PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN COMPUTATIONAL SISWA

  • Irsyad Alfahmi Male
  • Budhi Akbar PGSD FKIP Uhamka
Keywords: metode inquiry, kemampuan, computational.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode inquiry terhadap kemampuan computational siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif quasi-eksperimen. Sampel yang digunakan berjumlah 54 siswa  kelas V SDN Rambutan 02, 27 siswa dari kelas V-A dan 27 siswa dari kelas V-B. Instrumen penelitian    yang digunakan adalah soal berjumlah 10 pertanyaan untuk memperoleh data mengenai kemampuan berfikir computational. Instrumen yang digunakan telah di uji validitas dan reabilitas. Pengujian hipotesis data dalam penelitian ini menggunakan Uji-Mann-Whitney. Hasil nilai signifikan p-value yang di peroleh yaitu 0,05>0.00 artinya ada pengaruh yang signifikan dari metode pembelajaran inquiry terhadap kemampuan computational siswa sekolah dasar.

 

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ansori, Miksan. 2020a. “Pemikiran Komputasi ( Computational Thinking ) Dalam Pemecahan Masalah.” 3(1).
———. 2020b. “Penilaian Kemampuan Computational Thinking.” 1.
Dan, Belajar et al. 2018. “Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil.” 6: 94–102.
Discovery, Pendekatan Inquiry. “Jurnal Euclid, Vol.3, No.1, p.394.” 3(1): 394–403.
Fadilla, Feby, Rahmawati Deka, and Mila Roysa. 2021. “Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring.” 4(3): 302–8.
Hasanah, Hasyim. “Teknik-Teknik Observasi.” : 21–46.
Introduction, T H E et al. 2019. “Pengenalan Computational Thinking Sebagai Metode Problem Solving Kepada Guru Dan Siswa Sekolah Di Kota Semarang.” 2(2): 99–107.
Islam, Universitas et al. 2018. “MENYELESAIKAN BEBRAS TASK DITINJU DARI.” (November).
Mata, Pada, Pelajaran Ekonomi, and Pokok Bahasan. 2004. “Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Pasar.” : 49–59.
Matondang, Zulkifli, and A Pendahuluan. 2009. “Validitas Dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian.” 6(1): 87–97.
Metode, Pengaruh, Pembelajaran Inquiry, D A N Problem, and Solving Terhadap. 2019. “Welly Yulianti, 2019 PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INQUIRY DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI MAN 1 KOTA CIREBON Universitas Pendidikan Indonesia | Repository.Upi.Edu | Perpustakaan.Upi.Edu.” : 1–16.
Psikologi, Fakultas, and Universitas Gadjah Mada. 2019. “Rancangan Eksperimen-Kuasi Quasi-Experimental Design.” 27(2): 187–203.
Ramadhan, Iwan et al. 2022. “EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Proses Perubahan Pembelajaran Siswa Dari Daring Ke Luring Pada Saat Pandemi Covid-19 Di Madrasah Tsanawiyah.” 4(2): 1783–92.
Rodiyanti, Nani, Yosi Nur Kholisho, Baiq Desi, and Dwi Arianti. 2020. “Pengaruh Kemampuan Matematika Terhadap Kemampuan Computational Thinking Pada Anak Usia Sekolah Dasar.” 15(2): 138–44.
Rosadi, Muhammad Edya, Nur Alamsyah, and Muhammad Rasyidan. 2020. “Sosialisasi Computational Thinking Untuk Guru-Guru Di SDN Teluk Dalam 3 Banjarmasin.” 09(01): 45–54.
Rositawati, Dwi Nugraheni. 2018. “Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiri.” : 74–84.
Sampling, Teknik, and Analisis Data. “Teknik Pengambilan Sampel.” (September 2017).
Yunitasari, Ria, and Umi Hanifah. 2020. “EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa COVID-19.” 2(3): 232–43.
Zuhair, Muhammad, Nuriana Rachmani, Tri Sri, and Noor Asih. 2021. “Scratch Coding for Kids : Upaya Memperkenalkan Mathematical Thinking Dan Computational Thinking Pada Siswa Sekolah Dasar.” 4: 476–86.
Published
2022-06-29
How to Cite
Alfahmi, I., & Akbar, B. (2022). PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN COMPUTATIONAL SISWA. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 386 - 395. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.311