Peran Perpustakaan SDN Cukanggalih 2 Sebagai Penunjang Perkembangan Literasi Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik

  • Nur Rahma Fadilah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Fauziah Nuraini
  • Lusi Aprilia
Keywords: Perpustakaan, Literasi, Minat Baca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan literasi dengan memanfaatkan perpustakaan di SDN Cukanggalih 2 dalam menumbuhkan minat baca peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Objek penelitian ini adalah proses pengembangan literasi dengan memanfaatkan perpustakaan di SDN Cukanggalih 2 dalam menumbuhkan minat baca peserta didik. Metode pengumpulan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dan analisis data bersifat deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa peran perpustakaan SDN Cukanggalih 2 sebagai penunjang perkembangan literasi dalam menumbuhkan minat baca peserta didik berjalan kurang optimal karena dalam memanfaatkan perpustakaannya belum optimal dan masih ada beberapa kendala yang dialami oleh sekolah tersebut.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Aprilia, Imelda. (2017). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah Guna Meningkatkan Budaya Membaca Siswa Di SD Negeri 2 Limpakuwus. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2 (1).
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Kemdikbud.
Published
2022-12-09
How to Cite
Fadilah, N. R., Nuraini, F., & Aprilia, L. (2022). Peran Perpustakaan SDN Cukanggalih 2 Sebagai Penunjang Perkembangan Literasi Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1079 - 1092. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.388