PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL BERBASIS GAME BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA

  • Asniar Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Dilfa Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Lukman Ismail Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nasir Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Siti Sahirah Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Media Pembelajaran Wordwall, Berpikir Komputasional, Kuantitatif, Pre-Eksperimen One Group Pre-Test dan Post-Test.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengethui pengaruh media pembelajaran wordwall berbasis game based learning siswa kelas VIII 3 SMP Negeri 11 Barru terhadap hasil belajar materi berpikir komputasional. Sampel penelitian ini sebanyak 25 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimen one group pre-test post-test design. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda yang diberikan dua kali yakni sebelum diberikannya perlakuan (pre-test) dan setelah diberikan perlakuan (post-test). Maka berdasarkan hasil analisis data, peneliti mengetahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar informatika menggunakan media Wordwall. Ditunjukkan dari nilai rata-rata post-test (86%) yang lebih bedar dari nilai pre-test (52,4%), terdapat kenaikan sebesar 33,6%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Wordwall memiliki pengaruh terhadap hasil belajar sisiwa kelas VIII 3 SMP Negeri 11 Barru.

 

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abd Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.
Aeni, A. N., Djuanda, D., Maulana, M., Nursaadah, R., & Sopian, S. B. P. (2022). Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Word Wall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Materi Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1835.
Akbar, H. F., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap minat dan hasil belajar siswa. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1653-1660.
Hadis. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching dan Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa MTs Muhammadiyah Kalosi Kab. Enrekang. Jurnal Kependidikan Media, 1 (1):39.
K Kasman, Nurindah. (2021). Implementasi media pembelajaran berbasis android terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Akademia: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 1-12.
Najib, M., & Rahmadi, F. (2021). Penggunaan media pembelajaran Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(2), 97-110.
Setiawan, A., & Wijayanti, S. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi Wordwall sebagai media pembelajaran interaktif di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Inovatif, 12(1), 45-55.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif fan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wagstaff, Janiel M.1999. Teaching Reading and Writing With Word Walls. U.S.A: Schol-astic inc.
Published
2024-12-30
How to Cite
Asniar, Dilfa, Lukman Ismail, Nasir, & Siti Sahirah. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL BERBASIS GAME BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 280 - 287. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i04.4449