PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 METRO BARAT

  • Agam Prenadi Universitas Lampung
  • Muncarno Universitas Lampung
  • Dayu Rika Perdana Universitas Lampung
  • Nelly Astuti Universitas Lampung
Keywords: blended learning, mathematics learning outcomes, online

Abstract

The problem of this research is that students do not understand the material online and the learning outcomes of mathematics are low. This study aims to determine the significant effect of blended learning on the mathematics learning outcomes of fourth grade students of SD Negeri 1 Metro Barat. This type of research is experimental research with quantitative research methods and non-equivalent control group design. The research population was 40 students and used the saturated sample technique. The research data were obtained from observation sheets, pre-test and post-test questions in the form of multiple choice questions that had been tested for validity and reliability. Data analysis using simple regression test. The results of simple regression analysis have a positive and significant effect on the application of blended learning on learning outcomes with the regression equation obtained Ŷ = 1,65 + 32,4 X and obtained Fcount significance test = 11.453 with n = 18 for an error level of 5% obtained Ftable is 4.41. So that Fcount > Ftable, which is 11, 453 > 4.41, it means that it is significant.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Amir, Mohamad Faisal. 2015. Proses berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam memecahkan masalah berbentuk soal cerita matematika berdasarkan gaya belajar. Jurnal Math Educator Nusantara Universitas Muhammadyiah Sidoarjo. 1:2. Sidoarjo.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik (Edisi Revisi VD). PT Renika Cipta, Jakarta.
Dwiyogo, Wasis D. 2019. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Raja Grafindo Persada. Depok.
Hadi, Sutrisno. 2004. Metodologi Research. Andi Offset. Yogyakarta.
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Belajar Matematika. PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.
Hermawanto, S. Kusairi dan Wartono. 2013. Pengaruh blended learning terhadap hasil belajar penguasaan konsep dan penalaran fisika peserta didik kelas x. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Universitas Negeri Malang. 9:1. Malang.
Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Prestasi Pustakaraya, Jakarta.
Istiningsih, Siti dan Hasbullah. 2015. Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen Universitas Mataram. 1:1. Mataram.
Istiqomah. 2010. Analisis Karakter Siswa Melalui Interaksi Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran STAD. (Skripsi). UIN Sunan Ampel, Surabaya.
Khoiroh, Ni’matul, dkk. 2017. Pengaruh model pembelajaran blended learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. 10:2. Surabaya.
Kunandar. 2013. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertiifikasi Guru. PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.
Mahnegar, F. 2012. Learning Management System. Internarional Journal of Business and Social Scienc Payame Nour University of Shush. 3:12. Iran.
Muncarno. 2017. Cara Mudah Belajar Statistik Pendidikan. Hamim Group, Metro.
Muncarno dan Nelly Astuti. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Blended learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Lampung. 10:4. Bandar Lampung.
Nopitasari, Erna, dkk. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Blog Pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surakarta. 3:5. Surakarta.
Parwati, Ni Nyoman, dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada, Depok
Riinawati. 2021. Hubungan Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin. 3:6.
Rokhmah, Faizatur. 2018. Pengaruh Pendekatan Realisitic Mathematics Education (Rme) Terhadap Hasil Belajar Matematika SiswaKelas V Sd Negeri 6 Metro Utara. (Skripsi). Universitas Lampung, Bandar Lampung.
Rusman. 2015. Model-Model Pembelajaran. Rajagrafindo Persada, Jakarta.
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana. Jakarta.
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana, Jakarta.
Shindy Lestari. (2021). Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 5:1. Yogyakarta.
Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Kencana, Jakarta.
Slameto. 2015. Belajar dan Eaktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.
Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya Offse. Bandung.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Sulihin B. Sjukur. 2012. Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Swswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. 2:3. Tanah Bumbu.
Sundayana, Rostina. 2016. Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Alfabeta, Bandung.
Susandi, Ari. 2017. The influence model blended learning of social sciences subjects respecting indonesian ethnic and cultural diversity to increasing activity and learning outcomes of grade v students in elementary school 1 purwoharjo banyuwangi distric lesson year 2015/2016. Jurnal Pancaran FKIP Universitas Jember. 6:3.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group, Jakarta
Susilo, Adityo. 2020. Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo.7:1. Jakarta.
Susilo, rudi, dkk. 2019. Kemampuan Critical Thinking Dan Hasil Belajar Kelas IV SD Tingkir Tengah 02. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Universitas Kristen Satya Wacana. 3:2.
Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar dan pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya Offse. Bandung
UU RI No.20 Tahun 2003. Undang-Undang SISDIKNAS 2003. Sinar Grafika. Jakarta.
Widoyoko, Eko Putro, 2015. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Zusnaini, Ida. 2013. Mendidik Anak dan Pembentukan Moral. Tugu Publisher, Jakarta.
Published
2023-04-08
How to Cite
Prenadi, A., Muncarno, Rika Perdana, D., & Astuti, N. (2023). PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 METRO BARAT. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 236 - 245. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.697