PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN COMPUTATIONAL THINKING MATEMATIS SISWA KELAS IV SDN KEBON BAWANG 03 JAKARTA
Abstract
Penelitian ini dilakukan di salah satu sekolah dasar di Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 dengan tujuan untuk menguji pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir komputasional matematis. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian berupa Posttest only control. Sampel penelitian ini terdiri atas 32 peserta didik kelas eksperimen (Model Problem Based Learning) dan 32 peserta didik kelas kontrol (Pembelajaran Konvensional) dipilih dengan sampling jenuh. Pengumpulan data keterampilan berpikir komputasional matematis menggunakan instrumen tes dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 15 butir, yang keseluruhan soal mencakup indikator keterampilan berpikir komputasional matematis. Indikator keterampilan berpikir komputasional matematis yang diukur dalam penelitian ini adalah dekomposisi masalah, pemikiran secara algoritma, abstraksi, dan pengenalan pola. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berpikir komputasional matematis siswa dengan menggunakan Model Problem Based Learning lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan beripikir komputasional matematis.
Metrics
References
Bebras. (2017). Dipetik February 2022, dari https://bebras.or.id/
Curzon, P., & McOwan, P. W. (2017). The power of computational thinking : games, magic and puzzles to help you become a computational thinker. New Jersey: World Scientific.
Endah, S. N., Sarwoko, E. A., Bahtiar, N., Wibowo, A., & Kurniawan, K. (2020). Pembinaan Pola Pikir Komputasi dan Informatika pada Siswa Sekolah Dasar. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 1. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.2317
Fahrurrozi, F., Sari, Y., & Fadillah, J. (2022). Studi Literatur : Pemanfaatan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PKn Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4460–4468. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2795
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1096
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2013). Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Kuswanto, H., Rodiyanti, N., Kholisho, Y. N., Desi, B., & Arianti, D. (2020). Pengaruh Kemampuan Matematika Terhadap Kemampuan Computational Thinking Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Educatio : Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(2), 138–144. https://doi.org/10.29408/edc.v15i2.2916
Marieska, M. D., Rini, D. P., Oktadini, N. R., Yustiani, N., & Yunita. (2019). osialisasi dan Pelatihan Computational Thinking untuk Guru TK, SD, dan SMP di Sekolah Alam Indonesia (SAI). Prosiding Annual Research Seminar 2019 : Computer Science and ICT, 7-10.
Retnowati, P., & Ekayanti, A. (2020). Think Talk Write sebagai Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa. SIGMA (Kajian Ilmu Pendidikan Matematika), 6(1), 17-25.
Setiani, A., Lukman, H. S., & Suningsih. (2020). Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping. PRISMA, 9(2), 128–135.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surahman, E., Ulfa, S., Sulthoni, & Sumaji. (2020). Pelatihan Perancangan Pembelajaran untuk Guru Sekolah Dasar Berbasis Computational Thinking. Jurpikat (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 60-74.
Syam, A. S. M. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan kemampuan matematika siswa. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 19(1), 939–946. https://doi.org/10.30863/ekspose.v1i1.883
Wing, M. J. (2006). Computational Thinking. Communications of the ACM, 49(3), 33–34. https://doi.org/https://doi.org/10.1145/1118178.1118215
Yanti, F., Nurva, M. S., & Fikriani, T. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1743–1751. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2132