Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik <p>Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua reviewer sesuai bidang keahlianya. Jurnal didaktik telah terindex oleh Google Sholar dan ROAD. Adapun P-ISSN dari Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang yaitu 2477-5673, serta E-ISSN dari Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang yaitu 2614-722X. Website jurnal yang digunakan yaitu https://jurnalstkipsubang.ac.id dengan versi OJS ke 2.0, kemudian dirubah domain dan hosting ke alamat https://journal.stkipsubang.ac.id dengan versi OJS 3.0, sehingga kebanyak histori dan jumlah kunjungan berada pada domain https://jurnalstkipsubang.ac.id, namun dikarenakan ada masalah integrasi dari yang lama ke yang baru, sehingga kami menggunakan versi OJS 3.0 di domain baru. Dan menggunakan quicksubmit di OJS yang baru.</p> en-US acepronihamdani2@gmail.com (Acep Roni Hamdani) acepronihamdani@unpas.ac.id (Acep Roni Hamdani) Tue, 09 Apr 2024 12:54:09 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA MATERI TEKS BERITA KELAS XI https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2736 <p>&nbsp;</p> <p>ABSTRACT</p> <p><em>This research is motivated by the fact that students when learning collaboratively do not all have the same learning abilities and active involvement. Therefore, researchers have a solution to overcome this problem. The Teams Games Tournament (TGT) type of cooperative learning model is one of the useful learning models for enhancing students' activities in class. The research methods used are qualitative and descriptive. There are five steps in implementing the TGT learning model, namely 1) conveying information, 2) team formation, 3) games, 4) tournaments, and 5) group awards. By implementing the Teams Games Tournament (TGT) type cooperative learning model, the goals of the learning process can be achieved if Students participate actively in lessons and in group assignments. Apart from that, the TGT (Teams Games Tournament) model integrates students with 21st Century skills which are really needed when students move in the world of society, namely, in discussion and presentation activities (Communication), collaborating in groups (Collaboration), question and answer, responding, answering questions (Critical thinking), and presenting the results of discussions and assessments in an interesting way (Creativity).</em></p> <p><em>Keywords: Learning model, TGT</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p>ABSTRAK</p> <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik ketika pembelajaran kolaborasi, tidak semua memiliki daya belajar dan keterlibatan aktif yang sama. Oleh kerena itu, peneliti mempunyai solusi untuk mengatasi pemecahan masalah tersebut. Tipe Teams Games Tournament (TGT) dari model pembelajaran kooperatif ialah satu diantara model pembelajaran bermanfaat untuk mempertinggi kegiatan aktivitas dari peserta didik di kelas. Penggunaan metode penelitian yakni kualitatif dan deskriptif. Terdapat lima langkah penerapan model pembelajaran TGT yaitu 1) menyampaikan infromasi, 2) pembentukan tim, 3) permaian, 4) turnamen, dan 5) penghargaan kelompok Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), tujuan proses belajar dapat dicapai jika peserta didik berpartisipasi aktif dalam pelajaran dan dalam penugasan kelompok. Selain itu, model TGT (Teams Games Tournament) mengintegrasikan peserta didik dengan kemampuan Abad-21 yang sangat dibutuhkan ketika peserta didik bergerak dalam dunia masyarakat yaitu, pada kegiatan berdiskusi dan presentasi (<em>Communication</em>), melakukan Kerjasama dalam kelompok (<em>Collaboration</em>), tanya jawab, menanggapi, menjawab soal(<em>Critical thinking</em>), dan memaparkan hasil diskusi dan penilaian dengan menarik (<em>Creativity</em>).</p> <p>Kata kunci: Model pembelajaran, TGT</p> Tri Wahyu Setyaningrum, Asrofah Copyright (c) 2024 Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2736 Tue, 09 Apr 2024 00:00:00 +0000 UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC PADA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA DI KELAS III SDN 2 TAMBAKSOGRA https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2803 <p>Changes. The research occurred in two cycles, each cycle consisting of two meetings through the stages of planning, implementation, observation, and reflection. Students of SDN 2 Tambaksogra, Banyumas there are 11 girls and 5 boys in class III who are the focus of this research. The research instruments used are observation sheets, learning outcomes tests. The results showed that the RADEC Learning Model could improve students' cognitive, affective, psychomotor learning outcomes which were marked by an increase in each cycle. cognitive learning outcomes increased from 65.63% to 87.50%. Then affective learning outcomes increased from 67.44% to 85.12% and psychomotor learning outcomes also increased from 68.75 to 85.41%, the success indicator of learning outcomes in cycle II through the application of the RADEC Learning Model (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) has been met. From the above research in applying the RADEC Learning Model on energy material and its changes can improve student learning outcomes.</p> Lutpi Yandi Heryana, Badarudin Copyright (c) 2024 Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2803 Tue, 09 Apr 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN WONOTINGAL SEMARANG https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2802 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran <em>Problem Based Learning </em>(PBL) pada materi kekongruenan bangun datar di kelas V SDN Wonotingal Semarang. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Wonotingal Semarang tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah peserta didik 26 orang. Berdasarkan hasil pembahasam dan analisis disimpulkan melalui penerapan model pembelajaran <em>Problem Based Learning </em>(PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik pada materi kekongruenan bangun datar. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar matematika peserta didik yang baik setelah menerapkan model pembelajaran <em>Problem Based Learning </em>(PBL). Selain itu perlu adanya perhitungan dari uji T berpasangan (<em>paired sample T tes</em>) dan uji n-gain pada <em>pretest </em>dan<em> posttest </em>yang diberikan peneliti pada peserta didik. Pada uji T berpasangan pada penelitian ini adalah didapatkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing variabel. Sedangkan hasil dari uji n-gain pada penelitian ini didapatkan nilai mean pada n-gain score sebanyak 0,3296 dimana 0,3 ≤ g ≤ 0,7 sehingga termasuk ke dalam kategori sedang.</p> Dinda Aryani Kusumaningrum, Joko Siswanto Copyright (c) 2024 Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2802 Tue, 09 Apr 2024 00:00:00 +0000 IMPLEMENTASI METODE QUANTUM WRITING PADA KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI KELAS V SD https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2801 <p>Keterampilan berbahasa mencakup&nbsp; empat aspek yakni: 1) keterampilan menyimak, 2) keterampilan berbicara, 3) keterampilan membaca, dan 4) keterampilan menulis. Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting dan paling sulit dari keempat keterampilan tersebut.&nbsp; Namun, pada temuan dilapangan masih banyak peserta didik yang masih kesulitan dalam menuangkan idenya kedalam tulisan, sehingga menyebabkan keterampilan menulis peserta didik rendah.&nbsp; Selain itu, penyebab rendahnya keterampilan peserta didik dalam menulis disebabkan karena, pendidik tidak menggunakan metode yang baik. Pendidik hanya menjelaskan teks deskripsi secara teori tanpa mengajarkan tahapan proses menulis yang baik, sehingga peserta didik kesulitan dalam mengembangkan topik tulisan menjadi teks yang utuh. Upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi dilakukan dengan menerapkan metode yang baik, yakni salah satunya metode <em>quantum writing </em>dengan sistem PAKH (Pusatkan PIkiran, Atur, Karang dan Hebat). Melalui metode <em>quantum writing </em>peserta didik dapat menuangkan idenya&nbsp; dengan bebas kedalam tulisan tanpa takut salah.&nbsp; Tujuan penelitian ini adalah untuk&nbsp; mengetahui pengaruh metode <em>quantum writing </em>pada keterampilan menulis teks deskripsi di kelas V SD Negeri 1 Langsa, Kecamatan Langsa, Kota Langsa, NAD. Teknik pengambilan sampel yakni sampel jenuh yang berjumlah 22 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian Pre Experimental, dengan Desain <em>One Group Pretest Posttest</em>. Instrumen yang digunakan berupa tes dan rubrik penilaian. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial yang mencakup uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa 0,000 &lt; α 0,05. Artinya, metode <em>quantum writing </em>berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks deskripsi di kelas V SD Negeri 1 Langsa.</p> Dyani Risyda Fauziyah, Dian Indihadi, Erwin Rahayu Saputra Copyright (c) 2024 Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2801 Tue, 09 Apr 2024 00:00:00 +0000 PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MELALUI PROBLEM BASED LEARNING PESERTA DIDIK KELAS VI SD https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2793 <p>Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning di kelas&nbsp; VI dengan mata pelajaran tematik di SD Negeri dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Penelitian yang dilaksanakan menerapkan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data yaitu pendidik dan peserta didik sebagai subjek penelitian. Instrument pengumpulan data yang diterapkan dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi serta quesioner. Peserta Didik Kelas VI terdiri dari 6 perempuan dan 12 laki-laki. Pengambilan data dilaksanakan dengan tiga siklus yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Tehnik analisis data yaitu secara deskriptif diambil dari presentase keaktifan belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dalam kelas VI SD Negeri 1 Rejosari Pringsurat Temanggung. Pada pelaksanaan pra siklus rata-rata keaktifan peserta didik dalam belajar sebesar 54,5. Data yang dihasilkan pada siklus I terdapat peningkatan sebesar 15,4 menjadi 69,9 dan masuk dalam kriteria Cukup Aktif. Karena hasil belum sesuai maka dilanjutkan pada tahap siklus II dan menunjukkan adanya peningkatan sebesar 18,8 menjadi 88,7 dan masuk dalam kriteria Sangat Aktif.&nbsp; Dari data peningkatan keaktifan belajar yang diperoleh tersebut bisa diketahui bahwa terjadi peningkatan keaktifan belajar mulai dari tahap pra siklus, siklus I sampai tahap siklus II</p> Elly Handayani, Naniek Sulistya Wardani Copyright (c) 2024 Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2793 Tue, 09 Apr 2024 00:00:00 +0000 ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS XI PH 4 SMKN 6 SEMARANG PADA MATERI MATRIKS BERDASARKAN LANGKAH POLYA https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2796 <p><em>The purpose of this research is to analyze how students' mathematical problem solving skill are in solving problem problems in matrix material. This research method is in the form of a descriptive method using a qualitative approach. The subjects of this research were students of class XI PH 4 SMKN 6 Semarang with a total of 35 students. The instrument used is a test instrument in the form of 4 questions describing the matrix material, and each question refers to an indicator. The results of the research show that students' mathematical problem solving abilities are in the high category, was 6 students or (17.14%), then as many as 24 students or (68.57%) were catagorized as medium, and as many as 7 students or (20%) were catagorized as low. From this research it has been obtained that students' problem solving abilities are based on the polya stages, namely at the stage of understanding the problem, preparing a solution plan, carrying out the solution plan, re-examining and making conclusions, there are still students who do not carry out the process of understanding the problem, then develop a problem plan that is lacking. correct, not solving the problem given, and students not checking again and drawing conclusions is not correct. Students' mathematical problem solving abilities are still in the medium category, students are expected to continue learning and practicing so that students are more accustomed to solving problems with problem solving skills.</em></p> Eva Nabila Zulfaniar, Rasiman, Pramono Copyright (c) 2024 Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2796 Tue, 09 Apr 2024 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 4 PITU RIAWA KAB. SIDENRENG RAPPANG https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2806 <p><em>The development of digital technology today has a significant impact on world of education. The use of technology facilitates the process of learning and creating The learning atmosphere is not boring and monotonous. This study uses R&amp;D (Research and Development) research and development methods. This study Aims to 1) Know the level of learning video media needs, 2) Design learning video media, 3) knowing the validity / feasibility of learning video media, 4) Know the level of practicality of learning video media. This research was developed by using the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). This research was conducted at SMP Negeri 4 Pitu Riawa Sidenreng Rappang District. The subjects of this study were 20 grade VIII students, 1 person teacher, and 2 validators consisting of material/content validators and media validators. Data collection using needs identification questionnaire, material/content validation questionnaire, media validation questionnaire, individual trial questionnaire, large group/field trial questionnaire and questionnaires of subject teacher responses. The results of this study are: 1) Results obtained from identifying the level of student needs to be in the required category, 2) Design learning video media using the Doratoon application, the resulting product in the form of an animated video containing the opening, content of the material and practice questions, 3) Results obtained from material / content validation and media validation is in the very valid category, 4) to test The level of practicality of the product is carried out individual trials, large group / field trials and teacher responses. From individual trials and teacher responses are in the very category Good while in large group / field trials are in the good category. Based on the results of this study, it can be concluded that the product has been developed by researchers is valid / feasible and practical to use in the learning process.</em></p> Karmila, Pattaufi, Andromeda Valentino Sinaga Copyright (c) 2024 Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2806 Wed, 10 Apr 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SDN KARANGREJO 02 https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2792 <p>Pembelajaran Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang wajib untuk dibelajarkan pada setiap jenjang&nbsp; pendidikan baik itu dari Pendidikan Dasar sampai Pendidikan tinggi.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November di kelas I SD Negeri Karangrejo 02 Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran <em>Problem Based Learning </em>(PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1 SDN Karangrejo 02, jumlah siswa di kelas 1 sebanyak 12 siswa 7 laki-laki dan 5 perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan desain <em>one group pretest posttest.</em> Teknik pengumpulan data menggunakan data test dan non tes, data tersebut dianalisis menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran <em>Problem Based Learning </em>terhadap hasil belajar siswa dapat dilihat pada rata –rata <em>pretest </em>diperoleh rata 63 meningkat menjadi 86 pada <em>posttest </em>pada perhitungan hasil uji t (<em>paired sample test) </em>diperoleh nilai signifikan yaitu 0,000 &lt; 0.005 sehingga H0 ditolak dan pada perhitungan uji n-gain siswa juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata yaitu 0,66. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model <em>Problem Based Learning </em>memiliki pengaruh peningkatan rata-rata dengan kriteria sedang terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas I SD Negeri Karangrejo 02 Kota Semarang.</p> Pramita Melatisari, Joko Siswanto Copyright (c) 2024 Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2792 Wed, 10 Apr 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN KARANGREJO 02 SEMARANG PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2807 <p><em>This research is motivated by the results of observations made by researchers. In observation activities, the results showed that students were less able to apply critical thinking in learning activities. Based on this, it became the basis for research conducted to research the influence of Problem Based Learning on the learning outcomes of class IV students at SDN Karangrejo 02 on Pancasila Education learning at SDN Karangrejo 02. This type of research is quantitative with a pre-experimental design with a one group pretest model. -posttest. The research was carried out at SDN Karangrejo 02 Semarang. The diagnostic test results obtained are used to determine student learning outcomes. The research results show that the application of the Problem Based Learning model can be used as a reference for learning activities that train students' critical thinking skills, and can improve student learning outcomes. Based on this research, the suggestion that researchers can convey is that schools can implement learning activities that involve more critical thinking learning, for example by implementing the Problem Based Learning learning model. With learning activities that train critical thinking skills, it is hoped that it can improve students' critical thinking skills in all aspects of life. The author hopes that this research can become one of the teaching innovation options that can be used by teachers and can be developed for teaching by future researchers.</em></p> Ratna Kurnia Novianti, Ikha Listarini Copyright (c) 2024 Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2807 Wed, 10 Apr 2024 00:00:00 +0000 MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN MELALUI EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GONDANGDIA 01 PAGI JAKARTA PUSAT https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2790 <p><em>This classroom action research aims to improve environmental care attitudes through extracurricular scouting in class V scouts. The research was conducted at SD Negeri Gondangdia 01 Pagi in Central Jakarta. The subjects of this research were VA class students totaling 29 people. The classroom action research model used was the Kemmis and McTaggart model. Research data collection techniques include questionnaires, observation, and documentation. The pre-cycle data on the environmental care attitude of students is 14%. After being given action, the data on the environmental care attitude of students in the first cycle amounted to 45%, then in the second cycle it increased and had met the success criteria set by reaching 83%. The increase in environmental care attitudes is shown by students diligently cleaning the classroom and school environment, throwing garbage in the trash according to its type, recycling garbage, not using disposable products, doing greening, and others. The conclusion of this research is that the application of scouting extracurricular activities can improve environmental care attitudes in VA class scouts of SD Negeri Gondangdia 01 Pagi in Central Jakarta so that teachers can make scouting extracurricular activities as an alternative to improve environmental care attitudes in elementary school students.</em></p> <p><em>Keywords: Scouting Extracurricular, Environmental Care Attitude of Class V Students.</em></p> Bella Aprillianti, Endang Wahyudiana, Iva Sarifah Copyright (c) 2024 Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2790 Wed, 10 Apr 2024 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PLOTAGON KELAS VI PADA TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1 https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2797 <p><em>This research aims to determine the development of Plotagon-Based Learning Media in the Let's Save Animals and Plants sub-theme in class VI SDN Bantarjati 5 Bogor, as well as determine the suitability of learning media in the learning process. The method used in this research is the ADDIE method (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). In this research, validation tests were carried out on media experts, material experts and language experts to develop and perfect Plotagon-based learning media products for students. The data results from media expert validation were 100%, which means it is very feasible to implement, the results from material experts were 86%, which was stated to be very feasible to implement, and the results from language experts were 100%, which means it was very feasible to implement. And based on a limited trial conducted with class VI students, 28 students obtained a score suitable for use of 73.8%, which means that Plotagon-based learning media is suitable for use in the learning process.</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: Learning Media, Plotagon.</em></p> Talitha Lutfiyah Kurtubi, Surti Kurniasih, Rukmini Handayani Copyright (c) 2024 Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2797 Wed, 10 Apr 2024 00:00:00 +0000 KEEFEKTIFAN METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS 2 SD NEGERI BUGANGAN 03 SEMARANG https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2798 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Alat yang kurang memadai menyebabkan pembelajaran matematika tidak menarik perhatian siswa. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa yang sangat rendah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis efektivitas peningkatan hasil belajar siswa melalui metode diskusi pada pelajaran matematika siswa kelas 2SD. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain experimental, desain ini menggunakan nilai pretest dan nilai postest. Subjek penelitian yaitu kelas 2SD sebanyak 27 siswa Berdasarkan hasil observasi awal hasil belajar pelajaran matematika dilihat sebelum penggunaan metode diskusi, ada siswa yang mendapat nilai di bawah KKM sebanyak 16 siswa dan 11 siswa yang mendapat nilai di atas KKM dengan rata-rata yaitu sebesar 41% di angka yang cukup kurang. Setelah menggunakan metode diskusi dilihat siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM yaitu sebanyak 19 siswa dan 8 siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM dengan rata-rata yaitu sebesar 70%. Maka, pembelajaran dengan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 2SD.</p> Aji Prasetyo, Joko Siswanto, Fredirica Yudina Numareta Copyright (c) 2024 Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2798 Wed, 10 Apr 2024 10:07:09 +0000 PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERKEBINEKAAN GLOBAL MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD ISLAM TERPADU HARAPAN BUNDA SEMARANG https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2822 <p>Masitoh 2024, “Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebinekaan Global Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Bunda Semarang”. Tesis. Pembimbing 1) Dr. Muhdi, SH., M.Hum., 2) Dr. Endang Wuryandini, M.Pd.</p> <p>Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen penguatan Profil Pelajar Pancasila dimensi berkebinekaan global melalui budaya sekolah yang ada di SD Islam Terpadu Harapan Bunda Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui uji kredibilitas dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan trianggulasi.</p> <p>Berdasar hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui budaya sekolah terdiri dari perencanaan yang dilakukan oleh kepala sekolah dan tim pengembang kurikulum membuat Rencana Kerja Tahunan (RKT), pengorganisasian dilakukan oleh kepala sekolah dengan dukungan semua warga sekolah dengan adanya aturan kebijakan dan penugasan yang ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) dan Surat Tugas , pelaksanaan oleh seluruh warga sekolah melalui budaya akademik, budaya sosial dan budaya demokrasi, pengawasan dilakukan dengan supervisi kepala sekolah dan analisis penilaian (monitoring) oleh setiap guru. Meskipun dinilai sudah berjalan dengan baik terbukti meningkatnya laporan rapor pendidikan dari Kemendikbudristek tetapi masih ada guru yang kurang peduli yang memerlukan pembinaan lebih lanjut.</p> Masitoh, Muhdi, Endang Wuryandini Copyright (c) 2024 Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2822 Thu, 18 Apr 2024 00:00:00 +0000 MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2824 <p><em>This research aims to increase student activity in Pancasila education subjects using the problem based learning model in elementary schools. The type of research used is Kemmis &amp; Taggart's classroom action research model. The subjects of this research were class 5D students at SD Negeri Rejosari 01 for the 2023/2024 academic year with a total of 27 students. The 27 students consisted of 12 male students and 15 female students. The data collection technique uses observation sheets and written tests, then quantitative and qualitative descriptive analysis is carried out from the data obtained. The application of the problem based learning model before the cycle was carried out resulted in an average learning outcome of 69%. After the cycle was held, the activeness value for cycle I was 72%, increasing in cycle II to 82%. Cognitive learning outcomes for class 5D increased from cycle I, achieving classical completeness, with a class average of 73.14 or 73%, an increase in cycle II to 85.55 or 86%. The conclusion of this research is that the applica-tion of the Problem Based Learning (PBL) learning model can improve learning outcomes in Pancasila education learning for class 5D students at SD Negeri Rejosari 01.</em></p> Niega Aryani, Filia Filia Prima Artharina Copyright (c) 2024 Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2824 Thu, 18 Apr 2024 00:44:16 +0000 PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM SOLVING BERBANTU VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MATERI ARITMATIKA SOSIAL https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2821 <p>Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis menggunakan media pembelajaran dengan tidak menggunakan media dan untuk mengetahui rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis menggunakan media pembelajaran memenuhi ketuntasan belajar klasikal lebih baik daripada tidak menggunakan media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen <em>Posttest-Only Control Design</em>. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII di SMP Negeri 1 Cluwak tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah responden 64 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah <em>Cluster Random Sampling</em>, kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh adalah dari nilai <em>Posttest. </em>Kemudian dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji T pihak kanan, dan uji ketuntasan belajar klasikal. Hasil uji T pihak kanan dengan &nbsp;(rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen tidak lebih baik dari kelas kontrol) dan &nbsp;(rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol) menunjukan bahwa untuk &nbsp;dan &nbsp;dengan taraf signifikan 5% didapatkan &nbsp;dan . Karena harga &nbsp;maka tolak. Jadi rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis kelas ekperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Pada uji ketuntasan belajar klasikal untuk persentase ketuntasan pada kelas eksperimen adalah 81,25%, karena persentase ketuntasan &nbsp;maka rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Pada uji ketuntasan belajar klasikal untuk persentase ketuntasan pada kelas kontrol adalah 28,13%, karena persentase ketuntasan &nbsp;maka rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa tidak mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen memenuhi ketuntasan belajar klasikal lebih baik daripada kelas kontrol.</p> <p>&nbsp;</p> Ratna Widi Astuti, Sudargo, Rina Dwi Setyawat Copyright (c) 2024 Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2821 Thu, 18 Apr 2024 00:00:00 +0000 PROFIL MOTIVASI BELAJAR DALAM IMPLEMENTASI ICE BREAKING di KELAS IV SD ISLAM ALMADINA SEMARANG https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2825 <p><em>This research aims to describe the profile of learning motivation in the </em><em>&nbsp;</em><em>implementation of ice breaking in class IV of Almadina Islamic Elementary School, Semarang. This research use desciptive qualitative approach. The resource persons for this research were teachers and fourth grade students. The techniques for collecting data in this research are interviews, observation and documentation. Data analysis uses data reduction techniques, data presentation, and drawing conclusions. The results of the research show that the learning motivation profile is the learning motivation profile in the implementation of ice breaking in class IV of Almadina Islamic Elementary School, Semarang. During each break in the learning process, ice breaking activities are usually used, namely using variations of clapping, asking about news, variations of games or games. Learning motivation can be increased by implementing ice breaking activities for fourth grade students at Al Madina Islamic Elementary School Semarang, the impact of which is that students concentrate on the entire learning process and understand that ice breaking can dilute the atmosphere which was previously less conducive to become more conducive</em></p> Tarisa Tarisa, Joko Siswanto Copyright (c) 2024 Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2825 Thu, 18 Apr 2024 01:10:01 +0000 PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2812 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian One Group Pre-Test Post-Test Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD N Rejosari 01 Semarang dengan jumlah 28 peserta didik. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji paired sampel t test menggunakan uji komogorow Smirnov dan Shapiro-wilk pada SPSS Statistic 25. Dari nilai pretest menunjukkan bahwa nilai rata-rata adalah 69% sedangkan nilai posttest menunjukkan rata-rata 86% serta berdasarkan analisis uji paired sampel t-test diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 &lt; 0,05, sesuai dengan prosedur ini pada taraf signifikasi 5%, yaitu ????= 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara hasil belajar mata pelajaran pendidikan pancasila pada data pretest dan posttest. Sehingga peneliti dapat menyimpulkan pada penelitian ini bahwa media pembelajaran wordwall berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar pada materi keberagaman budaya.</p> Tikhkamatul Khasanah, Muhammad Prayito Copyright (c) 2024 Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2812 Thu, 18 Apr 2024 00:00:00 +0000 KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZEL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN WONOTINGAL KOTA SEMARANG https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2813 <p><em>The crossword puzzle learning strategy is an active learning strategy for students that can be used as a good learning tool without losing the essence of ongoing learning. In fact, this strategy actively involves students from the start. Through crossword puzzles or crossword puzzles learn something complicated and think about how to solve crossword puzzles correctly. The crossword puzzle strategy is very good to use in the learning process because it can stimulate students to play an active role in the learning process. By using the crossword puzzle learning strategy, it is hoped that it will have a good impact on student learning outcomes. This research aims to determine the effectiveness of the Crossword Puzzle learning strategy on the learning outcomes of class V D students at SDN Wonotingal, Semarang City. The research method used is quantitative with a One Group Pretest-Posttest Design. Data was collected through pretest and posttest and analyzed using statistical methods. The research results show an increase in student learning outcomes after implementing the Crossword Puzzle learning strategy. The average pretest score was 45.19 and the average posttest score was 77.04. The results of the N-gain test are categorized as quite effective with the medium category getting an N-gain score of 0.6200 and an N-gain percent with a score of 61,9988. The significance value (2-tailed) has an average of -31.852 and 0.001. It can be concluded that there is a comparison between the results of the pretest and posttest if the significance figure is less than 0.05, which means Ho is rejected and Ha is obtained. The results proved that there was an influence on student learning outcomes before learning using the Crossword Puzzle learning strategy was implemented and after it was implemented.</em></p> Yunik Ekawati, M. Prayito, Bernardus Irianto Copyright (c) 2024 Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2813 Thu, 18 Apr 2024 00:00:00 +0000 HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS X MA SHOLAHUDDIN DEMAK https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2818 <p>Penelitian ini bertujuan mengetahui mengenai kepercayaan diri dengan komunikasi interpersonal siswa kelas X MA Sholahuddin Demak. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2024. Dengan menggunakan pendekatan korelational, alat ukur yang digunakan adalah skala kepercayaan diri dan komunikasi interpersonal. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X MA Sholahuddin Demak. Pada penelitian ini pengambilan sampel menggunakan sampel populasi. Dari hasil perhitungan kedua variable memperoleh hasil signifikan. Sedangkan nilai r tabel untuk jumlah sampel 97 dengan taraf signifikan 5% sebesar -0,230 yang berarti kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang cukup siginidikan. Oleh karena itu | r hitung | 1 | &gt; | r tabel | &nbsp;-0,230 apabila dicocokkan dengan tabel interpretasi menunjukkan bahwa antara variabel kepercayaan diri dan komunikasi interpersonal terdapat korelasi yang rendah. Namun dari hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan kepercayaan diri dengan komunikasi interpersonal siswa kelas X MA Sholahuddin Demak.</p> Zaim Setiawan, Tri Suyati, Ismah Copyright (c) 2024 Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2818 Thu, 18 Apr 2024 00:00:00 +0000 KAJIAN TATANAN DAKWAH TERHADAP PERAN SISTEM DAKWAH SEBAGAI SUBSISTEM SOSIOKULTURAL, IDEOLOGI DAN POLITIK https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2827 <p><em>The da'wah system has become an integral part of society which has a strong ideological and political foundation. As a sociocultural subsystem, its role in shaping and influencing the ideology and politics of a society is very important. This article aims to provide an in-depth review of how the da'wah system acts as a sociocultural subsystem that has an impact on ideology and politics. This research aims to analyze the role of the da'wah system as a sociocultural subsystem in ideological and political dynamics. The method used is library research, which involves analysis of various literature, articles and related information sources. The findings from this research show that the da'wah system has a significant role in shaping and influencing ideology and politics in society. The da'wah system functions as an agent of social change that influences the values, beliefs, and political actions of individuals and groups. Through a library research approach, this research provides in-depth insight into how the da'wah system plays a crucial role in directing ideological and political flows in a social and cultural context.</em></p> Muhammad Aris Fachrizal, Heluny Otistaviany, Meity Suryandari Copyright (c) 2024 Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2827 Thu, 18 Apr 2024 07:09:54 +0000 KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN LKPD BERBASIS HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV DI SD ISLAM AL MADINA SEMARANG https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2820 <p>Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik terkhususnya pada muatan pelajaran IPAS. Hal ini di sebabkan oleh kualifikasi profesional guru serta metode, teknik dan strategi guru dalam mengajar juga mempunyai pengaruh yang besar terhadap proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, peserta didik cenderung pasif hanya menulis dan mendengarkan, peserta didik sulit memahami konsep yang diberikan oleh guru. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan LKPD berbasis HOTS terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV di SD Islam Al Madina Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk <em>preeksperimental design</em> dengan bentuk <em>One-Group-Pretest-Posttest Design.</em> Populasi penelitian adalah siswa kelas IV di SD Islam Al Madina Semarang tahun pelajaran 2023/2024. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa IV di SD Islam Al Madina Semarang sebanyak 28 peserta didik. Untuk mengetahui keefektifan LKPD berbasis HOTS terhadap hasil belajar kelas IV SD Islam Al Madina Semarang digunakan uji-t berpasangan yang memiliki nilai t hitung&gt;t tabel atau sebesar (9,039&gt;2,048), sehingga H<sub>0</sub> ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh terhadap perlakuan yang dilakukan peneliti dengan LKPD berbasis HOTS. Sedangkan dengan uji N-Gain memalui <em>IBM SPSS Statistics Version 25 For Windows</em> diperoleh data 82,2455 atau 82% maka dalam kategori N-Gain &gt; 0,7 dengan kriteria tinggi. artinya LKPD berbasis HOTS efektif terhadap hasil belajar IPAS IV di SD Islam Al Madina Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya penggunaan LKPD berbasis HOTS dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar</p> Rosy Wido Raras, Joko Siswanto, Sulistyowati, Arfilia Wijayanti Copyright (c) 2024 Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2820 Sat, 20 Apr 2024 00:00:00 +0000 PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS TEKS EKSPLANASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 37 SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024 https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2828 <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model <em>project based learning</em> dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP N 37 Semarang. &nbsp;Berdasarkan hasil observasi terdapat masalah pada peserta didik kelas VIII SMP 37 Semarang yaitu peserta didik masih kesulitan untuk memahami materi, karena penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat. Penelitian ini memakai metode campuran atau <em>mixed methods.</em> Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa pengerjaan soal tes menganalisis teks eksplanasi, dan teknik non tes berupa observasi, angket. Berdasarkan hasil penelitian, sebelum diterapkan model <em>Project Based Learning</em> (PJBL) dalam pembelajaran menganalisis teks eksplanasi, guru masih menggunakan buku paket Bahasa Indonesia sebagai bahan pendukung pembelajarannya. Penerapan model <em>Project Based Learning</em> terbukti peserta didik lebih aktif saat pembelajaran. Model PJBL &nbsp;juga membuat peserta didik menjadi lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran.</p> <p>&nbsp;</p> Asah Luviah, Mukhlis, Rawinda Fitrotul Mualafina Copyright (c) 2024 Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2828 Sat, 20 Apr 2024 00:00:00 +0000 IMPROVING VOCABULARY MASTERY USING INTERACTIVE MIND MAPPING METHOD TO THE SEVENTH GRADE OF SMP N 32 SEMARANG https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2826 <p><em>This research is based an a study which attempts to examine the use of the mind mapping method in improving vocabulary for 7<sup>th</sup> grade students of SMP N 32 Semarang. The purpose of this research was to find out the mind mapping method in improving students vocabulary. The objectives of this study are (1) To find out the students’ vocabulary achievement before using the interactive mind mapping method, (2) To find out the students’ vocabulary achievement after using the interactive mind mapping method, (3) To find out whether there is an improve student’s English vocabulary through interactive mind mapping method achievement significantly. (4) To find out the students’ perception of the use mind mapping to improve their vocabulary. Pre-experimental research was used in this study method. In this study, the researcher collects the data by using the tests and questionnaire. The researcher uses the statistical calculation with SPSS in data analyzed. The sample of this research is one class from 7<sup>th</sup>. The class has 31 students. As a results , it can be witnessed from the mean of pre-test and post-test. In pre-test result is 81,4. After being given treatment,the post-result is 86,9. Moreover, the hypothesis result showed that Ha is accepted. Because, T-count was higher than T-table (2.846 &gt; 1.710), it indicates that there was a significantly improving vocabulary using mind mapping method.</em></p> Dwi Handayani, Fitri Yulianti, T Sri Suwarti Copyright (c) 2024 Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2826 Sat, 20 Apr 2024 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO TERINTEGRASI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATERI JENIS UANG KELAS IV SDN JATIREJO KALIGESING PURWOREJO https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2836 <p><em>The learning process implemented is one-way, causing learning to become boring and uninteresting. Therefore, this research aims to: 1) Produce a product in the form of Integrated Ludo Learning Media Development for Pancasila Student Profiles on Class IV Money Types at SDN Jatirejo Kaligesing Purworejo which is in accordance with research and development development procedures. 2) What is the feasibility of developing Integrated Ludo Learning Media for Pancasila Student Profiles in Class IV Money Types at SDN Jatirejo Kaligesing Purworejo. The type of research used in research is research and development. The research model uses Borg and Gall which consists of 10 development stages. The research subjects were class IV students at SDN Jatirejo for the 2023/2024 academic year with a total of 17 students. The data collection techniques used were observation, interviews and questionnaires. The data collection instruments used consisted of observation sheets, interviews, media expert validation questionnaires, materials, teachers and student responses. The data analysis techniques used are feasibility analysis and practicality analysis. The results of this ludo media development research are: 1) This research produces a product in the form of Integrated Ludo Learning Media for Pancasila Student Profiles on Class VI Money Types at SDN Jatirejo Kaligesing Purworejo. 2) The product feasibility results obtained an average score of 90% which was in the "very feasible" category, the practicality results obtained an average score of 91% which was in the "very practical" category. Based on this study, it can be concluded that ludo learning media is suitable for use as learning media in elementary schools.</em></p> Dwi Nugraini, Arum Ratnaningsih, Muflikhul Khaq Copyright (c) 2024 Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2836 Tue, 23 Apr 2024 01:00:06 +0000 PENGARUH APLIKASI FOCUSKY PADA HASIL BELAJAR PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA SMA NEGERI 10 JENEPONTO https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2832 <p><sup>Focusky sebagai media pembelajaran adalah aplikasi dengan penyajian yang dapat dimanfaatkan sebagai alat pembelajaran melalui kombinasi kemampuan zoom untuk menarik perhatian siswa selama proses pembelajaran dan mempengaruhi hasil pembelajaran siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Aplikasi Focusky Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa SMA Negeri 10 Jeneponto. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Eksperiment Pretest – Posttest Control Group Design. Hasil penelitian menampakkan bahwa adanya Pengaruh Aplikasi Focusky pada Hasil Belajar Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa SMA Negeri 10 Jeneponto. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji non-parametrik yaitu Mann-Whitney hasil post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen mendapatkan nilai asymp. sig. (2-tailed) sebesar 0,032. Dari hasil nilai signifikansi tersebut kurang dari 0,05 sehingga berdasarkan kriteria Keputusan uji Mann-Whitney bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Uji Mann-Whitney bahwa Ha diterima menunjukkan terdapat pengaruh aplikasi focusky pada hasil belajar Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa SMA Negeri 10 Jeneponto. Sedangkan pada aktivitas siswa saat belajar pada kelas kontrol rata-rata persentase aktivitas siswa saat proses pembelajaran sebesar 67,8% sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 90,16%. Persentase tersebut membuktikan adanya peningkatan sebesar 22,36%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran focusky saat belajar lebih aktif dalam proses pembelajaran.</sup></p> <p>&nbsp;</p> Asmaul Husna, Muhammad Nawir, Syarifuddin Cn. Sida Copyright (c) 2024 Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2832 Tue, 23 Apr 2024 00:00:00 +0000 STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MAHARAH AL-QIRA’AH SISWA KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HIKMAH HAURGEULIS https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2835 <p><em>This aim </em>of this research is to determine the problem of maharah al-qira'ah of class IX students and teachers' strategies in improving the maharah al-qira'ah of students IX class of Madrasah Tsanawiyah Nurul Hikmah Haurgeulis in 2023. This research use desciptive qualitative approach. The data collection process was through the maharah al-qira'ah test for students IX class, classroom observations during learning, interviews with students and teachers as well as madrasah heads to obtain information and documentation. The result of this research indicate that students problems in maharah al-qira'ah are caused by linguistic and non-linguistic problems. Linguistic problems include aspects of sound and writing. And non-linguistic problems include student intelligence and motivation. The teacher's strategy for improving the maharah al- qira'ah of class IX Madrasah Tsanawiyah Nurul Hikmah Haurgeulis students in 2023 is to use the practice method and the sentence method. In delivering the material the teacher uses an expository strategy and in enriching the students' vocabulary the teacher uses the mufrodat strategy.</p> <p><strong>Keywords: </strong>Teacher Strategy, Maharah Al-Qira'ah, Arabic Language Problems</p> Zaytunil Hikmah, Dewi Utami, Dadan Mardani Copyright (c) 2024 Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2835 Tue, 23 Apr 2024 00:00:00 +0000 ANALISIS PERSPEKTIF GURU TERKAIT PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SMPN 4 TAMALATEA KABUPATEN JENEPONTO https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2834 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebijakan pemerintah yang menuntut penerapan Kurikulum Merdeka di seluruh sekolah di Indonesia. Dalam konteks SMPN 4 Tamalatea Kabupaten Jeneponto, peneliti bertujuan untuk menggali persepsi guru terhadap implementasi Kurikulum Merdeka serta mengidentifikasi hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologis. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan memanfaatkan sumber data primer dan sekunder. Enam orang guru dengan mata pelajaran yang berbeda menjadi sumber data dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap implementasi Kurikulum Merdeka di SMPN 4 Tamalatea Kabupaten Jeneponto sudah baik namun yang masih menjadi kendala dalam penerapan Kurikulum Merdeka adalah minimnya pemahaman guru terkait Kurikulum Merdeka secara menyeluruh. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar guru di SMPN 4 Tamalatea Kabupaten Jeneponto merespons positif terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka, namun masih terdapat kendala dalam pemahaman dan antusiasme guru yang dapat mempengaruhi keberhasilan implementasi.</p> Hardianti, Muhammad Nawir, Akram Copyright (c) 2024 Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2834 Tue, 23 Apr 2024 00:00:00 +0000