PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COGNITIVE GROWTH TUTOR SEBAYA DENGAN MEDIA FLASHCARD DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS II TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA
Abstract
Nindian Afsani, Merly. 2023. “Pengaruh Metode Pembelajaran Cognitive Growth Tutor Sebaya Dengan Media Flashcard Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Membaca.” Tesis Pembimbing: (1) Dr. Sumarno, M.Pd.; (2) Dr. Ngatmini, M.Pd
Model pembelajaran merupakan salah satu komponen penting yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran yang baik dapat membantu peserta didik dalam mencapai tujuan kompetensinya. Model pembelajaran yang digunakan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia masih kurang optimal. Model dan media yang digunakan . Berdasarkan data prapenelitian, menunjukkan bahwa guru belum menggunakan model pembelajaraan yang sesuai dengan karakteristik siswa. Guru hanya menggunakan bahan ajar buku tematik kelaas II yang besumber dari kemendikbud. Guru hanya memberikan pembelajaran yang konvensional sehingga siswa yang belum dapat membaca merasa jenuh dan bosan mengikuti pembelajaran. Sehingga peneliti perlu menerapkan model pembelajaran yang sesuai dibantu dengan media ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca siswa dengan metode Cognitive Growth tutor sebaya dengan media Flashcard ditinjau dari gaya belajar siswa. Serta menguji hubungan model pembelajaran cognitive growth tutor sebaya dengan media flashcard. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed method (kuantitatif dan kualitatif). Teknik pengumpulan dilaksanakan dengan tes, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data awal dan analisis data akhir, uji anava, uji korelasi dan uji regresi.
Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran cognitive growth tutor sebaya dengan media flashcard layak digunakan dengn hasil uji regresi Dari perhitungan diketahui bahwa besarnya nilai R Square adalah 0,049 atau 49%. Dapat disimpulkan bahwa besarnya presentase pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 49%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.
Simpulan bahwa model pembelajaran cognitive growth tutor sebaya dengan media flashcard efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca. Hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dapat dilihat pada nilai pretest yang telah dilakukan yaitu 53,91 dan rata-rata nilai posttest sebesar 77,83. Guru diharapkaan dapat mengembangkaan model pembelajaran agar pembelajaran menjadi menyenangkan kan siswa berantusias , serta pihak sekolah diharapkan dapat memfasilitasi.
Kata kunci: cognitive growth, flashcard, membaca.
Metrics
References
Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Prasaja.
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Basuki, I. A. (2011). Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta didik Kelas IV SD Berdasarkan Tes Internasional Dan Tes Lokal. Bahasa dan Seni, 39(2): 203-212
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Grafindo Persada
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Depdikbut. (2001). Petunjuk Praktis Berbahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Farida, Rahim. 2008. Pembelajaran membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara
Hafni (1981). Pemilihan dan Pengembangan Bahasa Pengajaran Membaca. Jakarta: P3G Depdikbut.
Henry G T. (2016). Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa.Bandung: PT Angkasa.
Huda, Miftakhul. 2014. Cooperative Learning. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Nasution. 2011. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Pamungkas,Sri.2012.Bahasa Indonesia dalam Berbagai Prespektif.Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.
Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Sundayana, Rostina. 2016. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata. 2013. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Winataputra, Udin S. 2005. Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka