PENGARUH PENGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL ANIMASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDI PATAUNG KABUPATEN GOWA
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh penggunaan media
audio visual animasi terhadap minat belajar IPA di SDI Pataung Kabupaten Gowa.
Penelitian iini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan
media audio visual animasi terhadap minat belajar IPA di SDI Pataung Kabupaten
Gowa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pre-eksperimen.
Desain penelitian inni terdapat pretest dan posttest. Subjek dalam penelitian ini
adalah murid kelas V SDI Pataung Kabupaten Gowa sebanyak 13 orang. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa sebelum media audio visual animasi diterapkan,
diperoleh nilai rata-rata 35,38 (kategori kurang). Sedangkan minat belajar siswa
setelah media pembelajaran audio visual animasi diterapkan diperoleh nilai rata-rata 91,53 (kategori sangat baik). Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t
dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung = 12,581 > ttabel = 2,178 maka Ho
ditolak dan Ha diterima. Maka kesimpulan dari penelitian ini, Ada pengaruh yang
positif signifikan antara penggunaan media audio visual animasi terhadap minat
belajar siswa mata pelajaran IPA di SDI Pataung Kabupaten Gowa.
Metrics
References
Media dan Sumber Belajar: Teori
dan Prosedur. Banjarmasin:
Laksita Indonesia.
Hasan dkk. 2021. Media Pembelajaran.
Klaten: Tahta Media Group
Shoffa dkk. 2023. Media Pembelajaran.
Sumatra Barat: CV. Afasa
Pustaka
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian
Pendidikan: Kuantitatif, kualitatif,
Kombinasi, R & D dan Penelitan
Pendidikan. Bandung: Alfabeta,
CV.
Saleh dkk. 2023. Media Pembelajaran.
Jawa Tengah: Eureka Media
Aksara.
Syaparuddin & Elihami. 2019.
Peningkatan Motivasi Belajar
Siswa Melalui Video. Edukasi
Nonformal