PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS II SDN GEDONGTENGEN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika dan kemampuan kerjasama peserta didik kelas II-B SD Negeri Gedongtengen sehingga tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika serta kerjasama peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II. Dalam penelitian ini instrument yang digunakan adalah instrument tes dan non tes. Tes evaluasi digunakan untuk mengumpulkan data mengenai hasil belajar peserta didik dan instrument lembar observasi dilakukan untuk mengumpulkan data kerjasama peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang dilihat dari persentase ketuntasan dari 40,9% menjadi 81,8% serta nilai rata-rata kelas dari 44 siklus menjadi 87 pada akhir siklus III. Peningkatan terjadi pula pada rata-rata nilai kerjasama peserta didik dari 44,54 menjadi 71,21 pada akhir siklus III. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika dan kerjasama peserta didik.
Metrics
References
Farhana, H., Awiria, & Muttaqien, N. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Harapan Cerdas.
Juano, A., & Pardjono, P. (2017). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD Negeri Pujokusuman I Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 1(2), 172–179. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7801
Maulida, Y. N., Eka, K. I., & Wiarsih, C. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Kerjasama di Sekolah Dasar. MUKADIMAH, 4(1), 16–21. https://doi.org/10.30743/mkd.v3i2.1521
Mualimin, & Cahyadi, R. A. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Ganding Pustaka.
Rahmantika Hadi, F. (2016). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 84–91.
Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII(02), 107–117.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
(The National Council of Teachers of Mathematics). (2000). Principles Standards and for School Mathematics. (The National Council of Teachers of Mathematics).