ANALISIS PENGGUNAAN METODE SAS TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS III SDN BANJARSARI 4 KOTA SERANG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena permasalahan membaca permulaan peserta didik kelas III di SDN Banjarsari 4. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode SAS terhadap keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas III SDN Banjarsari 4. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Objek penelitiannya adalah empat peserta didik kelas III SDN Banjarsari 4. Metode pengumpulan menggunakan teknik wawancara, observasi, penerapan RPP, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dalam membaca permulaan di kelas III ini memberikan hasil yang efektif untuk digunakan pada pembelajaran membaca permulaan di sekolah dasar.
Metrics
References
Syariat, C. K, dan Sukartiningsih, W. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan di Kelas Rendah Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid 19. JPGSD: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10 (2), 2450-257.
Maima, Rizal, M. S, Nurhaswinda. (2021). Penerapan Metode SAS untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5 (2), 166-172.
Kurniaman, O. & Noviana, E. (2016). Metode Membaca SAS (Struktural Analitik Sintetik) Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan di Kelas I SDN 79 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5 (2), 149-157.