PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL BERBASIS GAME BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengethui pengaruh media pembelajaran wordwall berbasis game based learning siswa kelas VIII 3 SMP Negeri 11 Barru terhadap hasil belajar materi berpikir komputasional. Sampel penelitian ini sebanyak 25 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimen one group pre-test post-test design. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda yang diberikan dua kali yakni sebelum diberikannya perlakuan (pre-test) dan setelah diberikan perlakuan (post-test). Maka berdasarkan hasil analisis data, peneliti mengetahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar informatika menggunakan media Wordwall. Ditunjukkan dari nilai rata-rata post-test (86%) yang lebih bedar dari nilai pre-test (52,4%), terdapat kenaikan sebesar 33,6%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Wordwall memiliki pengaruh terhadap hasil belajar sisiwa kelas VIII 3 SMP Negeri 11 Barru.
Metrics
References
Aeni, A. N., Djuanda, D., Maulana, M., Nursaadah, R., & Sopian, S. B. P. (2022). Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Word Wall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Materi Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1835.
Akbar, H. F., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap minat dan hasil belajar siswa. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1653-1660.
Hadis. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching dan Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa MTs Muhammadiyah Kalosi Kab. Enrekang. Jurnal Kependidikan Media, 1 (1):39.
K Kasman, Nurindah. (2021). Implementasi media pembelajaran berbasis android terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Akademia: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 1-12.
Najib, M., & Rahmadi, F. (2021). Penggunaan media pembelajaran Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(2), 97-110.
Setiawan, A., & Wijayanti, S. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi Wordwall sebagai media pembelajaran interaktif di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Inovatif, 12(1), 45-55.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif fan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wagstaff, Janiel M.1999. Teaching Reading and Writing With Word Walls. U.S.A: Schol-astic inc.