PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS V TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN

  • Indana Aulia Syaripurrohmah Universitas Pakuan
  • Yuli Mulyawati Universitas Pakuan Kota Bogor
  • Angga Nugraha SDN Layungsari 2 Kota Bogor
Keywords: Booklet, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran booklet  pada peserta didik kelas V-A di SDN Layungsari 2 Kota Bogor semester II tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif, dengan pengambilan data di SDN Layungsari 2 Kota Bogor. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V-A SDN Layungsari 2 Kota Bogor yang berjumlah 25 orang, dengan 10 orang perempuan dan 15 orang laki-laki, sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar peserta didik pada Tema 7: Peristiwa dalam Kehidupan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) menggunakan media pembelajaran booklet. Penelitian in dilakukan dalam dua siklus dan melalui empat tahapan yang mencakup: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi, pelaksanaan pembelajaran, tes secara langsung dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran booklet dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat diukur dari hasil evaluasi siklus I dan siklus II. Dilihat peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I hingga siklus II yang sudah memenuhi capaian belajar yaitu pada siklus I sebesar 72% (18 peserta didik) dan pada siklus II 88% (22 peserta didik). Hasil penelitian pada kelas V-A di SDN Layungsari 2 Kota Bogor telah tercapai dengan baik yaitu terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dengan penerapan media pembelajaran booklet.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ante, C. P., Mege, R. A., & L.I.M.Ogi, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Pada Materi Sel Kelas XI SMA Negeri 3 Manado Development of Booklet Learning Media on Cellular Material Class XI SMA Negeri 3 Manado. Jurnal Sains Pendidikan Biologi, 2(2), 162–169.
Dwi, M., Sari, L., Suniasih, N. W., & Suadnyana, I. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Menggunakan Media Booklet terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. 1(3), 154–161.
Magdalena, I., Nadya, R., Prahastiwi, W., Sutriyani, & Khoirunnisa. (2021). ANALISIS PENGGUNAAN JENIS-JENIS MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI BUNDER III. BINTANG: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 377–386.
Prihartono, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60.
Sani, A. R. (2019). Strategi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada.
Usman. (2022). Jurnal Ilmiah IKIP Mataram Peningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mengapresiasi Karya Seni melalui Media Pembelajaran Booklet Appreciation Kelas X Semester II SMA Negeri 2 Pujut. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 9(2), 126–134. https://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jiim
Violla, R., & Fernandes, R. (2021). Efektivitas Pembelajaran E-booklet dalam Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 13–23.
Wulandari, F. (2019). Analisis Kesiapsiagaan Siswa dalam Menghadapi Bencana Kekeringan melalui Media Booklet. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 65–74. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i1.346
Published
2023-04-25
How to Cite
Syaripurrohmah, I. A., Mulyawati, Y., & Nugraha, A. (2023). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS V TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 806 - 816. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.746