ANALISIS KRITIK OBJEKTIF BERORIENTASI PADA PLOT DAN TOKOH DALAM NOVEL KAMI ORANG-ORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA

  • Aji Albaruddin Universitas Pasundan Bandung
Keywords: Kata Kunci: analisis, kritik objektif, plot dan pemplotan, novel, bahan ajar.

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis plot dan pemplotan serta tokoh dan penokohan dalam novel Orang-orang Biasa karya Andrea Hirata, serta memanfaatkan hasil analisis tersebut menjadi salah satu alternatif bahan ajar bagi peserta didik SMA kelas XII. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yang mana data hasil analisis akan di deskripsikan secara naratif. Sumber data dalam analisis ini yaitu novel Orang-orang Biasa karya Andrea Hirata serta beberapa buku ataupun bahan bacaan lainnya yang dapat menunjang penelitian. Adapun temuan dari hasil analisis novel ini menunjukan bahwa, jenis plot yang digunakan adalah plot lurus, karena tiap peristiwa-peristiwa yang diceritakan bersifat kronologis, peristiwa-peristiwa tersebut diikuti peristiwa berikutnya. Atau runtutan cerita dimulai dari awal, tengah, dan akhir cerita, yang bersifat kausalitas. Plot dan pemplotan pada novel Orang-orang Biasa terdiri dari 13 rangkaian peristiwa, sedangkan dalam struktur plot dan pemplotannya terdapat 25 data yang terdiri dari 13 tahap eksposisi, 9 tahap pertengahan (awal munculnya konflik, komplikasi, dan klimaks), serta 3 tahap penyelesaian. Plot dan pemplotan tersebut berdampak pada 17 tokoh cerita yang diantaranya 10 tokoh utama yang terdiri dari Dinah, Debut, Handai, Salud, Sobri, Honorun, Rusip, Tohirin, Nihe, dan Junilah. dan  8 tokoh pembantu diantaranya Inspektur Abdul Rojali, Sersan P. Arbi, Aini, Ibu Desi Mal, Trio Bastardin, Duo Boron, Pak Akhirudin, dan Ibu Atikah.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ananda, Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: LPPPI (Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia).
Aurastri Nucifera Esta, S. (2019). ANALISIS POLA PLOT DALAM MEMBANGUN KETEGANGAN PADA FILM “VANTAGE POINT” (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Fathurrohman, Pupun. & Sutikno, M. Sobry. (2011). STRATEGI BELAJAR MENGAJAR. Bandung: PT Refika Aditama
Hidayati, Pertiwi Panca. (2009). TEORI APRESIASI PROSA FIKSI. Bandung: PRISMA PRESS Prodaktama
Hidayati, Pertiwi Panca. (2010). TEORI APRESIASI PROSA FIKSI. Bandung: PRISMA PRESS Prodaktama
Hirata, A. (2021). Orang-orang Biasa. Yogyakarta: Mizan Media Utama
Husna, A., & Mulyani, E. (2018). Pengembangan LKPD terintegrasi karakter dengan pendekatan discovery sebagai upaya peningkatan hasil belajar. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(1), 30-42.
Indrawan, Rully. & Yaniawati, Poppy. (2014). METODOLOGI PENELITIAN. Bandung: PT Refika Aditama
Iskandarwassid. & Sunendar, Dadang. (2011). STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA
Kosasih, E. (2008). Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Nobel Edumedia
Marwiya. (2018). Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013. Sleman: deepublish
Nana. (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Klaten: lakeisha.
Nugrahani, Farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.
Nurgiantoro, Burhan. (2010). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: GADJAH MADA UNIVERSITY PRESS
Pradopo, Rachmat Djoko. (2012). Beberapa teori sastra, metode kritik, dan penerapannya. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR
Rahmanto, B. (1988). METODE PENGAJARAN SASTRA. Yogyakarta: KANISIUS
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali Uin Antasari Banjarmasin‖ 17.
Siyoto, sandu. & sodik, ali. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukada, Made. (2013). Pembinaan Kritik Sastra Indonesia. Bandung: Angkasa
Sumardjo, Jakob. & K.M, Saini. (1988). APRESIASI KESUSASTRAAN. Jakarta: PT GRAMEDIA
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2019). Implementasi pendidikan kebencanaan di Indonesia (sebuah studi pustaka tentang problematika dan solusinya). Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(2), 136-154.
Teeuw, A. (2013). SASTRA DAN ILMU SASTRA. Bandung: PUSTAKA JAYA
Tim Panduan Penulisan KTI Mahasiswa. (2022). PANDUAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH (KTI) MAHASISWA. Bandung: Tim Panduan Panduan Penulisan Karya Tulis Ilmiah
Triwiyanto, Teguh. (2015). Manajemen Kurikulkum Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Published
2022-12-09
How to Cite
Albaruddin, A. (2022). ANALISIS KRITIK OBJEKTIF BERORIENTASI PADA PLOT DAN TOKOH DALAM NOVEL KAMI ORANG-ORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA . Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1247 - 1269. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.364