PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NOTASI ANGKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN

  • Sep Zimat Pahlawan Dwi Putra
  • Yuli Mulyawati PGSD FKIP Universitas Pakuan
  • Angga Nugraha SDN Layungsari 2 Kota Bogor
Keywords: Kata Kunci: Nada, Notasi angka, Discovery learning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca notasi angka siswa kelas V pada pembelajaran SBdP, dikarenakan siswa tidak pernah belajar bagaimana caranya membaca notasi angka. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan hasil peningkatan keterampilan membaca notasi angka melalui model pembelajaran discovery learning. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan MacTaggart sebanyak 2 siklus. Penelitian ini dilengkapi dengan  pengumpulan data berupa hasil tes membaca notasi angka, hasil dokumentasi, dan lembar observasi. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 24 orang  terdiri dari 12 perempuan dan 12 laki-laki. Hasil penelitian pada pra siklus siswa memperoleh ketuntasan klasikal 0% artinya tidak ada yang tuntas, pada siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 70% dan pada siklus II memperoleh ketuntasan klasikal 100%. Hasil penelitian membuktikan bahwa menerapkan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keterampilan membaca notasi angka pada kelas V di SDN Layungsari 2 Kota Bogor tahun ajaran 2022/2023.

 

Metrics

Metrics Loading ...

References

Aqib, Z. et al. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Penerbit CV Yrama Widya
Arikunto , S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Asdi Mahaksatya.
Chintia, Maressa T. (2013). “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Membaca Notasi Balok Menggunakan Alat Musik Di Smpn 4 Pariaman”. Jurnal Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang. Vol 2, No.1. 2013 Seri B.
Sumaryanto, F. (2011). “Efektifitas Penggunaan Metode Solfegio Untuk Pembelajaran Keterampilan Bermain Musik Di Sekolah Dasar (The Efektivity Of Use Solfegio Method To Teaching Of Music Skill In Elementary)”. Jurnal Of Art Research And Education. Vol 6, No.2. 2011 Seri B.
Supradewi, R. (2010). “Otak, Musik, Dan Proses Belajar”. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Vol 18, No.2. ISSN 0854-7108.
Wiflihani. (2011). “Musik Sebagai Salah Satu Cara Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak”. Jurnal Of Music Research. Vol 2, No.3. 2011 Seri B.
Yulianta, A.U. (2011). “Kajian Psikologi Musik Dalam Membangun Karakter Bangsa”. Jurnal Universitas Negeri Padang. Vol 3, No.2.
Published
2023-04-25
How to Cite
Pahlawan Dwi, S. Z., Mulyawati, Y., & Nugraha, A. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NOTASI ANGKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 787 - 796. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.741