PEMBELAJARAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI PENDIDIKAN SENI DI SD NEGERI 26 KAYU PASAK KECAMATAN PALEMBAYAN KABUPATEN AGAM
Abstract
In the subject of music, there is one of the character values used to achieve the competence of students, namely discipline. The objective to be achieved in this research is to find out the character learning discipline through art education in 20 Kayu Pasak State Elementary School. This type of research is a qualitative research, carried out in Sumberejo State Elementary School 20 Kayu Pasak Subdistrict Palembayan Elementary Agam District in 2022/2023 school year. Sources of data in this study were obtained through interviews, filling out questionnaires, and documentation from informants. The results of this study are based on observations and interviews of principals and teachers and filling out questionnaires (questionnaire) class III SD Negeri 26 Kayu Pasak already carrying out character discipline learning through art education (SBdP). It can be seen that students obey all school rules.
Metrics
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Chabiba, Arbaiyah Mareta Noer. 2018. “Integrasi Muatan Karakter Melalui Pembelajaran SBdP di SDN Jajartunggal III/452 Surabaya”. Jurnal. Universitas Negeri Surabaya JPGSD: Volume VI Nomor 02.
Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Kesuma, Dharma dkk. 2013. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Rosdakarya.
Kurniawan, Syamsul. 2014. Pendidikan Karakter Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Moleong. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Murniyetti, Engkizar, dan Fuady Anwar. 2016. “Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal. Universitas Negeri Padang: Volume VI Nomor 2.
Mustari, Mohamad. 2014. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Depok: Rajawali Pers.
Normalita, Adityas dan Hartono. 2016. “Proses Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Biola di SD Budi Mulia Dua Yogyakarta”. Jurnal. Universitas Negeri Semarang Catharsis: Volume V Nomor 01.
Pekerti, Widia. 2001. Pendidikan seni music, tari, drama. Jakarta: Universitas terbuka.
Purwanto, Setyoadi. 2016. Pendidikan Karakter Melalui Seni. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ratna, Nyoman Kutha. 2014. Peranan Karya Satra, Seni, dan Budaya dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Salahudin, Anas. 2013. Pendidikan Karakter. Bandung: Pustaka Setia.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabeta.
Suud, Abu dkk. 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah dan Perguruan Tinggi. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.
Suyanto. 2010. Pendidikan Karakter Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Wibowo, Agus. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada