ANALISIS PENGGUNAAN METODE SAS TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS III SDN BANJARSARI 4 KOTA SERANG

  • Nur Rahma Fadilah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Sekolah Dasar, Membaca Permulaan, Metode SAS

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena permasalahan membaca permulaan peserta didik kelas III di SDN Banjarsari 4. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode SAS terhadap keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas III SDN Banjarsari 4. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Objek penelitiannya adalah empat peserta didik kelas III SDN Banjarsari 4. Metode pengumpulan menggunakan teknik wawancara, observasi, penerapan RPP, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dalam membaca permulaan di kelas III ini memberikan hasil yang efektif untuk digunakan pada pembelajaran membaca permulaan di sekolah dasar.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Kusno, Rasiman, Untari. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal for Lesson and Learning Studies, 3 (3), 432-439).
Syariat, C. K, dan Sukartiningsih, W. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan di Kelas Rendah Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid 19. JPGSD: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10 (2), 2450-257.
Maima, Rizal, M. S, Nurhaswinda. (2021). Penerapan Metode SAS untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5 (2), 166-172.
Kurniaman, O. & Noviana, E. (2016). Metode Membaca SAS (Struktural Analitik Sintetik) Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan di Kelas I SDN 79 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5 (2), 149-157.
Published
2022-12-09
How to Cite
Fadilah, N. R. (2022). ANALISIS PENGGUNAAN METODE SAS TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS III SDN BANJARSARI 4 KOTA SERANG. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1026 - 1037. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.399