. Excel dengan uji Paired Sample t-test pada α (0,05) dan diperoleh nilai t hitung (11,77) < t tabel (2,059) pada siklus 1 dan t hitung (15,61) < t tabel (2,059) pada siklus 2. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pretets dan posttest. Nilai N-gain yang diperoleh sebesar 0.5356 pada siklus ke-1 dan 0.6802 pada siklus ke-2 dengan kategori sedang. Hasil lembar observasi pemahaman peserta didik pada siklus 1 dan 2 diperoleh persentase peningkatan kemampuan pemahaman dengan indikator menjelaskan 17,78%, aplikasi 11,57%, perspektif 16,21%, berempati 12,96%, dan mencipta 18,21%. Hal tersebut menunjukan adanya peningkatan pemahaman peserta didik dengan menggunakan model RADEC.
Metrics
References
McTighe, J., & Wiggins, G. (2005). Understanding by Design - Expanded 2nd ed. USA: ASCD.
Purwanto. (2008). Evaluasi Hasil Belajar. Bandung: Pustaka Pelajar
Sopandi, W. (2017). The quality improvement of learning processes and achievements through the read-answer-discuss-explain-and create learning model implementation. Proceeding 8th Pedagogy International Seminar 2017: Enhancement of Pedagogy in Cultural Diversity Toward Excellence in Education, 8(229), 132–139.
Sopandi, W. (2019). Sosialisasi dan Workshop Implementasi Model Pembelajaran RADEC Bagi Guru-Guru Pendidikan Dasar dan Menengah [Dissemination and Implementation Workshop of RADEC Learning Models for Primary and Secondary Education Teachers]. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(1), 19.
Sopandi, dkk. (2019). Sosialisasi dan Workshop Implementasi Model Pembelajaran RADEC Bagi Guru-Guru PendidikanDasar dan Menengah [Dissemination and Implementation Workshop of RADEC Learning Models for Primary and Secondary Education Teachers]. Jurnal Pendidikan. Vol. 8 (1). 21-22.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyono dan Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.