PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH, IKLIM ORGANISASI SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KOMPETENSI GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SWASTA KABUPATEN KUDUS

  • Siti Fatimah universitas pgri semarang
  • Nurkolis Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
  • Ngasbun Egar Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Keywords: pengaruh kompetensi, iklim sekolah, motivasi kerja

Abstract

Siti Fatimah. NPM  : 20510047. Judul Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Iklim Organisasi Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kompetensi Guru Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan di Sekolah menengah Kejuruan Swasta Kabupaten Kudus. Tesis, Program Pascasarjana, Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Nurkolis, M, M. Pembimbing 2 Dr. H. Ngasbun Egar,S.Pd., M.Pd.

 

Rumusan masalah ini adalah 1) adakah pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kompetensi guru di SMK Swasta, 2) adakah pengaruh iklim organisasi sekolah terhadap kompetensi guru di SMK Swasta, 3) bagaimakah pengaruh motivasi kerja guru terhadap kompetensi guru di SMK Swasta, 4) adakah pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah, iklim organisasi sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kompetensi guru di SMK Swasta.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post fakto dan menggunakan metode survey. Sampel penelitian adalah 326 dengan teknik purposive sampling. Penggalian data menggunakan kuesioner. Uji instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat menggunakan uji lineritas, uji normalitas, uji heteroksidasitas, uji multikoloniaritas. Uji hipotesis menggunakan uji regresi ganda dan uji regresi sederhana.

Hasil penelitian 1) terdapat pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kompetensi guru SMK Swasta di Kabupaten Kudus berdasarkan nilai Fhitung 385,635 lebih besar dari F 3,88 dengan nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. 2) terdapat pengaruh iklim organisasi sekolah terhadap kompetensi guru SMK Swasta di Kabupaten Kudus. Berdasarkan nilai Fhitung dari k iklim organisasi sekolah sebesar 8,369 sedangkan Ftabel sebesar  3,88  (8,369 > 3,88) dengan nilai Sig sebesar 0,004 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. 3) terdapat pengaruh motivasi kerja guru terhadap kompetensi guru SMK Swasta di Kabupaten Kudus berdasarkan nilai Fhitung dari motivasi kerja guru sebesar 9,902 sedangkan Ftabel sebesar  3,88  (9,902 > 3,88) dengan nilai Sig sebesar 0,014 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. 4) terdapat pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah, iklim organisasi sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kompetensi guru SMK di Kabupaten Kudus berdasarkan nilai Fhitung sebesar 141,880 sedangkan Ftabel sebesar  3,88  (141,880 > 3,88) dengan nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Agustini, Fauziah. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjutan. Medan: Madenatera.
Alfath, Annisa. 2022. Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar. Soshumdik, 1(2).
Ambar T. Sulistiyani dan Rosidah. 2017, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Graha Ilmu
Anoraga, Pandji. 2017. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Muhammad. 2018. Mencermati Standar Kepala Sekolah. Artikel Pendidikan Network. http://re-searchengines.com/0508arsyad.html
Atmodiwirio, Soebagiyo. 2017. Manajemen Pelatihan. Jakarta: Ardadizya Jaya
Burhanudin. 2016. Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Champbell J.P. 2015. Managerial Behavior, Performance, and Effectiviness. New York: MC Grow – Hill.
Daga, A. T. 2021, Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3).
Djamarah, S. B. 2017. Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha. Nasional.
Djohar, M.S. 2016, Guru, Pendidikan dan Pembinaannya Penerapannya dalam Pendidikan dan UU Guru”, Yogyakarta: CV Grafika Indah
Fathurrohman, Pupuh. & Suryana, Aa. 2017. Guru Profesional. Bandung: Refika Aditama.
Freire, Paulo. 2017. Politik Pendidikan : Kebudayaan, Kekuasaan dan Pembebasan, terj: Agung Prihantoro. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Finch, C.R., & Crunkilton, J.R. 2015. Curriculum Development in Vocational and Technical Education: Plan-ning, Content, and Implementation. Sidney: Allyn and Bacon.
Gibson, J. L., Ivancevich, J. M., & Donnely, J. H. (2017). Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses, alih bahasa Nunuk Adiarni, Edisi kedelapan, Jilid II. Jakarta: Binarupa Aksara.
Hadi, Sutrisno. 2018. Buku Seri Program Statistik Versi 2000 Manual Paket Midi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Hadiyanto. 2019. Mencari Sosok Desentralissi Manajemen Pendidikan Modern. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamzah, B. Uno. 2017. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Handoko, T. Hani. 2016. Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Hendarman & Rohanim. 2018. Kepala Sekolah sebagai Manajer Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Indonesia.
Illahi, N. 2020. Peranan guru profesional dalam peningkatan Prestasi siswa dan mutu pendidikan di era milenial. Jurnal Asy- Syukriyyah, 21(1).
Indrasari Meithiana, 2017. Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan. Sidoarjo: Indonedia Pustaka
Jauhari, Arif. 2015. Kinerja Guru Berprestasi, Depok: Badan Penerbit FKM UI.
Kasim, Aan. 2018. Pengaruh Kompetensi Terhadap Kepuasan Dan Motivasi Yang Berdampak Pada Kinerja Pegawai Koperasi Aneka Jaya Batur Ceper Klaten. Jurnal Manajemen. 1(2): 92-103.
Komarudin, Achmad. 2017. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi. Bandung: Pustaka Pelajar
Maghfiroh, laily. 2018. Pengaruh Tingkat Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Iklim Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru PAI di SMP Bahaudin Ngelom Sidoharjo. Tesis. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Moeheriono, 2017. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Muhaimin. 2018. Paradigma Pendidikan Agama Islam: Upaya Untuk Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Disekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. E. 2016. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Musfah, Jejen. 2016. Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Globalisasi. Jakarta: Erlangga.
Permendikbud No 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah
Permendikbud No.15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas.
Permendikbud No.13 Tahun 2017 tentang Standar Kepala Sekolah.
Pianda, Didi. 2018. Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja dan Kepemimpinan. Kepala Sekolah. Jawa Barat: CV Jejak Prenadamedia Group
Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahmasyah, M. F. 2021. Merdeka belajar: upaya peningkatan mutu Pembelajaran di sekolah/madrasah. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 4(2).
Ramayulis, 2018. Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Muliya.
Riduwan, 2013. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta.
Robbins, S.P. 2018. Organizational Behavior, Tenth Edition, Singapore: Prentice
Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Saepudin, Aeb. 2019. Hubungan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dengan Mutu Guru di Madrasah Aliyah Nurul Huda Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi. Tesis. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Sagala, Syaiful. 2017. Human Capital: Membangun Modal Sumber Daya Manusia Berkarakter Unggul Melalui Pendidikan Berkualitas. Depok: Kencana.
Santoso, Singgih. 2015. Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sardiman, A.M. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo
Sarifani, Kaisya Azzahra Kadar. 2017. Keterampilan manajerial kepala sekolah dan budaya mutu sebagai determinan kinerja guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2).
Siagian. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Soemantri, Suryana. 2021. Perilaku Organisasi, Bandung. Universitas Padjadjaran.
Sudjana, Nana. 2015. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Suparlan. 2016. Guru Sebagai Profesi, Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suprihatiningrum, Jamil. 2018. Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru. Yogyakarta : Ar Ruzz Media.
Susanto, Ahmad. 2017. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Prenamedia Group
Syaifuddin. 2016. Profesi Keguruan. Depok: Rajawali Pers.
Usman, Husaini. 2019. Administrasi, Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Utami, D. Y. 2018. Pemberian Reward Berdasarkan Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Metode Ahp Pada Pt. Anugerah Protecindo. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 3(2), 181–188. Retrieved from http://jitk.nusamandiri.ac.id/index.php/jitk/article/view/9
Wahyudi, Imam..2017. Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wahyusumidjo. 2017. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Wibowo. 2014. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.
Widodo, Suparno Eko. 2018. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wirawan. 2017. Budaya dan Iklim Organisasi. Teori Aplaikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.
Zainun, Buchari, 2019, Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia, Jakarta: Gunung Agung.
Published
2023-05-21
How to Cite
Siti Fatimah, Nurkolis, & Egar, N. (2023). PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH, IKLIM ORGANISASI SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KOMPETENSI GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SWASTA KABUPATEN KUDUS. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1305 - 1318. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.781