Pengembangan Digital Book aran Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD Negeri Ponowareng 01

  • M. Arief Rohman Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
  • Ida Dwajayanti Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
  • Sumarno Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Keywords: Pembelajaran Digital Book Berbasis PBL, berfikir kritis

Abstract

  1. Arief Rohman. NPM.19560098. “Pengembangan Digital Book aran Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD Negeri Ponowareng 01”. Pembimbing: (1) Dr. Ida Dwajayanti, M.Pd; (2) Dr. Sumarno, M.Pd.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana validitas Digital Book berbasis PBL yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Ponowareng 01?, (2) Bagaimana kepraktisan Digital Book berbasis PBL yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Ponowareng 01? (3) Bagaimana keefektifan Digital Book berbasis PBL yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Ponowareng 01?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengembangkan dan menghasilkan Digital Book berbasis PBL yang valid untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Ponowareng 01, (2) Mengembangkan dan menghasilkan Digital Book berbasis PBL yang praktis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Ponowareng 01, (3)Mengembangkan dan menghasilkan Digital Book berbasis PBL yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Ponowareng 01.

Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Ponowareng 01 dan SDN Simbangdesa yang berjumlah 80 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi dan tes kepada siswa di awal dan akhir pembelajaran. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji pra syarat, dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil validasi dari para validator menunjukkan bahwa digital book berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Ponowareng 01 yang dikembangkan valid dan layak untuk dipergunakan. Hasil penelitian menunjukkan prosentase pencapaian produk dari ahli media sebesar 83% angka tersebut berada pada kualifikasi baik dan dikatakan valid tidak perlu revisi. Prosentase pencapaian produk dari ahli materi sebesar 83,84% valid tidak perlu revisi. Digital book berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Ponowareng 01 yang dikembangkan praktis untuk dipergunakan. Dari hasil respon guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran digital book berbasis PBL pada materi gaya dalam kehidupan sehari-hari dapat disimpulkan memiliki respon yag sangat positif. Digital book berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Ponowareng 01 yang dikembangkan kurang efektif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 91,67% peserta didik tuntas. Skor tertinggi peserta didik 100, skor terendah peserta didik 64, rata-rata nilai peserta didik 82,94 jumlah peserta didik yang tuntas 33 peserta didik dari 36 peserta didik dan 3 peserta didik tidak tuntas. Hasil analisis data indeks N-Gain 44,89% hal ini menunjukkan bahwa produk yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis kurang efektif.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abd. Fuad Rachman, Riska Ahsannunisa, dkk, 2017, Pengembangan LKPD Berbasis Berfikir Kritis Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA, Palembang: Jurnal ALKIMIA, Vol. 1 No.1.

Abercrombie, Nicholas, et.All. 2010. Kamus Sosiologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Abid, Sultan. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jakarta: Gramedia.

Agus, Cahyo. (2013). Panduan Aplikasi Teori Belajar. Jakarta. PT. Diva Press.

Ahmad Susanto. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group

Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a).

Alannita, Ni Putu dan I. Gusti Ngurah Agung Suaryana. 2014. Pengaruh Kecanggihan Teknologi Informasi, PartisIPAi Manajemen, dan Kemampuan Teknik Pemakai Sistem Informasi Akuntansi pada Kinerja Individu. ISSN: 2302-8556 E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 6.1 (2014):33-45.

Anas Sudijono. 2013. Pengantar Evaluasi pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Ariani, Resti Fitria. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd Pada Muatan Ipa.” DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7 (1): 13

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azhari. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA1 Pada Materi Sistem Pernapasan di SMA Negeri UNGGUL Sigli. Jurnal Biologi Edukasi Vol.7 No.1, 16.

Azwar, S. 2012. Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Borg, W.R & Gall, M.D (1983). Eucation research: an introduction.4th Edition. New York: Longman Inc

Dahar, Ratna Willis. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Diani, R., & Hartati, N. S. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 234-244.

Ejin, Syahroni. 2016. Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas IV SDN Jambu Hilir Baluti 2 pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan. 1. (1). 65-71. ISSN: 2527-6891.

Falahudin, Iwan. (2014). “Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran”. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 4 (1), 104-117.

Febrianti, F. A. (2021). Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 102-115.

Folb, P, I., 2012. The Safety of Medicines: Evaluation and Prediction. Springer Science & Business Media

Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, H, a. (2018) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah Ditinjsu dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Kognitif Implusif. Aksioma. 9 (1)

Gay. (1990). Educational Research and Development. USA: American Journal of Research.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia
Hendryadi, H. (2017). “Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner". Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47

Hsiao, Chun-Hua (2014). Explaining Undergraduates Behavior Intention of ETectbook Adoption. Empirical assessment of five theoretical Models. Department of Marketing. Kainan University. Taiwan

https://ainamulyana.blogspot.com/2016/04/ diakses pada 25 Mei 2022

Husein Umar. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali

Jannah, Naimatil, Noor Fadiawati, dan Lisa Tania. 2017. “Pengembangan E-book Interaktif Berbasis Fenomena Kehidupan Sehari-hari tentang Pemisahan Campuran.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia 6(1): 186–98. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/13179. (diakses tanggal 12 Maret 2022)

Kumala, Nur Farida. 2016. Pembelajaran IPA. Malang: Edide Infografika.

Kurniawati, A. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Microsoft Power Point Pada Mata Pelajaran Tekhnologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Plupuh Sragen. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Lestari, N.D., Ariani, N.R.D., Dan Ashadi., (2014), Pengaruh Pembelajaran Kimia Menggunakan Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dan Team Assisted Individualization (Tai) Dilengkapi Media Animasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Kelas Xi Semester Ganjil Smk Sakti Gemolong Tahun Pelajaran 2013/2014, Jurnal Pendidikan Kimia (Jpk), 3(1)

Listyarini, I., Saputra, H. J., & Basyar, M. A. K. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL BOOK BERBASIS FLIPBOOK MAKER MATERI IPA KELAS V DI SEKOLAH DASAR.

Mahmud. 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia

Muhammad Alwan, ―Pengembangan Multimedia E-Book 3D Berbasis Mobile Learning Untuk Mata Pelajaran Geografi SMA Guna Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh,‖ Jurnal At-Tadbir STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang I, no. 2 (2018): h.29.

Mulyasa, 2010. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Murniati, Andi. (2012). Pemanfaatan E-Journal Dan E-Book Oleh Mahasiswa Di Lingkungan Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN. SUSK RIAU (1-24)

Naimatil Jannah, Noor Fadiawati, and Lisa Tania, ―Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Fenomena Kehidupan Sehari-Hari Tentang Pemisahan Campuran, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia 6, no. 1 (2017): 186–198.

Novitasari, A., Sundari, N., & Wulan, N. S. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar tentang Isu Sains Religius pada Materi Daur Hidup Hewan.

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Permendiknas No.22 Tahun 2006 Tentang Standarisasi. Sekolah Dasar Dan Menengah. Depdiknas, Jakarta.

Pixyoriza, P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Kvisoft Flipbook Berbasis Problem Solving. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan IPA, 5(1), 31-39.

Qibtiya, M., & Kustijono, R. (2018). Keefektifan penggunaan e-book untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF) (Vol. 2, pp. 49-54).

Rahmatia, M., Monawati, & Darnius, S. (2017). Pengaruh Media E-Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 20 Banda Aceh. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 212–227.

Rudi Hari Rayanto dan Sugianti. 2020. Penelitian Pengembangan Model Addie dan R2d2: Teori & Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Setiana, D. S., Nuryadi, N., & Santosa, R. H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Aspek Overview. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan IPA), 6(1), 1-12.

Setiyoaji, W. T., Supriana, E., & Laksono, Y. A. (2020). Pengembangan e-book berbasis android dengan soal hots untuk membantu menganalisis besaran pada materi gerak lurus. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 114-120.
Sukmana, I., Supriatna, A. R., & Wardhani, P. A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1275-1281.

Surayya, dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari keterampilan Berfikir Kritis Siswa, Vol 4 (2012), h. 4

Trianto, I.B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif,. Progesif, dan Kontekstial. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama.

Uno, H. B., & Mohamad, N. (2014). Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif Menyenangkan. Cet. V. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Yusnimar, ―E-Book Dan Pengguna Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Jakarta,‖ Al-Maktabah 13, no. 1 (2014): 34–39.

Zulfa, N. I., Heryaniningsih, S. M., Saputra, M. R., & Putri, M. K. (2018). Pengaruh teman sebaya terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa sma. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 2, 69–74.
Published
2023-05-20
How to Cite
Rohman, M. A., Dwajayanti, I., & Sumarno. (2023). Pengembangan Digital Book aran Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD Negeri Ponowareng 01. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1001 - 1009. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.786