PENINGKATAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

  • Ratih Shintia Devi UPI
  • Effy Mulyasari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Gunawan Anggia R SDN 037 Sabang Kota Bandung
Keywords: Keterampilan Kolaborasi, Group Investigation, Pembelajaran Berdiferensiasi

Abstract

Keterampilan kolaborasi merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap orang pada abad 21 saat ini menurut Partnership for 21st Century Skills, termasuk para peserta didik di kelas. Namun dampak yang ditimbulkan setelah pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19, peserta didik menunjukkan keterampilan kolaborasi yang kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan keterampilan kolaborasi peserta didik menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation berbasis pembelajaran berdiferensiasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan obsrvasi. Tahapan penelitian terdiri dari 4 tahap, yakni perencanaan-pelaksanaan dan pengamatan-refleksi, di mana dalam perencanaan pembelajaran menggunakan rancangan Design by Understanding (UbD). Hasil penelitian ini didapatkan peningkatan keterampilan kolaborasi peserta didik antara pembelajaran siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus 1 memperoleh persentase 80,6% kemudian meningkat sebanyak 15% menjadi 95,6% pada siklus 2, sehingga model kooperatif tipe Group Investigation berbasis pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach. New York: McGraw-Hill.
Asrori & Rusman. (2020). Classroom Action Research: Pengembangan Kompetensi Guru. Banyumas: Pena Persada.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan. 35 (2), 175-182.
Kemendikbud (2017). Modul Penyusunan Karya Tulis Ilmiah (Penelitian Tindakan Kelas). Depok: Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kemendikbud.
Lelasari, M., Setyosari, P., & Ulfa, S. (2017). Pemanfaatan Social Learning Network Dalam Mendukung Keterampilan Kolaborasi Siswa. In Prosiding Tep & Pds Transformasi Pendidikan Abad 21. 3 (2), 167–172.
Lai, E. R. (2011). Collaboration: A Literature Review. United States: Pearson Assessments.
McTighe, J. & Wiggins, G. (2014) Improve Curriculum, Assessment, and Instruction Using the Understanding by Design Framework. Virginia: ASCD.
P21. (2007). Framework for 21st Century Learning. Washington DC: Ohio Department of Education.
Purwanto. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaliasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdaya.
Suyanto & Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Esensi (Erlangga group).
Tomlinson, C. A. (2014). Differentiated instruction: A guide for middle and high school teachers. Virginia: ASCD.
Vermana, D.Y. & Sylvia, I. (2019) Penerapan Model Group Investigation dalam Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa Kelas XI IPS di SMAN 6 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran. 1 (1), 60-68.
Published
2023-04-10
How to Cite
Devi, R. S., Mulyasari, E., & Anggia R, G. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 517 - 526. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.669