PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI BANGUN RUANG BAGI SISWA KELAS V (LIMA) SDN TRAGUNG 01
Abstract
Nur Azizah. 2023.” Pengaruh penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan lembar kerja peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berfikir kritis pada materi bangun ruang Bagi siswa kelas V SDN Tragung 01”. Pembimbing : (1) Dr. Rasiman, M.Pd; (2) Dr.Bagus Ardi Saputro, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana pengaruh perangkat model inkuiri terbimbing Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk meningkatkan pemecahan masalah dan berfikir kritis siswa materi bangun ruang pada siswa kelas V?.dari permasalahan ini dapat dijabarkan kedalam beberapa permasalahan penelitian : (1) Apakah penerapan pembelajaran dengan mdel inkuiri berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berpengaruh terhadap kemampuan siswa untuk memecahkan masalah dalam materin bangun ruang pada siswa kelas V (lima)?.(2) Apakah penerapan perangkat pembelajaran dengan model inkuiri berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berpengaruh terhadap kemampuan berfikir kritis siswa dalam materi bangun ruang pada siswa kelas V (lima)?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adakah pengaruh penerapan pembelajaran matematika dengan model inkuiri terbimbing berbantuan Lember Kerja Peserta Didik ( LKPD ) terhadap kemampuan siswa untuk memecahkan masalah pada materi bangun ruang (2) adakah pengaruh penerapan pembelajaran matematika dengan model inkuiri terbimbing berbantuan Lember Kerja Peserta Didik terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi bangun ruang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen.Pada penelitian ini terdapat dua kelas sampel penelitian yaitu kelas kontrol siswa kelas V SDN Tragung 01 dan kelas eksperimen siswa kelas V SDN Lawangaji.sampelnya sebanyak 38 peserta didik yang ditentukan berdasarkan berdasarkan teknik random sampling.Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar tes,lember observasi dan lembar dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah. (2) Penerpan pembelajaran volume bangun ruang pada siswa kelas v (lima) dengan menerapkan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berfikir kritis.
Metrics
References
Arikunto, S.(2007). Dasar-dasar EvaVolumei Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S.(2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Balitbang, Puskur Kemendiknas. (2011). Indikator-indikator Keberhasilan Sekolah dan Kelas dalam Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Depdiknas.
Borg, W.& Gall, M.(2003). Educational Research (fourth edition). Longman New York & London.
.
Elfindri, at al.(2012). Pendidikan Karakter Kerangka, Metode dan Aplikasi untuk Pendidikan dan Profesional. Jakarta: Baduose Media Jakarta. Diambil 2 Juni 2015, dari situs World Wide Web: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/viewFile/2665/2454.
Granados, R.(2000). Constructing Intersubjectivity in Reresentational Design Activities Journal of Mathematical Behavior. Diambil 2 Juni 2015, dari situs World Wide Web: http://lilt.ict.hawaii.edu/papers/2013/Medina-Suthers-JLS-2013.pdf
Hake, R. R.(1999). Analizing Change/ Gain Scor Woodland Hills Dept of Physics. Indiana University. Diambil 12 Juli 2015, dari situs World Wide Web: http://wsww.physics.indiana.edu/sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf
Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. Dalam Jan Van den Akker. R.M. Branh, K. Gustafson, N. Nieveen & Tj. Plomp (Eds) Design Approaches and Tools in Education and Training, 125-135. Dordrecht, Nederland: Kluwer Academic Publisher.
OECD, (2009a). Learning Mathematics fo Live: A View Persfective from PISA. Diambil 16 Maret 2015, dari situs World Wide Web: http://www.oecd.org/dataoecd/11/40/44455830.pdf
OECD, (2009b). PISA Assesment Framework. Diambil 6 Maret 2015, dari situs World Wide Web: http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/44455820.pdf
Sardiman, A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Siswoyo, D.(2011). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Sudjana, N.(2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N.(2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, N.S.(2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Stacey, K. (2010a). The View of Mathematical Literacy in Indonesia. Journal On Mathematics Education (IndoMS-JME), vol 2, 1-24
Tedjasaputra, M.(2001). Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: PT. Gramedia Widisarana Indonesia
Trianto, (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Yudha, M., Rudyanto, (2005). Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.