PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PPKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS 3 SD NEGERI GEDONGTENGEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar PPKn siswa di kelas 3B SD Negeri Gedongtengen melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL). Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian ini dibagi menjadi beberapa siklus. Setiap siklus terdiri 3 tahapan yaitu (a) perencanaan, (b) pelaksanaan tindakan dan observasi, dan (c) refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 3B SD Negeri Gedongtengen dengan jumlah 13 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa. Hasil skor keaktifan belajar pada pra siklus diperoleh sebesar 33% dengan kriteria “kurang sekali”, pada siklus 1 diperoleh hasil skor 52% dengan kriteria “kurang”, dan pada siklus 2 diperoleh hasil skor 83% dengan kriteria “baik sekali”. Hasil belajar dari pra siklus semula hanya terdapat 3 siswa yang tuntas (23%) dengan nilai rata-rata 60. Pada siklus 1 terdapat 8 siswa yang tuntas (62%) dengan nilai rata-rata 70,7. Selanjutnya pada siklus 2 terdapat 12 siswa yang tuntas (92%) dengan nilai rata-rata yang telah menyentuh KKM yaitu 92.
Metrics
References
Dasa ismaimuza. (2012). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Sikap Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 2.
Dimyati & Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Haryoko, S. (2009). Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi, 1-10.
Ikhsan, Ali. Dkk. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SD. PINISI: Journal of Teacher Professional, 170-177.
Mulyasa. (2009). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Purwanto. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor di Kelas X Semester Ii Sma Negeri 11 Medan T.P 2014/2015. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Malang, 25-29.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Sadirman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajawali.
Sanjaya, A. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.