ANALISIS MIMETIK TERHADAP NILAI SOSIAL DAN BUDAYA DALAM KUMPULAN CERPEN JANDA MUDA KARYA NH. DINI DAN KESESUAIANNYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SISWA KELAS XI SMA

  • Dinda Angelica Unpas
  • R. Panca Pertiwi Hidayati Universitas Pasundan
  • Setiawan Universitas Pasundan
Keywords: Analisis, Bahan Ajar, Mimetik, Nilai Sosial dan Budaya, Cerpen.

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Mimetik terhadap Nilai Sosial dan Budaya dalam Kumpulan Cerpen Janda Muda Karya N. H. Dini dan Kesesuaiannya sebagai Alternatif Bahan Ajar Siswa Kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk membentuk nilai karakter peserta didik, karena pendidikan karakter mempunyai peranan penting dalam pembentukan sikap seorang peserta didik. Pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan mimetik. Pendekatan mimetik adalah sebuah pendekatan sastra yang mengkaji hubungan antara suatu karya sastra dengan realitas kehidupan yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Aspek yang menjadi kajian dalam analisis mimetik ini adalah nilai sosial dan budaya, yang terkandung di dalam cerpen, yang nantinya hasil dari penelitian ini akan dijadikan sebagai alternatif bahan ajar. Kumpulan cerpen yang digunakan, adalah cerpen karya Nh. Dini yang berjudul Janda Muda. Penulis menggunakan kumpulan cerpen tersebut karena, kumpulan cerpen Janda Muda memuat nilai sosial dan budaya yang nantinya dapat dipelajari oleh peserta didik, karena di dalam cerpen tersebut memuat nilai-nilai yang dapat menambah wawasan baru bagi peserta didik. Bahan ajar yang dibuat oleh penulis berbentuk modul. Penulis berharap dengan adanya modul ini dapat membantu pendidik serta peserta didik dalam proses belajar mengajar, terutama dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, dengan materi ajar cerita pendek.

References

Hidayati, Panca Pertiwi. (2010). Teori Apresiasi Prosa Fiksi. Bandung: Prisma Press Prodaktama.

Djoko Pradopo, Rachmat. (2017). Teori Kritik dan Penerapannya Dalam Sastra Indonesia Modern. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Semi, Atar. (2021). Kritik Sastra. Bandung: Angkasa Bandung.

Efendi, Agik Nur. (2020). Kritik Sastra Pengantar Teori, Kritik, & Pembelajarannya. Bojonegoro: Madzma Media.

Yunus, Syarifudin. (2017). Kompetensi Menulis Kreatif. Bogor: Ghalia Indonesia.

Dr. Haslinda, S.Pd., M.Pd. (2019). Kajian Apresiasi Prosa Fiksi Berbasis Kearifan Lokal Makassar. Makassar: LPP Unismuh Makassar.

Al Ma’ruf, Ali Imron. (2017). Pengkajian Sastra. Surakarta: CV. Djiwa Amarta Press. Dini, Nh. (2018). Janda Muda. Bandung: PT. Dunia Pustaka Jaya.

Nurgiyantoro, Burhan. (2018). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Dr. Yunus, Hamzah, M.Pd. (2015). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Yogyakarta: Deepublish.

Ummyssalam A. T. A, Duludu. (2017). Buku Ajar Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran PLS. Yogyakarta: Deepublish.

Prof. Dr. Syaodih Sukmadinata, Nana, dkk. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published
2022-05-30